Game Dengan Dampak Positive


Game Dengan Dampak Positive? Hm....kubu emak-emak langsung mengkerut dan berkata dalam hati, "Jangan kau bujuk-bujuk anakku buat main game!" hahahaha.

Main game aslinya ga selalu membawah pengaruh negative, lho! Bagaimana agar main game ga selalu negative? Berikut 5 panduan main game yang berdampak positive

  • Memilih game yang mengajak "pemainnya" berpikir kritis; strategi, fokus, kreatif dan taktis
  • Tentukan waktu bermain yang tidak boleh lebih dari 90menit. Kalau bisa 60 menit saja, jadi jika anak merajuk 30 menit adalah bonus. Dan lakukan ini dengan strict! 
  • Lakukan pengawasan terhadap setiap game yang dimainkan anak dan cari tahu tentang game tersebut.
  • Lihat keseriusannya. Misal anak suka game balapan, dan dia selalu ngobrolin balapan, mungkin anak tertarik dunia otomotive dan bisa dong diarahkan kesana minatnya.
  • Lakukan evaluasi terhadap game yang dimainkan terus menerus dan tidak serta merta melarangnya, ajak diskusi tentang apa yang dimainkan.

Nah, dari 5 panduang tersebut insyaallah akan lebih termanage apa yang dilakukan anak dengan game-nya! Mungkin ada sahabat yang bisa nambahin, ya!

Oh, iya hal ini aku lakukan untuk Zafa saat dia pegang gadget di saat waktu senggang, karena aku sekarang prefer beliin dia buku, mainan edukatif sebab dia tidak begitu tertarik game. Kalau aku lihat, satu-satunya game yang menarik perhatian Zafa itu "game simulasi mobil" dan dia selalu hobby ngomongin otomotive, mesin dan kawan-kawannya. Jadi, aku bisa menangkap minat dia dan ternyata cita-cita dia ingin menjadi pengusaha otomotive yang memiliki dealer mobil, hehehe.

Kalau emaknya main game gimana? Ya, aturannya sama. Cuma kalau emaknya main lebih banyak "FOR FUN" saja. Dan aku lagi enjoy main game di web melalui laptop atau PC jadi tanpa Applikasi sebab aku bisa ganti dan pilih-pilih. Game itu adalah SOLITAIRE ini adalah mind game, yang ajak kita focus dan bikin strategi.



5 alasan aku suka SOLITAIRE yang ada di web adalah:

  • I don't have to download in any app so its not bother me a lot, hehehe
  • Bisa pilih-pilih dari beberapa game yang ada tanpa pindah channel atau web
  • Permainan kartunya lengkap, yang dulu aku dapat dari PC sekarang bisa aku dapat dari web dan aku bebas me-reply tanpa bosan. Dan karena online saat reply kocokan beda terus dong!
  • Karena web otomatis aku mainin pakai laptop atau PC dan ini ga bikin mata sakit, sebab gambar besar-besar
  • Ada game favorite aku yang dulu aku dapatin dari beli di CD gitu, game yang bikin aku betah dan mikir gimana ya, gimana ya tapi ga bikin stress yaitu MAHJONG
Di web Solitaire ini game favorit aku memang MAHJONG, entah kenapa ya? Aku merasa asyik saja. Karena game satu ini hanya mencari pasangan-pasangannya. Terlihat gampang, ya? tetep kok butuh strategi. Aku pikir aku tuh sudah mastering karena saking seringnya main ini, eh tapi di sini kejelianku diuji. Beberapa kali aku ga berhasil menang, hehehe.

Solitaire sendiri selama ini kita kenal dengan permainan kartunya, ya? Nah, di web Solitaire.org ini kamu akan ketemu dengan Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, Golf dan Mahjong. Dengan banyak pilihan begini begitu bosan satu ya ganti satunya. Kalau suka yang challenging pilih Spider, aku bisa sih tapi harus nyoba berkali-kali, hehehe.

By the way, emak-emak sibuk kaya aku masih sempet saja main game, ya? Alhamdulillah, selalu ada saja waktu nyempil untuk melakukan hal-hal di luar kesibukan. Bukan berarti aku kurang kesibukan. Aku orangnya type-type yang serius akan tetapi tetap santai. Meski aslinya aku seorang pemikir, lho! The main point is you know about priority!

Lagian kalau Solitaire.org sih enaknya aku ga mesti install app jadi dia ga makan memory hp atau laptop plus ga akan menjadi ketagihan, benar-benar hanya hiburan yang menjadi langganan. Biasanya aku jadiin bonus juga misal aku bisa selesaikan pekerjaan lebih awal.

Main game ga selamanya negative kalau kita bisa siasatin. 

No comments:

Post a Comment

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo