Tetap Aman Saat Kerja Selama Covid-19 Outbreak


Pemerintah memang sudah sounding untuk semua anak-anak sekolah untuk start school at home dan para pekerja start working from home.


Akan tetapi, kita bisa tahu karena tidak semua orang memiliki previlage untuk dapat bekerja di rumah. Ada banyak pekerja yang pekerjaannya ternyata tidak dapat dibawah pulang, tidak dapat di remote. Lantas, bagaiamna solusinya? 

Dr. Eric Christopher Cioe-Pena, MD. Director Global Health di Business Insider membagikan tips-nya yang bisa kita aplikasikan dan diharapkan bisa membantu kita bekerja lebih tenang. 


Dan yang pasti Dr. Eric meyakinkan bahwasannya kita harus yakin bahwa outbreak ini akan segera berakhir kalau kita mau taat dengan anjuran-anjuran pemerintah di negaram daerah kita masing-masing. 


Pertama: Mencuci tangan selama 20detik dengan sabun atau dengan memakai hand sanitizer dengan kandungan alcohol minimum 60%.  

Namun, mencuci tangan lebih disarankan jika memungkinkan. Kenapa harus mencuci tangan, karena tangan kita telah bisa menjadi media yang paling memungkinkan terjadi perpindahan virus dari satu tempat ke tempat lain. 



Saat kita membuka pintu, memegang credit card pelanggan, menerima uang, menerima barang atau hal lainnya, kita tidak tahu kalau barang tersebut telah dihinggapi virus yang mungkin datang dari bersin, batuk sang pembawah. Jadi, sering-seringlah mencuci tangan. Karena hand sanitizer hanya bisa dipakai tangan yang bersih dari kotoran. 

Kedua: Menyemprotkan cairan disinfectant ke benda-benda yang sering kita sentuh. 

Seperti menyemprot gagang pintu, lantai, meja, mengelap keyboard computer, mouse, gagang telephone yang sudah dicelupkan disinfectant dan juga barang-barang lainnya yang memungkinkan kita sentuh saat bekerja. 

Karena cairang-cairan itu akan menghambat perkembangan virus yang sudah hinggap di sana. 

Ketiga: Melakukan social distancing. 

Bagaimana melakukannya? yaitu dengan menjaga jarak minimal 1meter dengan orang-orang di sekitar kita terutama jika kita akan berada di sekitar mereka kurang lebih selama 2menit. 

Social distancing ini termasuk juga menghindari gathering dengan orang lebih dari 5 orang. 



Tapi, untuk kita yang bekerja dan memungkinkan bertemu banyak orang social distancing adalah hal yang sangat mengganggu. Namun, mereka tetap bisa melindungi diri mereka sendiri dengan sering mencuci tangan, menyemprotkan cairan disinfectant seperti yang sudah di sebutkan di point sebelumnya. 

Untuk yang sakit dianjurkan istirahat di rumah sampai sembuh. Dan tetap memakai masker agar bersin dan batuknya tidak menyembur ke orang lain. 

Lebih lanjut, berjabat tangan untuk sementara ini mungkin bisa diganti dengan special gesture yang lain yang menunjukkan respectful kita terhadap orang lain, seperti menundukkan kepala dengan satu tanga di silangkan di dada, menelungkupkan tangan di depan dada sambil menunduk dan tersenyum atau disesuaikan dengan budaya di tempat masing-masing. 

Aku sendiri, sampai saat ini belum berkesempatan bertemu banyak orang. Akan tetapi, salam dengan menundukkan kepala atau menelungkupkan kedua tanagn di depan dada sudah lumayan biasa jadi ga kikuk. Dan kalaupun tidak biasa orang pasti mengerti kok. 

Dengan tiga langkah crucial ini diharapkan kita bisa tetap keep calm dan melakukannya dengan serius karena Covid-19 ini tidak dapat dihentikan jika kita dan lingkungan sekitar kita tidak mendukungnya. 

Ini akan segera berakhir. Tetap tenang dan terus tingkatkan imun tubuh kita. Ingatlah yang menjadi pemicu penyebaran massive adalah keegoisan kita yang tidak mau mendengar anjuran untuk tidak melakukan kegiatan dalam kumpulan massa. 

Sekali lagi, semuanya akan berakhir jika kita dan sekitar kita mau turut serta membantu menghentikan penyebarannya sehingga tim medis bisa focus melakukan tindakan medis kepada yang sudah terjangkit. 

Wabah ini datangnya dari Allah SWT, maka kita jangan sombong dengan apa yang datang dari-NYA. Namun, tetap tenang dan memiliki keyakinan bahwa ini akan segera berakhir. 

Ini bukan tulisan pertamaku tentang Covid-19 atau CoronaVirus, baca juga tulisanku yang lain berkaitan dengan artikel ini: 
Baca juga: Virus Corona, tidak perlu panik tapi tetap waspadah!
Baca juga: CoronaVirus berdampak buruk pada sektor ekonomi banyak negara
Baca juga: 9 Tips kerja lebih productive kerja di rumah selama Covid-19 outbreak

4 comments:

  1. Setuju, pandemik ini akan berakhir kalau kita mengikuti aturan yang ada. Toh aturan yang dibuat pun memang untuk kebaikan kita semua :) lagipula kita kan nggak diminta stay di rumah bertahun-tahun lamanya. Apa salahnya melakukan tersebut untuk beberapa minggu saja demi meredakan pandemik yang ada <3

    By the way, saya pribadi juga jarang salaman mba hihi, lebih sering bungkuk dan taruh tangan di depan dada kalau mau kasih salam. Sudah nggak ingat kapan terakhir kali shake hand sama orang, karena terbiasa dengan metode bungkuk dan tangan di depan dada tersebut :"D

    ReplyDelete
  2. menjaga imunitas tubuh memang sangat penting
    sementara memang kurangi interaksi dulu dengan banyak orang
    yah semoga cepat berakhir ya mbak

    ReplyDelete
  3. Setuju mb nila, aku suka tulisan mb nila ini selalu menenangkan dan tidak membuat kemrungsung
    Ada tipsnya, bentuk kepasrahan pada sang ilahi robby, namun tak menutup ihtiar juga yang terus digaungkan

    Semoga segera berakhir musibah global ini
    Dan kita semua bisa bangkit lagi

    Kalau untuk semprot disinfektan rabu ini perumahanku diadakan penyemprotn juga ni, begitupula wilayah wilayah tangerang yang lain yang mulai digalakkan di tempat2 umum dan jalan jalan

    ReplyDelete
  4. Nomor 2 aku lagi nyari nih mba han, karena masih banyak yang stok nya habis, hehe suka kesel karena masih banyak orang - orang yang suka nimbun kebutuhan yang saat ini banyak orang butuhin. Anw sehat selalu yah mba han salam juga buat keluarga di Bali ;)

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo