7 Tips agar anak tidak kecanduan dengan gadget

7 Tips agar anak tidak kecanduan dengan gadget

7 Tips agar anak tidak kecanduan dengan gadget
-
 atau tidak, tantangan terbesar orang tua masa kini dengan anak-anak generasi Z dan Alpha adalah GADGET. So what? Haruskah anak-anak tidak kita kenalkan gadget? Tentu tidak bisa demikian. Ini sudah menjadi era mereka yang tidak bisa lepas dari gadget. 

Anak-anak generasi Z dan Alpha ini sangat akrab dengan gadget, jadi jangan heran mereka sangat cepat belajar teknologi. 

Jadi, sebenarnya dengan mengenalkan anak-anak ke gadget itu tidak ada yang salah cuma sebagai orang tua aku memberikan batasan di mana, di saat anak sudah mulai sampai nangis, ngambek dan ngamuk meminta gadget intinya ini sudah RED Flag dan harus dilakukan PUASA terhadap gadget.

Apakah Zafa pernah sampai demikian, untungnya sih belum. Karena kami selalu katakan padanya kalau dia boleh pegang gadget untuk-untuk hal tertentu seperti belajar dan itu harus dengan pengawasan kami.

Pasti, ada kalanya dia pakai untuk nonton seperti kartun, film atau video review mainan seperti anak-anak yang lain.

Bagaimana dengan GAME? Suami suka dengan game. Dia faham tentang game-game yang sedang develop saat ini. Dia berikan pengertian ke dia kalau semua game yang sedang develop saat ini untuk usia 15tahun ke atas jadi tidak ada yang suitable buat anak-anak seusianya.

Tapi, tantangan besarnya adalah hampir semua teman-temannya bermain game tersebut. Dia jadi ingin. Melarang dia bermain dengan mereka? Jelas tidak bisa, apalagi jika bicara tentang teman-teman satu group homeschool-nya. Meski group kecil hanya 7 anak.

Anak-anak yang merasa ingin diterima temannya jelas merasa ga keren kalau ga ga nyambung diajak ngobrolin hal yang sama, dalam hal ini game. 

Kecanduan gadget
Agar Zafa tetap percaya diri dengan dirinya meski dia tidak nyambung ngobrolin masalah game dengan teman-temannya, ini 7 tips agar tidak kecanduan gadget yang kami lakukan:

  • Kami berikan pengetahuan ke dia tentang game-game tersebut termasuk plus dan minusnya. Juga tentang tontonan lain
  • Kami beri tahu dia untuk menjadi cool on his own way bukan "follows" apa yang dilakukan teman-temannya.
  • Kami berikan reward dan pujian untuk setiap pencapaian
  • Kami berikan banyak kegiatan, bahan bacaan
  • Kami tetap berikan waktu buat gadget tapi dibawah pengawasan kami. Ga terlalu strict cuma ga bisa seenaknya
  • Kami berikan waktu buat nonton film-film yang bagus dan ada moral value-nya
  • Mencoba terus ikutin apa yang menjadi preference dia


7 hal yang membuat anak tetap kenal gadget tapi tidak kecanduan tersebut kami jadikan panduan.

Usia saat ini memang masih lebih kami tekankan untuk life skill ketimbang belajar teknologi kaya coding dan kawan-kawan karena kami yakin mereka ini akan sangat mudah beradaptasi dengan teknologi sebab mereka memang lahir di jaman teknologi yang sudah maju.

Buat seoarang ibu yang memikirkan bagaimana mendidik anak, hal paling mengkhawatirkan dari kecanduan gadget bukan hanya perihal radiasi atau akibat lainnya yang menyerang fisik akan tetapi juga pada “kelumpuhan anak terhadap keinginan belajar tentang sesuatu” atau seperti kehilangan gairah untuk belajar.

Karena dari yang aku amati, anak-anak yang sudah memiliki jam terbang tinggi bermain gadget entah itu game, sekedar menonton video mereka menjadi malas belajar atau enggan untuk belajar. Menganggap belajar itu sebagai beban.

Bagaimana kalau sudah terlanjur kecanduan?

cara mendidik anak

Ada 6 Tips Buat Atasi Kecanduan Gadget tersebut. Tentunya aku bukan seorang ahli, namun aku berbagi berdasarkan pengalaman saja. Semoga para orang tua yang membaca ini dapat terbantukan.

  • Ajak anak lebih banyak melakukan kegiatan fisik, buat energy mereka habis dengan kegiatan tersebut. Seperti berolahraga, bermain di taman bermain dan sebagainya.
  • Lakukan pengurangan perlahan agar tidak ada kemarahan atau pemberontakan pengurangan terhadap penggunaan gadget. Contohnya: katakan pada anak, kamu boleh tetap main gadget tapi kamu harus baca buku yang baru Mama beliin buat kamu. Mama minta kamu berikan rangkuman. Kalau anak menolak dengan buku, mungkin bisa dicarikan worksheet atau mintakan ke gurunya.
  • Perbanyak terus buku-buku atau bahan bacaan menarik sesuai minatnya, ajak anak pergi ke tem[at-tempat menarik dan ceritakan tentang tempat yang dikunjungi
  • Jangan terlalu bertoleransi dengan segala alasan yang dia buat di saat dia inginkan gadget
  • Tegas dan disiplin, sekali tidak ya tidak. 
  • Perbanyak ngobrol dengan anak, komunikasi dua arah layaknya teman atau sahabat

Dengan 6 tips buat atasi kecanduan gadget tersebut, memang bukan serta merta semua beres akan tetapi akan butuh proses. Paling tidak 30 hari proses akan membuahkan hasil.


No comments:

Post a Comment

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo