Belajar Matematika Sambil Main Game

Belakangan ini aku merasa sangat cepat capek, eh tapi ini bukan berarti aku mengeluh lho ya? Nope! Aku beneran capek karena punya bayi yang mulai aktif, Zafa mulai sekolah walau aslinya sekolahnya hanya dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang. Trus, di jam Zafa sekolah akupun ke sekolah karena harus mengajar. 


Tidak berhenti di situ, aku pun harus mengurus rumah dan segala kegiatan rumah tangga lainnya. Lha, suami kemana? Ada...dia bantu kok, tapi tetap dong aku yang pegang peranan terbanyak. Kalau ada yang bilang emak-emak emang kuat, hahahaha. Aslinya, ya sama saja, kami ngerasa capek. Badan rasanya remuk redam juga! Bahkan semalam vertigoku sempat kambuh, syukurnya suami udah punya tekhnik memijat buat redahkan vertigonya. Setelah muntah-muntah aku tidur, alhamdulillah esoknya udah hilang tapi tetap tersisah badan yang lemas.

Eh, tapi aku bersyukur banget sih dengan segala kesibukanku tersebut. Yang masih ditambah ngurusin bisnisku yang alhamdulillah mulai jalan juga. Pokoknya bersyukur banget.

Di tengah-tengah rasa lelah begitu, biasanya aku kalau santai sambil rebahan tuh main game! Aku suka ngejajal semua jenis game kecuali game multiplayer yang online itu, susah! Sudah, cukup suamiku aja yang main itu, hahaha.

Dan, aku tuh nemu satu Website ini nurut aku sih beneran jadi sarana belajar sekaligus bermain namanya plays.org, di sana banyak pilihan serta kategori dan juga ga perlu download plus install aplikasinya.

Eh tapi meskipun kita ga perlu download dan semisal kita suka sama game itu kita bisa taruh di Home Screen, jadi sewaktu-waktu ingin main ga ribet harus masuk web-nya.

Ada satu game yang iseng aku jajal dan itu bikin aku kerasan sebab aku kek belajar dan mengulang pelajaran Matematika kelas 4 atau 5 SD dan kebetulan aku kan ngajar kelas 3-4, dan kayanya soalnya bisa dong aku ambil buat soal ujian nanti, hehehe.  

Ga kebayang kalau ujiannya dengan aplikasi game ini, pasti bakal jadi sekolah pertama yang ujiannya pake aplikasi game. Dan murid-muridku akan berhenti ngatain aku "child abuse" setiap kali tak kasih worksheet Matematika, haha. 

Soalnya ga sulit-sulit banget aslinya tapi aku kalau ketemu Logic Math ya tetep aja keok, hahahaha. Nama game ini "Guardians, Defenders of Mathematica". Kenapa aku suka ini? Karena dari semua game Matematika di website ini, ini yang paling complete  dari mulai addiction, substraction, multiplication, division dan banyak lagi!

Banyaknya varian game yang ada di Plays.org awalnya bikin aku bingung. Pertama, bingung ini yang bagus yang mana, ya? Dan yang kedua aku merasa bingung karena kupikir ini harus kucoba semua. 

Tapi, aku pikir aku harus nyobain Math karena Math alias Matematika ini dulu jaman aku masih sekolah kan momok banget, tapi begitu aku menjadi guru alias educator ini sih menarik banget. Bahkan aku sering buka Youtube tentang matematika demi menapatkan cara penyampaian yang mudah difahami oleh anak-anak dan anak-anak adi suka sama Matematika. 

Nah, game ini bisa buat latihan anak-anak untuk pelajaran Matematikanya. Jadi, mereka ngerjain soal itu berasa main game saja. Karena setiap jawaban benar yang mereka dapat kan bisa nambah kekuatan si karakter yang dia bangun. 

Kalau punya anak di kelas 3, 4 atau 5 dan hobby main game coba deh sodorin ini. Apalagi game Math-nya ga cuma satu macam itu, ada banyak macamnya jadi bisa disesuaikan dengan kesukaan mereka. Yang suka karakter Alien bisa juga belajar mengerjakam soal sama Alien, yang suka Zombie pun ada game Math and Zombie. Masa iya, sih di spoiler begini ga ingin ngintip dan nyobain main? Hehehehe.   

Kalau yang bosan dengan matematika bisa coba juga Science. Pokoknya begitu masuk web langsung saja ublek-ublek mana yang cocok. Terus, kalau ada yang takut web ini berat, dijamin enteng! Begitu buka langsung loading blub blub blub….kayanya sing lebih berat blog ini, hahahaha. 

Kalau main game Matematika jangan lupa siapin kertas dan pensil buat berhitung soalnya, ya! Ingat, jangan kalkulator, lho! Have fun!

 

No comments:

Post a Comment

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo