Panduan Check Kesehatan di Masa New Normal


New Normal sudah di mulai di beberapa daerah di Indonesia, kami di Bali sedang menantinya. Untuk kami para pelaku usaha, karyawan sawasta, pekerja harian memang merasakan bagaimana dampak dari Pandemi ini, hahahaha.

Tapi, sayangnya kalau dilihat dari beberapa berita orang sekarang mulai hidup “Normal” kembali, bukan New Normal yang digaungkan pemerintah. New Normal ini masa transisi menuju normal di mana kita bisa hang out, jalan-jalan, berkerumun bebas. Tidak termention perihal hidup sehat dan menjaga kebersihan, karena tanpa ada Covid-19 seharusnya hal itu sudah menjadi kebiasaan.

Untuk hidup normal seperti dahulu masih butuh proses panjang, seharusnya kita lebih sabar dan mematuhi protocol kesehatan. Karena penyebaran virus ini bisa kita kendalikan hanya dengan kesadaran tiap individu untuk selalu wasapdah dan juga disiplin. Aku percaya kok semua pasti bisa. Bangsa Indonesia ini bangsa yang ramah, baik hati dan punya kesadaran tinggi. Jadi, harapanku semua pihak sekarang mulai mau memberikan edukasi tentang “New Normal” seharusnya J.

Perlu kita ketahui, dengan mematuhi protocol yang kesehatan dalam “New Normal” pun belum tentu kita terbebas dari incaran sang Virus. Jadi kita mesti faham langkang-langkah yang harus kita lakukan jika tiba-tiba kita merasa perlu konsultasi tentang virus ini atau check kondisi kesehatan di saat merasa kurang sehat.


Pertama: Jangan masuk kerja di saat merasa tidak enak badan, istirahat saja di rumah sampai merasa lebih baik. Pakai masker walau di rumah untuk memastikan rasa”secure” pada diri sendiri ataupun orang rumah.

Kedua: Mengacu ke point nomer satu, minum obat jika perlu dan berikan tubuh asupan makanan yang bergizi untuk meningkatkan imun tubuh

Ketiga: Tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Keempat: Jika merasa curiga dengan kita terpapar covid, jagan langsung lari ke rumah sakit tapi bisa lakukan konsultasi secara online. Banyak Rumah Sakit yang menyediakan konsultasi online akan tetapi, untuk menghindari antrian dicoba saja dengan mendownload aplikasi Halodoc.com.

Melalui aplikasi ini tidak hanya konsultasi yang diberikan akan tetapi kita juga melakukan Covid Test. Di aplikasi ini kita bisa memilih dokter dan juga area praktek mereka sehingga semua lebih mudah.

Doc. halodoc.com
Dalam prosesnya, apapun hasilnya nanti dokter akan mengarahkan kita untuk melakukan tindakan yang benar. Yang pasti jangan panik ya, misalkan hasilnya reaktif. Karena dokter pasti juga akan memaparkan, apa saja yang membuat hasil Rapid Test ini reaktif dan tidak. 

Misal dalam hasil Rapid test, dokter akan mengabarkan lewat SMS atau dicheck lewat hystory transaksi di aplikasi. Nanti, dokter akan memberikan arahan berdasarkan tingkat keparahannya. Apakah kita harus karantina di rumah atau  harus ke Rumah Sakit rujukan?

Proses pencarian dokter bisa dilakukan berdasarkan lokasi di mana kita berada, nanti kita akan di arahkan ke RS atau klinik terdekat.

Dan Covid test yang bisa kita lakukan bukan hanya Rapid Test plus konsultasi akan tetapi juga bisa lakukan swab test. Bahkan untuk area Tangerang bisa juga dilakukan Covid Test di rumah.

Sebenarnya Halodoc.com ini apa, sih? Kok sampai menyediakan fasilitas Covid Test? Kalau aku sih memang tidak asing lagi. Aku sering jadikan artikel di halamannya sebagai acuan di saat mencari referensi tentang informasi suatu kesehatan. Karena halodoc merupakan sebuah platform kesehatan yang aman, terpercaya yang menyederhanakan akses kita  terhadap layanan kesehatan seperti konsultasi dokter, beli obat bahkan sampai pada asuransi kesehatan hanya melalui ponsel.

Bahkan, suami pun menggunakan Halodoc sebagai referensi saat dia mencari informasi kesehatan. 

Jadi, aku sedang hamil masuk trisemester pertama. Di masa ini aku sangat lemas, suami sempat bingung karena mendengar curhatanku. Aku BT dong kalau disuruh berbaring di tempat tidur terus. Akhirnya suami berinisiatif mau membelikan vitamin dengan kandungan Zat besi biar tubuh ga lemes, tapi sebelumnya dia searching dulu di halodoc dan dia menemukan bahwasannya lebih baik mendapatkan zat tersebut dari makanan alami. Akhirnya, dia pulang dari kantor dengan pisang Calvendis setandan, hahahaha.

Jadi, Halodoc ini bisa banget dijadikan panduan untuk mengenal lebih dalam tentang Covid-19 daripada kita membaca dari berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

Dengan mengenal tentang virus itu sendiri aku percaya banget bisa meningkatkan kewasapadaan kita. Untuk Panduan New Normal, baca juga artikel "Tetap Aman Saat Kerja Selama Covid-19 Outbreak" Juga tentang Virus Corona "Virus Corona, Tidak Perlu Panik tapi Tetap Waspadah".

8 comments:

  1. Oh pakai halodoc bisa untuk cek apakah kita kena virus ataukah cuma sakit biasa ya mbak.

    Berkat halodoc akhirnya suami beli pisang calvedis setandan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan zat besi selama hamil ya mbak, karena bagusnya yang alami.😊

    ReplyDelete
  2. Makin canggih aja ya, good luck.

    ReplyDelete
  3. Wah, semakin keren nih Halodoc. Ku kira cuma konsultasi aja sama nebus obat hihi.

    Btw lancar terus buat kehamilannya ya Mbak :D

    Oh iya, ini aku baru pertama kalinya main ke blog Mbak. Lang kufollow :D

    ReplyDelete
  4. Ya new normal tidak difahami sebagai hidup normal versi baru. Tapi kebanyakan orang kembali kepada kehidupan normal yang penuh risiko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diberita katanya dah diakui salah penggunaan frasa new normal. Seharusnya adaptasi kebiasaan baru

      Delete
  5. Waaah ternyata halodoc itu bisa buat cek virus jg yaaa

    ReplyDelete
  6. Wahhh membantu bgt ya aplikasi halodoc ini, sepraktis itu kalau mau cek kesehatan di masa new normal ini

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo