Mual dan Muntah Selama Hamil, Normalkah?

Bulan Juni kemarin aku mengabarkan kalau sedang telat dan berpikir bahwa pasti kali ini aku beneran positive hamil. Mual dan muntah ini terjadi sepanjang hari, ini yang membuatku KO. Jadi, memamg banyak sekali kegiatan yang terhambat. Jangan tanya perkara pekerjaan Rumah Tangga, semua suami yang kerjakan. Untungnya kami belum keburu pindah rumah, ya...pindah rumah tertunda lagi karena mau bagaimana kami masih butuh Mama selama aku mabok buat bantu jaga Zafa dan masak, meski sering beli juga. Aku hampir ga pernah masuk dapur, kecuali suami kerja ingin teh hangat ya kedapur. Karena bau orang masak, makanan langsung huek sampai lemes.



Eh, banyak yang nyeletukin "Mbak Han, keknya kali ini cewek, deh" karena aku dulu pas hamil anakku yang cewek juga begitu. Ya...kalau Allah kasih cewek alhamdulillah, biar pas punya anak sepasang, cewek ama cowok, hehehe. Mengutip dari artikel 4 Fakta Mual dan Muntah Saat Hamil Yang Wajib Mama Ketahui di website Mamas Choice memang sih, 80% mereka yang mengalami mual parah semasa hamil melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan. Tapi, kami masih bersabar sampai bulan ke 4 biasanya dokter akan kasih tahu saat USG, hehe.

Dan dari artikel yang sama disebutkan selama muntahnya tidak sampai membuat dehidrasi sih ga usah worry. Mual dan muntah selama hamil muda (Tri Semester Pertama) itu hal yang normal, justru ini merupakan bentuk perlindungan untuk si Ibu dan Janin. Meskipun, faktanya memang tidak 100% ibu hamil merasakan hal seperti ini. Ada yang tidak mengalami mual dan muntah jadi Bahasa slang-nya “Ngebo”. Aku pernah punya teman seperti ini, karena ngebo dia ga tahu dirinya hamil! Hahahaha

Alhamdulillah, memang rejeki itu datangnya gak didugah. Sekitar satu tahun lalu aku menulis tentang program hamil buat adek Zafa dan tahun ini di saat pandemi Tuhan kasih itu. Banyak yang ngledekin, hasil WFH. Faktanya, memang selama awal WFH menjadi semacam relaksasi bagi tubuh kami untuk tidak terlalu capek sehingga apa yang pernah kami idamkan segera terwujud.


Sekarang kehamilan memasuki Week 11, dan perjuangan kehamilan anak kedua inu luar biasa dibanding sang Kakak. Aku sering terpaksa harus menunda makan karena takut keluar terus. Apalagi kalau pas suami libur kerja, masyaallah manjanya. Apa-apa harus diladenin.

Padahal, dalam masa kehamilan seorang ibu harus makan makanan yang cukup sehingga kebutuhan janin terpenuhi, apalagi di masa pandemi begini, makanan juga harus bisa tingkatkan imun tubuh. 

Karena mual dan muntahku parah banget, suami sampai panik. Dia berusaha mencari obat penghilang mual, yang belakangan juga kami dapat dari anjuran Obygn kami juga, tapi itu gak mengatasi dan dokter bilang "itu adalah hal alami karena adanya perubahan hormon"

Syukur alhamdulillah, ketemu Mamas Choice Pregnancy Supplement yang kandungan Jahenya memberikan rasa hangat, hilangkan kan mual, serta tingkatkan imun tubuh dan nafsu makan, kandungan B6 di dalamnya membantu perkembangan jaringan pada janin serta lemonnya yang membantu melancarkan pencernaan sehingga perut rasanya ringan, ga begah isi angin mulu. Karena tingkat mual dan muntahku parah, aku minum dua kali sehari.


Oh iya, kemarin aku mencoba ga minum karena kupikir ga muntah parah. Tapi, malamnya perutku kembung dan selepas makan rasanya sesak dan penuh. Hehehe

Untuk yang care banget tentang kehalalan product, jangan khawatir, semua product Mamas Choice Halal dan terbuat dari bahan herbal.

Bagaimana dengan rasa? Rasanya enak, kok! Sebab ada dietary sugar juga di dalamnya. Makanya aku bisa minum. Awalnya aku pikir kaya jamu, jadi serem aja karena aku ga doyan jamu. Ternyata seperti wedang jahe yang biasa aku minum bahkan saat tidak hamil. Sempat juga aku mau minta ditambah madu, saking takutnya sama rasa ga enak! Lha makanan enak aja muntah, gimana kalau ga enak, iya kan? Eala...ternyata manis dan pas rasanya.

Urusan supplement atau apa yang aku makan selama hamil, suami itu paling care. Dia selalu ngecheck kandungan gizi-nya. Apalagi urusan supplement kemarin, sebelum dia buatkan buat aku dia baca dulu dong dengan seksama. Saat dia yakin itu aman baru dia kasihkan. Dari kehamilan pertama suami memang begitu, dia type suami yang detail. Makan pisang saja dia bilang harus pisang jenis tertentu, sampai akhirnya aku merajuk bilang ga bisa lagi makan pisang itu karena bosan.

Gak cuma supplement, sih. Product apa saja. Wong vitamin dari dokter ssja sama dia dicheck apa kandungannya, meski niatnya gak sok pintar. Menurut dia, belajar dan mengerti tentang apapun terutama calon anaknya itu penting. Jadi, jangan heran kalau setiap kontrol ke Obygn dia yang banyak nanya, wong dia juga yang banyak baca tentang kehamilan.

Untuk teman-teman yang sedang hamil, istrinya sedang hamil atau teman dan kenalan sedang hamil dan mengalami hal yang sama denganku yang tak berdaya dengan maboknya ini, kurangi worry deh karena sekarang ada Mamas Choice Pregnancy Supplement yang ngebantu mengurangi rasa mual. Rekomended banget! Pas nulis cerita ini aku sambil makan lontong sayur ala Minang bikinan Mama mertua, hehehe. Kemarin-kemarin, boro-boro makan lontong sayur, minum the manis aja keluar lagi.

Oh iya, Supplement ini bisa didapat di Shopee, ya! Dan kamu juga bisa dapetin voucher 25K potongan dengan minimal belanja 150K dengan memakai kode voucher "MAMAHNILA". Caranya cukup ke profile kamu di Shopee lalu klik voucher saya dan masukkan kode voucher dengan hurup kapital semua.


Mamas Choice produknya ga cuma supplement saja, kok! Aku punya minyak urut, pasta gigi, mouthwash. Untuk ibu menyusui ada juga nipple cream, stretch mark cream dan banyak lagi. Pokoknya kurangi worry! Karena produknya aman, semua terbuat dari bahan herbal yang aman bagi Ibu hamil maupun menyusui.

7 comments:

  1. Sehat selalu ya, mbak. Semoga nanti persalinannya lancar.

    ReplyDelete
  2. Bukan recommend buat akulah yaaa hihihi

    Ini pasti ceweklah yaa...biar itha ada temennya hehe

    ReplyDelete
  3. Yaa mudah2han calon bayinya benar cewek dan persalinannya lancar Amiin..

    Menarik juga nih suplement Mamas Choice Pregnancy untuk wanita hamil yang sering mengalami mual berlebih..😊😊

    ReplyDelete
  4. Sepengalaman aku hamil intan, dulu juatru jarang mual muntah mbak.. Tapi kembal ilagi jenis kelamin itu juga kejutan dari Tuhan. Xixixixix...


    Kalau aku ini malah mual parah sampai pusing lemessss.
    Sehat selalu ya mbaaa

    ReplyDelete
  5. Aaah terima kasih atas rekomendasi suplementnya kak! Mungkin suatu saat akan berguna buatku kalau aku sedang hamil dan mual parah 🤣

    Semoga sehat selalu buat kakak dan babynya ya, lancar semuanya sampai persalinan 😁

    ReplyDelete
  6. Mba Hanila, congrats finally soon Zafa akan punya adik 😍 semoga lancar proses kehamilannya sampai hari H, mba. Sehat selalu, yah 💕

    ReplyDelete
  7. Selamat atas kehamilannya. Semoga semua selalu sehat dan selamat sampai hari persalinan dan seterusnya.

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo