Sinotif Indonesia Bimbel Cambridge

Homeschool, Bimbel dan Sekolah Internasional

Semenjak memutuskan Zafa untuk homeschool hal ini sudah menjadi tantangan tersendiri. Di awal usia PAUD 3 tahun, kurikulum, materi memang aku siapkan sendiri karena aku berpikir kalau kebutuhan "mendidik" anakku harus aku akomodasi secara mandiri bukan kuserahkan ke sekolah.

Selain, ya...you know-lah kalau mau masukin anak ke sekolah internasional atau Nasional plus itu cost lot of money alias mahal. Aku pikir dengan uang segitu, aku bisa fasilitasi anakku dengan fasilitas lebih baik.


Les privat sekolah Internasional


Faham sih, untuk pendidikan anak memang kita tidak boleh pelit.


Sebagai orang tua pastinya, banyak banget yang aku lakukan demi memenuhi "persyaratan" untuk melakukan pembelajaran secara mandiri. Hal yang paling utama adalah mendidik diri kami dahulu untuk menjadi contoh yang baik bagi anak kami.


Langkah berikutnya, kami mulai mencari mentor "Homeschool" yang memang sudah memiliki pengalaman sebagai praktisi homeschool. Dan pastinya aku persiapkan anakku untuk ikuti kurikulum sekolah internasional.


Dari mentor tersebut kami mulai faham, apa saja yang harus kami lakukan untuk anak kami. Kami mengajar sendiri atau butuh les private. Dan kami harus menentukan kurikulum Nasional atau Cambridge.


Setelah memutuskan memakai Cambridge, kami pun dihadapkan pada pilihan mau mengajar sendiri atau Les Cambridge?


Homeschool membutuhkan orang tua yang memiliki komitmen kuat, memberi contoh dan terus belajar.  Kami juga harus mulai tebal telinga terhadap tudingan orang-orang yang menuduh kami "pelit" karena tidak memasukkan anak kami ke sekolah regular atau formal.


Waktu pun berjalan, alhamdulillah tidak terasa lebih dari 3 tahun kami menjadi praktisi homeschool untuk anak kami. Sekarang dia sudah SD dan guidance kami adalah kurikulum Cambridge atau equal dengan sekolah internasional.


Les Privat Sekolah Internasional


Bagaimana kami mengajar anak kami dengan kurikulum Cambridge sedang kami sendiri dulu sekolah di sekolah negeri biasa? 


Saya sudah tahu kalau saya tidak akan bisa mengerjakan semuanya sendirian, jadi saya memang berencana mencari tempat les international school agar ada yang membantu. Tapi, di Bali meskipun banyak sekali sekolah internasional tidak banyak lho les Cambridge yang ada bahkan bisa kubilang aku belum menemukannya.


Akhirnya, kami mengajar sendiri. Untuk materi kelas 1 - 3 masih sangat mudah buat kami, ya? Aku ga bisa bilang kalau materi untuk kurikulum nasional lebih mudah namun, memang berbeda. Jadi, tema sebenarnya sama di setiap grade yang membedakan hanya tingkat kedalaman materinya. Semakin tinggi grade semakin dalam pembahasannya dan pertanyaan anak pun semakin aneh-aneh, hehehe.


Lantas? Ya kami harus tetap mencari tempat les, meski yang banyak adalah les private yang harus kami bayar per jam dengan materi kami yang siapkan. Untuk pengajuan sendiri, mereka semua rata-rata adalah freelancer yang mengajar usai bekerja di sekolah-sekolah internasional.


Belajar Tentang Life Cycle dari Cambridge CurriculumBuku-buku kami membelinya. Dan untuk membeli buku ini semenjak pandemi sangat susah di offline store! Kalau pun ada harganya WOW banget! Hehehehe


Perjuangan banget ya untuk pendidikan anak, mau mencari tempat Les International School saja susah banget. 

Tapi, apakah emak lantas menyerah begitu saja? Tentu tidak! Karena pandemi ini sudah membuka banyak peluang dan ruang untuk para orang tua yang mungkin saja berjuang mencari tempat les privat sekolah internasional seperti aku.


Sinotif: Les Privat Sekolah Internasional


Dengan sangat selektif mencari, kami pun dikenalkan dengan Sinotif tempat bimbel yang berisi dengan orang-orang yang memang mencintai dunia pendidikan. Yang memang passionnya ada di dunia pendidikan.



Merasa memiliki kesamaan dengan sinotif yang memiliki misi untuk terus mendapatkan metode belajar terbaik untuk anak-anak sehingga semangat serta keinginan belajar mereka yang selama ini sebatas tunaikan kewajiban karena "harus" belajar menjadi "ingin" belajar.



Bukan hanya kesamaan misi, akan tetapi adanya
les Cambridge Singapore yang menjadi kurikulum panduan kami yang pasti kami cari karena memang masih jarang banget ada di Indonesia apalagi di Bali.


Ada dua paket yang ditawarkan yaitu:


  • Paket Diamond dan 

  • Paket Platinum. 


Buat kami, dua paket ini bisa dikombinasikan. 


Paket Diamond merupakan kelas private dan Platinum yang merupakan semi private, yang bikin legah lagi satu group maksimal hanya 5 anak jadi proses pembelajaran masih sangat intensif.


Sebagai orang tua yang faham kebutuhan anak, kami tahu apa yang dibutuhkan anak. Apakah dia membutuhkan kelas private atau semi private. Meskipun, kami tahu kalau kedua pilihan tersebut okay-okay saja buat Zafa yang cukup dapat beradaptasi di segala suasana, akan tetapi ini kan menyangkut kebutuhan belajarnya. 


Sistem bimbingan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa saat itu menjadi salah satu point juga.


Ada 7 alasan yang menjadikan Sinotif pilihan sebagai bimbingan belajar

  • Spesialis dalam Math and Science

  • Pendekatan personal

  • Modul belajar yang lengkap dan sistematis

  • Memberikan laporan tentang perkembangan belajar siswa secara berkala

  • Bisa tanya-tanya 24jam!

  • Program belajar sesuai kebutuhan

  • Ada jaminan uang kembali


Paket Platinum di Sinotif

Kenapa 7 unggulan di atas kami cari dalam mencari
les Cambridge? Karena dalam homeschool anak itu belajar dengan jam belajar yang flexible. Lha, kadang waktunya istirahat kalau anak masih ingin belajar kami ga bisa larang. 


Anak-anak itu kalau sudah bertemu dengan hal yang disukainya akan terus mencari tahu dan tidak berhenti belajar. Apalagi kalau gurunya memberikan metode belajar yang memakai pendekatan personal, dijamin langsung ngena.


Yang mesti kita ingat nature-nya anak-anak itu belajar jangan sampai bertemu dengan guru, sistem belajar yang membuat mereka jadi kapok dan malas belajar.

18 comments:

  1. Makin pintarr ya Zafa :) . Klo ditempatku sekolah tatap muka sudah dibuka, sebelum masuk SD selama setahun anak2 dirumah, ya kebanyakan maennya doang, yg besar ga terlalu nurut klo disuruh belajar alhasil ribut melulu kita haha ..

    ReplyDelete
  2. Sinotif emang recommended ya, bisa memberikan pengalaman yang luar biasa untuk anak2....pas banget diikuti di masa pandemi ini dimana anak2 butuh tambahan pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. Selamat belajar Zafa...semoga sukses ya.
    Btw, aku senang dengan konsep bimbel Sinotif ini. Wah,kalau pakai metode Cambridge dan sistem bimbingan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa pas benar ya untuk mendukung pendidikan anak kita

    ReplyDelete
  4. mantep juga les private nya, baru dengar sih bimbel Sinotif ini. tapi kayaknya ditempat saya belum ada

    ReplyDelete
  5. Cambridge selalu jadi salah satu acuan penting di dunia pendidikan. Kurikulumnya lah, dan sekarang bimbelnya. Keren Sinotif Indonesia.

    ReplyDelete
  6. saya setuju dengan Sinotif yang hanya fokus pada pelajaran eksakta

    karena pelajaran eksakta membutuhkan banyak soal dan guru2 kompeten yang mampu membimbing peserta didiknya

    ReplyDelete
  7. Wah, terimakasih infonya mb. Aku baru tahu tentang sinotif ini. Bisa lah buat referensi untuk anakku nanti..
    Btw, selamat belajar Zafa, sukses ya!

    ReplyDelete
  8. Sinotif emang top ya... Recommended banget. Cocok buat para orangtua yang sama-sama sibuk kerja. Selamat belajar ya Zara... Semoga segera punya adik lagi

    ReplyDelete
  9. Bagus nih, yang dipelajari yang sesuai minat dan kesukaan anak jadi anak juga hepi ya belajarnya. Kalau hepi biasanya cepet paham dan bisa.

    ReplyDelete
  10. Sinotif menjadi bimbingan belajar yang bisa jadi pilihan karena diajar secara profesional dan materi yang tepat salah satu nya materi eksata

    ReplyDelete
  11. Dunia pendidikan di Indonesia semakin hari terus berkembang ya.Beda dengan zaman anak saya. Keren nih Sinotif dimana orangtua bisa tanya-tanya 24 jam.Pelayanan yang sangat memuaskan ya bu

    ReplyDelete
  12. Sinotif Indonesia bisa menjadi salah satu solusi buat anak2 nih dalam memahami materi pelajaran dengan cara menyenangkan. Tentu saja para gurunya sangat berkualitas dan profesional ya mbak :) Spesialis pelajaran eksakta nih mantap, patut dicoba :D

    ReplyDelete
  13. Sinotif sepertinya sudah banyak di kenal orang ya. bener sekali, utk pendidikan anak kita ga boleh pelit2. usahakan mereka dapat pendidikan terbaik. Sinotif menjamin mereka bisa memahami semua ilmu yg harus didapat oleh anak.

    ReplyDelete
  14. Bimbingan belajar Sinotif bermanfaat sebagai stimulus belajar dan berprestasi, membantu anak dan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, salut sama tulisan ini. Sangat mencerahkan. Semoga memberikan banyak manfaat.

      Delete
  15. Bimbingan belajar Sinotif sangat dibutuhkan. Salut sama ibunya yang selalu bisa update pengetahuan terkait pendidikan anak.

    ReplyDelete
  16. wah seru bangettt, jadi pengen daftarin ponakan aku juga nih :D

    ReplyDelete
  17. Bimbingan belajar ini sungguh sangat bagus dan tidak mengungkung kreatifas anak-anak;

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo