Green Jobs Pendorong Ekonomi di Indonesia

Green Jobs menjadi pendorong ekonomu di masa depan

Transisi ekonomi dekarbonisasi sangatlah penting untuk menghentikan perubahan iklim, hal ini juga diharapkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dengan potensi menciptakan jutaan green jobs yang memang bertujuan melindungi lingkungan atau yang berupaya meminimalkan dampak buruk terhadap planet bumi ini. Berbicara tentang green jobs memang jadi terasa berat kalau begini, karena tidak semua orang bisa melakukannya meskipun mereka faham. Karena apapun yang berhubungan dengan hal ini cost-nya sangat tinggi. 

Sebenarnya definisi Green Job itu apa sih? Nah, menurut ILO (organisasi perburuan international alias International Labour Organization) green job merupakan pekerjaan yang bertujuan untuk melindungi serta mempromosikan lingkungan. Dan jenis pekerjaan ini selalu mempertimbangkan dampak terhadap kesehatan planet. Minimal mereka selalu meminimalisirnya.

Lantas jenis pekerjaan itu seperti apa? Ya, paling tidak jenis pekerjaan “Green Jobs” itu harus memenuhi beberapa hal di bawah ini:

Meningkatkan efisiensi konsumsi energi dan bahan baku

Membatasi emisi gas rumah kaca.

Meminimalkan limbah dan kontaminasi.

Melindungi dan memulihkan ekosistem.

Berkontribusi pada adaptasi terhadap perubahan iklim.


Sudahkah apa yang kita kerjakan mencakup 5 hal tersebut di atas? Kalau belum, sebagai pemuda penerus bangsa sudah seharusnya dong kita mulai memikirkan hal ini.

Bagaimana Green Jobs menjadi pendorong ekonomi di Indonesia?

Pertama: Energi bersih sudah terbukti menjadi mesin penciptaan lapangan kerja yang lebih besar daripada sektor bahan bakar fosil yang disubsidi besar-besaran, terutama untuk negara berkembang seperti Indonesia yang kaya akan sumber daya alam dan manusia, hal ini harus segera dimulai dan mendapat support dari pemerintah.

Kedua: Banyak perusahaan besar yang kini mulai menerapkan pola kerja “peduli lingkungan” atau megarah ke Green Jobs, hal ini menjadi bukti kalau ke depannya semua perusahaan akan melakukan hal yang sama karena kesadaran mereka akan pentingnya menjaga alam demi melindungi dan memulihkan ekosistem. Perusahaan yang tidak peduli lingkungan bisa jadi akan ditinggalkan. Karena hal ini menjadi bagian dari brand itu sendiri.

Ketiga: Dengan banyaknya investasi di infrastruktur energy otomatis meningkatkan peluang kerja dan dengan adanya udara serta air yang bersih, bukan tidak mungkin akan membuat negara kita lebih sedikit memakai energy fosil dan meng-exportnya. Tuh, kan dengan demikian kita lebih optimis sebagai negara pengexport energy fosil yang bukan bahan mentah saja yang dipercaya bakal jadi pendorong ekonomi berkelanjutan di masa depan.

Terus, jenis karir apa saa yang masuk dalam lingkup kerja green jobs? Berikut beberapa karir yang masuk lingkup kerja green jobs yang aku ambil dari website www.coaction.id:

1. Ecopreneur

2. Eco Design Architect

3. Eco Fashionpreneur

4. Electric Car Technician

5. Energy Start up

6. Organic Foodpreneur

7. Solar Panel Technician

8. Urban Farmer

9. Waste Management Start up

Beberapa contoh karir pilihan dalam Green Jobs yang bisa kita pilih.

Beberapa profesi atau karir di atas emang masih terdengar asing di telinga kita akan tetapi beberapa juga sudah familiar, kan? Di negara-negara maju profesi tersebut sudah memiliki banyak peminat sedang di negara berkembang seperti Indonesia makin kesini juga makin banyak peminatnya seiring dengan kesadaran akan pentingnya menjaga serta melestarikan lingkungan terutama para pemudanya.

Tapi, bagaimana pun juga buat kita yang sudah menggeluti profesi kita saat ini, apapun itu ternyata menerapkan pola kerja “Green Jobs” juga bisa, contohnya dengan melakukan beberapa hal sebagaimana berikut ini:

1. Memakai kertas bolak-balik atau daur ulang

2. Segera mematikan kembali listrik atau elektronik saat tidak dipakai

3. Tidak memakai plastic sekali pakai

4. Mengoptimalkan segalanya dengan system elektronik, contoh: invoice elektronik, penawaran, proposal elektronik

5. Memakai air secukupnya

6. Dan lain sebagainya

Nah, setelah membuat ulasan ini aku pun mencoba me-review profesi yang aku geluti sekarang, apakah prilaku kami sudah masuk kategori “green job” atau bukan? Yang pasti sih, kami sudah mengarah kesana karena kami menerapkan beberapa hal, seperti:

Pertama: Kami menerapkan system kerja remote dari awal perusahaan kami bangun di tahun 2016 dengan demikian kami melakukan penghematan energy listrik sebagai operasional dan juga bahanbakar kendaraan karena kami tidak mobile.

Kedua: Saat harus melakukan meeting team kami sering melakukannya di luar ruangan atau outdoor, sehingga kami menghemat listrik untuk penerangan dan AC sebagai pendingin ruangan

Ketiga: Kami memakai e-catalog, e-invoices dalam menjalankan bisnis dengan demikian tidak banyak kertas yang kami pakai artinya, kami turut menyelamatkan pohon-pohon dari penebangan sebagai bahan dasar kertas.

Keempat: Untuk packing marketing kits, mengemas sample kami memakai tas dari kain kanvas sisa dari produksi furniture yang kualitasnya baik, environmental friendly dan juga bisa dipakai untuk purpose yang lain karena kami design stylist. Bahkan aku pribadi pakai lho saat jalan-jalan ke luar negeri, hehehe.

Kelima: Material furniture kami adalah kayu-kayu legal, yang dilakukan penanaman kembali setelah penebangan untuk kayu, untuk bahan lain kami make sure kalau kami membeli bahan dengan label dan bersertifikat “environmental friendly” atau “eco friendly”.

Tas Canvas untuk marketing kits yang aku pakai jalan-jalan ke Maldives

Tentu saja masih banyak PR yang harus kami lakukan menuju “green jobs” ya? Akan tetapi, at least kami sudah mengambil langkah sehingga tinggal meneruskan, konsisten dan terus menambah porsinya.

Yakin banget deh, kalau kedepannya semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya memelihara dan melestarikan planet ini sehingga semua yang berhubungan dengan Green Jobs tidak lagi Hal elit dan Mewah seperti sekarang ini, karena pemerintah juga pasti akan mendukung setiap gerakan baik yang kita lakukan untuk menyelamatkan planet ini.

Jika aku saja sudah mulai dalam lingkungan kerjaku, aku yakin kalian semua akan sangat mudah menerapkannya dalam lingkungan kerja kalian! Karena aku yakinm Green Jobs ini bakalan menjadi pendorong ekonomi di masa depan. Go Green Jobs!

1 comment:

  1. keren banget kalo bisa jadi Solar Panel Technician ya :D

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo