POSITIVE MINDSET

Positive mindset adalah merupakan emosional attitude yang fokus pada hal-hal baik dan berharap dengan hasil yang baik pula. 

Apakah positive mindset selalu baik? Tentu saja, segala sesuatu tidak ada yang pure 100% baik, pasti ada negativenya jika positive mindset ini sampai mengalahkan logika atau akal sehat kita sampai kita mengabaikan kata hati.

Kata hati ibaratnya di sini adalah insting. Kalau aku biasanya, saat bertemu dengan orang-orang baru atau berdiskusi tentang sebuah project, biasanya membiarkan instingku berjalan. Insting ini yang dipakai sebagai rem atau warning untuk berhat-hati atau menyiapkan langkah preventive.

Pentingnya Positive Mindset

Nah, sekarang kita bicara pentingnya positive mindset di dalam kehidupan kita. Penting banget atau penting sekali? Ya, penting sekali! Ibaratnya obat pencegah depresi dan stress apalagi di masa pandemi sekarang. 

Kapan waktu, aku sempat agak down. Dengan awal kehamilanku yang teramat payah aku tidak bisa berbuat banyak, padahal seharusnya usahaku lebih keras dalam menyelesaikan pekerjaanku sebab kondisi sekarang mana bisa santai, ibaratnya. Namun, syukur alhamdulillah aku cepat tersadar bahwasannya bahwa aku seharusnya mensyukuri kondisiku sekarang, yang artinya harus istirahat. Dan bagaimanapun segala sesuatu yang terjadi pada kita semua ini terjadi atas ijin-NYA. Kondisi begini tidak akan berlangsung lama. Dan aku yakin ada hal indah yang sedang menanti setelah ini.

Alhamdulillah aku bangkit kembali, aku menikmati setiap kondisi yang kualami. Mual, muntah, lemes, kadang tidak bisa makan sama sekali dan apa-apa harus dilayani di atas tempat tidur, hahahaha.

Dari kondisi ini aku jadi tahu, kalau suamiku beneran suami yang sangat baik. Benar kata Bundaku, apa jadinya kalau suamimu bukan dia, hahaha. Makanya, kalau ada kawan-kawan yang bercanda dan mengatakan "mumpung hamil, manfaatkan saja manja sama suami" Duh, manalah tegah diriku, ga hamil saja sebenarnya aku sudah manja kok. Dan apalagi hamil, tanpa manja pun suamiku sudah tanggap. Jadi, sebenarnya aku bisa melalui masa berat ini dengan alhamdulillah terasa ringan karena support dari suami tersayang.

Positive Mindset tidak selalu berkaitan dengan tingginya ketaatan kita sama Tuhan akan tetapi memiliki positive mindset artinya kita yakin akan kehendak-NYA. Kita yakin bahwasannya segala sesuatu yang datang dari-NYA adalah yang terbaik kalau ga baik itu pasti karena kita sendiri. Dengan memilikinya, kita akan selalu melihat sisi positive dari setiap kejadian lalu move on dan berpikir bagaimana deal dengan hal tersebut bukan lari dan bersembunyi apalagi bentuk "DENIAL".

Hadew....aku ngerasa, bahasanku agak berat, hanya ingin menulis sesuatu yang menyemangati teman, sahabat atau mungkin sekedar kenalanku saja sebenarnya. Beberapa teman berpikir kalau aku ini selalu happy, ga pernah nangis, ya...aku ini manusia, perempuan pula, sama saja! Kadang aku menangis seduh sedan, tapi menangis kan ga perlu lama-lama, cukup buat release emosi negative sesaat saja habis itu ya sudah.

Ada banyak hal-hal ajaib yang terjadi di saat kita memiliki positive mindset itu yang aku yakini selama ini.

Pas nulis ini kondisiku sudah semakin membaik, sudah mulai bisa makan dan ga lemes mulu kaya sebelumnya. Makanya mulai aktif kembali. 

P.S. Foto ga relevant cuma mau pamer perut buncit, hahahaha

4 comments:

  1. Setuju mba, positive mindset menurut saya sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan termasuk dalam mengambil keputusan. Karena dengan positive mindset, kita bisa melihat segala hal dari sudut pandang 'cerah' alhasil kitanya nggak kegelapan. Itu kata journal yang pernah saya baca 😆 hehehehehe.

    However sesekali menangis nggak ada salahnya karena emosi negatif lebih baik dilepas daripada dipendam. That's why saya kadang pigi ke themepark tujuannya buat teriak-teriak 🤣 semangat mba Hanila 😍💕

    ReplyDelete
  2. Kita harus sentiasa berpikiran positif karna itu salah satu cara yang bisa membantu kita untuk meneruskan langkah ke depan.

    Jikalau kita sudah penat menjadi positif, rasa negatif yang ada dalam diri itu, dilepas aja tetapi dengan cara yang baik. Agar tidak terkumpul dalam diri dan bikin stress.

    ReplyDelete
  3. Hai mbak perdana berkunjung. Salam kenal.
    Iya mbak positive mindset nggak ada ruginya...walaupun banyak juga yang suka bilang toxic positivity, orang nggak harus positif terus...Ya sebetulnya nggak bisa maksa juga kalau orang mau bahagia atau stay bitter...Cuma kadang yang negatif itu menular. Jadi kecuali memang super kuat kita harus kelilingi diri kita dengan orang-orang yang positif ya...

    ReplyDelete
  4. Bener banget mba, kita harus selalu positive mindset jd kita selalu punya harapan positif, meskipun kadang kalau yg terjadi ga sesuai harapan.

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo