2 Resep Herba Untuk Imun Booster



Lagi-lagi masih nyambung dengan Pandemik yang tengah melanda dunia, bosan ya sebenarnya? Hahaha. Aku pun demikian. Belum lagi ditambah WAG yang isinya ga lain ga bukan ngebahas begini dan begitu agar tidak terkena virus. Padahal sudah ada sumber jelas yang dapat dipercaya akan tetepi kita masih saja mencari dan mencoba mempercayai informasi yang berseliweran dan belum tentu kebenarannya. 

Apakah kreatifitas berpikir kita membuat kita menjadi sedemikian rupa dnegan mudah dipermainkan oleh mereka–mereka yang pintar mempermainkan emosi? Atau jangan-jangan karena kita demikain desperate-nya? 

Untuk bisa terhindar dari Covid-19 selain mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing, menjaga kebersihan kita juga dianjurkan terus meningkatkan imun tubuh. Salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengkonsumsi supplement.
Ada yang memilih supplement pabrikan dan modern namun tidak sedikit yang menggunakan ramuan tardisional. 
Baca Juga: Benarkah Vitamin C dapatkan Sembuhkan Flu?
Berikut dua resep ramuan tradisional yang aku percaya dapat membantu tingkatkan imun tubuh. 

Pertama: rebusan Jahe merah dan Sere 

Untukku, dalam satu tahun terakhir aku memang menyukai rebusan jahe merah dan serei yang aku percaya emang bisa meningkatkan imun tubuh di saat musim hujan sehingga badan tetap hangat dan aku tidak mudah tertular virus dari luar. And it works! 

Cara Membuatnya: Rebus jahe merah yang sudah dibersihkan dan iris tipis dan juga sere yang sudah digeprek. Rebus sampai air berubah warnah dan mendidih. Lalu seduh di cangkir. Bisa ditambahkan gula batu, gula tropicanaslim atau kalau aku gula pasir biasa. 

Minuman ini aku pakai sebagai gantinya teh atau kopi. 

Kedua: Kunyit dan Madu 

Akan tetapi, ada juga resep keluarga kami yang manjur untuk imunitas tubuh dan dipercaya mengandung curcuma tinggi yaitu perasan kunyit dan madu. Bunda, adek dan anak-anaknya masih memakai resep ini dan mereka saat sakit flu tidak pernah ke dokter atau meminum obat. Atau yang masih sehat tidak mudah tertular. 

Cara membuatnya: Cukup parut kunyit lalu siram dengan air matang dan ambil air perasannya dan tambahkan madu asli secukupnya.


Tapi, ada yang lebih penting dari jahe, kunyit, sere dan madu tersebut sebenarnya dalam meningkatkan imunitas tubuh kita, yaitu supplement itu harus kita tambah dengan olahraga dan makan makanan sehat. Dengan kata lain kita tidak malas bergerak dan pola makan yang benar. 
Baca Juga: Tips Jaga Keluarga Tetap Sehat Di Musim Hujan
Dan yang paling penting adalah menjaga “pikiran kita”. Kita harus tahu kalau semua penyakit ini berawal dari pikiran-pikiran kekhawatiran. Mereka-mereka yang cenderung overthinking dan panikan biasanya akan mengidap penyakit lambung, karena arahnya langsung ke asam lambung naik. Bahkan terparah adalah GERD. Sebab kecemasan berlebih. 

Maintenance emosi dan pikiran kita lebih penting dari booster atau supplement manapun itu yang aku catat. Karena semua saling berkaitan. 

Stay positive dan please jangan bandel, ya! Hehehe.

14 comments:

  1. jahe merah itu khasiatnya banyak
    sayang pas corona ini harganya melambung ya mbak
    jdi aku juga kadang pake kunyit atau temulawak

    ReplyDelete
  2. Jahe merah memang bagus buat kesehatan tapi harganya sekarang melonjak tajam mbak. Kalo sere sih masih murah, sekilo cuma 8 ribu.

    Berarti yang murah itu kunyit dan madu saja ya mbak hanila, sekilo cuma 10 ribu kalo kunyit, madu beli saja yang sasetan.😊

    Btw, itu ada tulisan sedikit salah. Yang bagian pertama rebisan jahe merah dan sere. Harusnya rebusan.😂

    ReplyDelete
  3. Saya setiap hari konsumsi vitamin C, madu dan kunyit asam mba :D

    Kalau sedang di rumah, saya berusaha makan yang sehat, tapi kalau sedang nggak di rumah alias pergi ke negara orang untuk kerja or apa, biasanya saya hanya mengandalkan banyak minum air putih, tambah vitamin C dan tolak angin untuk jadi imunitas :"D

    Ohya, kalau di KR, kita konsumsi Samgyetang juga buat jaga imun kita. Lebih sering dikonsumsi saat musim panas, karena saat musim panas itu lebih gampang lelah, terus kena penyakit (katanya). Sampai-sampai, orang KR punya hari makan samgyetang karena segitu pentingnya buat mereka :3

    Sekarang, sejak ada Corona, saya ada tambahan lebih rajin makan buah-buahan dan sedang coba-coba makanan organik semacam Chia dan lain-lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku langsung ngegoogling samgyetang, penasaran asli, kupikir tadinya gingseng

      Delete
    2. Terus samyetang itu apa mbak mbul? Apa sejenis jahe?

      Delete
  4. wih kok sop daging nya ya mba buat kepengen, enak di makan pas anget anget tuh..

    ReplyDelete
  5. Semoga saja harga madu dan kunyit ngga ikutan naik melonjak drastis kayak harga jahe.

    Suka trenyuh rasanya lihat harga bahan dan harga barang mendadak naik jadi sangat mahal karena suatu kondisi.

    ReplyDelete
  6. Kadang juga ga menampik bahwa diri ini uda lumayan desperate juga klo ada updatean corona mb nila huahahhaha
    Tapi untungnya WAG aku cuma punya 2 biji, 1 keluarga di kampung yang anggotanya cuma bapak ibu adek n kakak, yang kedua grup alumni kantor yang ga pernah update, jadi aman jaya, tapi loh klo ngeliat tv atau ga sengaja liat berita online langsung deh spaneng lagi hahahhaha

    Ini btw sop dagingnya bikin kemlecer asli
    Bukan hanya nambah imun, tapi nambah booster makan nih, cocok buat anak yang lagi ge te em juga, sayang anakku susah makan sayur hiks

    Klo ramuan herba, aku mungkin agak rempong jadi cari praktisnya aja, beli shacetan, itupun dari hari kehari uda makin menipis belum sempat belanja lagi hiks

    ReplyDelete
  7. Sya dari dulu suka yang namanya produk2 herbal alami meski tidak setiap hari sih meminumnya. Karena katanya saya paling kuat minum jamu2an dirumah.

    Jadi sepahit apapun jamunya bagi saya biasa saja.😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena hidup kadang lebih pahit dari pada jamu ya kang, apalagi kalo dikejar satpol PP saat mangkal, paling pahit itu.😁

      Delete
  8. Wah ini cocok banget emang buat keadaan sekarang. Bagaimanapun tubuh memang paling utama yang dipikirkan.

    Jahe merah kalo dibikin wedang emang enak sih. Bikin anget dibadan. Tenggorokan juga lebih lega rasanya.. (atau ini hanya perasaan saya saja ? 🤭). Makasih resepnya mbak.. ♥️♥️♥️

    ReplyDelete
  9. Emang bener mba han nggak sedikit orang yang terlalu overthinking, mungkin sebagaian dari mereka lupa kalau menjaga pikiran kita tetap baik dan jernih adalah bagian utama yang tak boleh luput. Anw aku suka semua ramuan herbal yang Mba Han bagi di arikel ini ;) makasih lho mba hani :)

    ReplyDelete
  10. Kayaknya nikmat ya minuman sereh dan jahe.. Apalagi kalo pake gula merah, kayak minum bandrek aja yaa.. Mudah"an bisa buat tambah daya tahan tubuh yaa mbak.. Cmn dipasar lmyn mhal harganya semenjak vjrus mewabah

    ReplyDelete
  11. aku beberapa minggu ini rutin minum rebusan jahe + sereh gegara batuk ga kelar2. Sungguh, batuk ditengah pandemik gini membuat ku agak khawatir.

    Dan ya.. mendengar dan baca pemberitaan di socmed dan WAG tuh terkadang membuat kita makin khawatir dan panik. Makanya kadang ku kalo udah pusing dengan pemberitaan yg simpang siur, cukup jauhkan hp sejenak. pun gak perlu nonton tv dulu. hati terasa lebih tenang.

    Semoga kita dilindungi dari wabah covif ini ya mbaa.. Amiiinn..

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo