Homeschool Buat Pemula

Homeschool untuk saat ini bukanlah hal yang asing lagi, ya? Sudah sangat umum. Kalau dulu orang masih ragu dengan homeschool karena mereka berpikir tentangg ijazah dan juga legalisasi. Untuk sekarang ini bahkan ada undang-undang yang menyatakan bahwa murid homeschool mempunyai hak yang sama layaknya murid sekolah formal. Undang-undang itu adalah UU Pendidikan Nasional (Pasal 27) tahun 2003 dan Permendikbud no. 129 / 2014.


Mengambil keputusan buat homeschool pastinya bukan tindakan gegabah atau karena alasan saat ini sedang pandemi sehingga anak-anak tidak bisa pergi ke sekolah. Bagiku dan suami sih, hal ini sudah kami putuskan semenjak Zafa memasuki usia PAUD yaitu usia 3 tahun.

Bagaimana dengan kurikulum? Saat itu aku susun sendiri. Fokus kurikulum untuk PAUD Zafa ada pada:

1. Pendidikan Karakter

2. Nilai-nilai sosial, termasuk pendidikan moral dan kesopan santunan

3. Agama

4. Kemandirian

Kurikulum itu aku terapkan juga pada saat dia masuk usia Taman Kanak-kanak, hanya saja saat masuk usia Taman Kanak-kanak ditambahkan belajar membaca dan menulis.

Baca Juga: Isi Liburan Dengan Kegiatan Positive

Untuk belajar membaca dan menulis ini aku mengikuti interest dia dan juga kemampuan dia, tidak memaksakan dia harus bisa membaca apalagi berhitung. Tapi, Zafa memang memiliki interest yang cukup lumayan dalam membaca sehingga usia 5 tahun sudah lancar membaca, baik itu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bagaimana Cara Belajar Cepat Membaca buat Zafa?

1. Sering diajak ngobrol tentang suatu tulisan, tidak harus buku akan tetapi di media apa saja. Kadang di TV, di brosur, tulisan di jalan dan lain sebagainya

2. Belajar phonetic dengan lagu dan pilih salah satu bahasa dulu, tidak langsung dua bahasa. Zafa saat itu bahasa Inggris dulu.

3. Dibacakan cerita sambil ditunjukkan tulisannya

4. Saat itu belum pandemi, sering aku ajak ke toko buku dan aku tumbuhkan rasa cinta buku layaknya pada mainan. Sehingga ga jarang dia minta jajan buku.

5. Memberinya contoh dengan suka membaca

Bagaimana dengan belajar berhitungnya? Karena aku ini pedagang kan sering berhitung jadi ya otomatis anakku suka ikutan berhitung, cuma akhirnya aku terus pupuk dan ikuti perkembangannya.


Saat ini Zafa sudah 6 tahun 8bulan dan pelajaran yang dia dapat setara dengan kelas 2SD, berhitung mulai multiplycation alias perkalian. Sedang knowledge yang aku berikan mulai dari Science (Biology) dan Social Study. Gak aku paksa buat masuk semua yang penting dia faham dan ada knowledge yang masuk di otaknya. 

Kemampuan Social Anak Homeschool Kurang?

Ini tidak benar, ya? Semua tergantung sama karakter anak. Kalau pemalu ya, meski sekolah di sekolah formal aku pikir susah juga bergaul. Dan ini yang sempat aku takutkan anakku jadi pemalu.

Tapi, anak-anak itu emang nature-nya perlu terus didorong ya untuk keberanian tidak melulu dalam hal akademik akan tetapi untuk bergaul. Cara mendidikku agar Zafa mudah bergaul kurang lebih seperti ini:

1. Aku ajak Zafa ke acara-acara yang melibatkan banyak orang dan aku dorong dia untuk bersalaman, berkenalan juga mengobrol

2. Aku ikutkan Zafa program-program after school atau program di luar sekolah yang melibatkan banyak anak.

3. Aku lepas dia buat bergaul dengan anak-anak komplek perumahan

4. Membacakan buku tentang bagaimana memulai pertemanan dan pertemanan.

Tapi, sekarang Zafa ikut group homeschool dengan anak-anak semua usianya di atas dia karena kebetulan aku yang ngajar.

Jadi, keputusan homeschool ini harus juga dibarengi dengan komitmen antara ayah dan ibunya. Jangan sampai kita putus di tengah jalan. Untuk panduan lengkap homeschool bisa banget baca-baca di Rumah Inspirasi, ya!

Kalau aku sih, jujur emang punya mentor untuk homeschool Zafa.

Baca juga: Anak Belajar Entrepreneur

Apakah anak homeschool orang tua harus pintar ngajar? Nggak juga! Kan bisa memanggil guru, akan tetapi ada banyak hal yang tetap harus dilakukan orang tua yang mana guru tidak bisa lakukan, seperti kedisiplinan, attitude, kejujuran dan lain sebagainya.

Materi pun banyak bertebaran di Youtube ya. Di sana banyak banget channel yang di kelola praktisioner atau guru Homeschool, lembaga pendidikan.

Homeschool mahal? Bisa iya dan bisa tidak. Tergantung maunya seperti apa, ya?.

Semoga sharing ini bisa ngebantu teman-teman yang bimbang dengan PJJ dan ingin Homeschool. 

 

1 comment:

  1. ponakan saya jg home schooling dari 4 tahun sekarang udah umur 7

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo