Pasar Ikan Kedonganan



Pasar Ikan KedongananHampir weekend sekarang, biasanya kalau weekend aku pasti minta dianter ke pasar ikan kedonganan. Ngapain kesana? Ya, sudah jelas membeli ikan! Hahaha.

Aku takut ditenggelamkan Bu Susi makanya sekarang suka makan ikan, xixixixi


Semenjak tinggal di Jimbaran aku memang sering banget ke Pasar Ikan ini. Pasar Ikan ini lumayan lengkap dan sekarang pemandangan sekitar lebih bersih dan rapih dari sebelumnya. Meskipun tetap ya, kalau di dalam pasar ikannya kita akan ketemu becek. Namanya juga pasar ikan. Jangan kaya Zafa, maksa ikut ke pasar ikan tapi takut sandalnya kotor jadi dia minta gendong, hahaha.

Ikan apa saja yang biasa aku beli?

Aku tidak membeli ikan yang mahal. Paling beli Tengiri, Kenyar, Tuna, Udang dan kadang beli cumi. Favoritku sebenarnya ikan dengan daging putih seperti Tengiri namun tidak selalu ada.

Dimasak apa ikannya?

Hm…semenjak aku pinter masak, maka aku akan bikin sop ikan dengan bumbu racik yang aku tambah dengan serai, daun bawang dan ketimun, hahahaha. Ga usah iri sama kepintaranku, hahaha

Kalau udang pasti aku goreng dengan tepung, xixixixi.

Apa yang Lain dari Pasar Ikan Kedonganan?

Buat kalian yang banyak duit okay-lah makan seafood demi view membayar mahal makan di restaurant, café (they said), rumah makan dengan pemandangan tepi pantai yang harga makanannya lumayan mahal. Lokasinya sepanjang jalan sebelum Pasar Ikan Kedonganan.



Buat aku yang sudah pengalaman membayar makan bilangan juta membawa relasi, mending melipir kepasar ikan dengan bisa tetap menikmati pemandangan tepi pantai dan tentu saja setelah keluar dari sana aroma tubuh akan seperti ikan bakar! Hahahaha.

Bagaimana caranya bisa makan seafood rasa restaurant tapi harga lebih murah?

Pertama: Yuk, becek-becekan masuk pasar, pilihlah ikan favorit atau binatang laut favorit apa saja di sana. Boleh nawar tapi biasanya harga sama kalaupun discount ya ga mungkin banyak banget soalnya itu harga pasar.

Kedua: Setelah dirasa cukup belanjanya, carilah jasa panggang ikan di sekitaran pasar dengan harga Rp. 15,000/kg. Dengan memakai jasa mereka kita akan mendapatkan dua macam sambal yaitu sambal tomat dan sambal matah yang otentik.



Pas naruh di jasa bakar, bilang kalau kita mau makan di situ. Karena beberapa tempat jasa bakar ikan pasti ada tempat duduk buat makan. Sekalian pesan nasi dan plecing kangkung. Oh iya, mau kelapa mudah juga ada, lho!

Tapi, nasinya emang agak keras. Buat yang ga biasa makan nasi keras sedikit tersiksa, hahaha. Ini tempat bakar ikan yang menghadap laut, tempat langgananku. Biasanya sih aku tanpa nasi, karena makan ikan, udang, kerang bakar saja sudah kenyang banget! Xixixixi

Dengan melakukan hal ini, Alhamdulillah kita bisa menghemat sampai 100% atau bahkan lebih karena tergantung juga jenis ikan dan kuantitas ikan yang kita beli. Yang pasti kenyang to the max!

*Selain beli ikan dipasar ada beberapa cara pastinya buat bisa tetap nikmatin view makans eafood di Pantai Kedonganan cuma aku fokus sama pasarnya, Hehehe

9 comments:

  1. Pesta seafood nih mba spertinya!! asik banget. liat ikan nya daging nya tebal sekali

    ReplyDelete
  2. lebih malah lebih senang makan ikan dari pada daging mbak. hihi. ada yang sama?
    visit aorlin.com

    ReplyDelete
  3. Ikan favorit saya yang paling sering saya makan itu justru ikan Nila :)))) bahkan dibanding Gurame, salah lebih suka ikan Nila. Jadi kalau lagi pulang ke Indonesia, pasti minta si mba masak ikan Nila goreng pakai sambal kecap. Duuuh enaknyaaa :"3

    Nah, kalau di Korea karena variasi ikan-ikanan di supermarket nggak banyak, biasa saya paling kalau nggak salmon ya tuna. Dan saya sama seperti mba, sebenarnya lebih prefer ikan daging putih karena entah kenapa lebih pas di lidah saya :D

    Aduuuuh jadi ingin makan ikaaan hahahaha ~ resiko blogwalking tengah malam, kalau lagi baca post teman-teman yang bahas makanan, jadi lapar bawaannya -,-

    ReplyDelete
  4. Saya pernah lihat ada yang posting di IG tentang pasar ini. Saya jadi pengen karena ikannya segar. Tapi setelah baca postingan Mba Hanila, hm mahal ya. Dan ternyata ada tip makan yang murah. Terima kasih, mba, tipnya. Semoga kalau ke Bali bisa mampir di sini.

    ReplyDelete
  5. kedonganan itu dimana mba? bali ya?
    btw, enak ya ada jasa panggang ikan, jadi kita gak usah repot mengolah sendiri apalagi mba hanila kan jago banget masaknya.. (pake bumbu racik) hihihi :D

    ReplyDelete
  6. duh keliatannya enak banget. jadi ngiler

    ReplyDelete
  7. Wah, kalo cerita pasar ikan jadi ingat waktu merantau ke Jakarta. Ada pasar ikan di daerah Pluit Jakarta Utara.

    Saat itu di daerah lain harga ikan kembung sekilo 22 ribu, disitu cuma 15 ribu, ikan tongkol 20 ribu disitu cuma 13 ribu. Pokoknya serba murah kalo hasil laut lah.

    Cuma sayangnya sekarang sudah ngga di Jakarta lagi..😑😐

    ReplyDelete
  8. Menarik dan hemat juga. Cuma nasinya itu jangan-jangan nasi sisa hajatan hehe...

    ReplyDelete
  9. Menarik juga pasar ikan kedonganan bisa beli ikan langsung dibakar dan siap saji.

    Meski pernah Ke Bali tetapi saya belum pernah ke Kedonganan.

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo