4 Macam Alasan Orang Tidak Membaca Blog Kita.



4 Macam Alasan Orang Tidak Membaca Blog KitaKenapa Tidak Ada Orang Yang Membaca Blogku? Dulu, aku dulu pernah belajar SEO, sebelum aku memutuskan berhenti menulis di blog beberapa tahun kemudian menulis kembali di blog ini dan langsung beli domain TLD dengan alasan, kalau begini kan ga ada alasan ga rajin nulis. Ya, meskipun diri sendiri sempat ragu apakah bisa menulis seperti dulu dengan kesibukan yang berlipat, hahaha.
Di dalam salah satu materi yang pernah disampaikan di sana, setidaknya ada 4 alasan paling masuk akal kenapa blog kita tidak dibaca oleh orang lain.

Sebenarnya, kalau kita beneran ngeblog dan masih memegang teguh "Content is The King" kita memang harus faham jika mahkota dari raja itu hanya jatuh pada content yang dibaca.

Back then, blogku ini ga aku optimasi dengan SEO seolah aku menulis dan menulis saja. Walaupun aku sebenarnya masih bergabung dengan group-group tempat belajar bikin Website beserta printilannya. Karena aku pikir ilmu pengetahuan itu terus berkembang apalagi technology, kalaupun aku belum bisa menerapkannya sekarang aku harus tahu perkembangannya, mungkin bukan buat blog personalku tapi berguna buat bisnisku.

Akan tetapi, teteplah ilmu yang pernah aku dapat ingin aku share di sini, karena ilmu ini sifatnya "evergreen" ga ada matinya, hehehehe

Jadi, bisa jadi 4 alasan masuk akal di bawah ini menjadi alasan kenapa blog kita tidak dibaca orang:

1. Content Blog kita kurang bagus

Menganut "Content is the King" tapi isi blog-nya begitu-begitu saja, hahaha.

Dan please, blogku ini jangan dijadikan rujukan karena prinsipku adalah "keep writing, keep inspiring, keep blogging" kalau mau menuju "content is the king" aku juga masih belajar tentang menulis content yang baik dan meng-influence. Inget, ya! Baik dan meng-influence, karena banyak content yang meng-influence tapi tidak baik, artinya tidak membawah pula kebaikan terhadap semesta. Ketinggian, ya? Hahahaha.

2. Kita Menulis Buat Kita

Ini adalah ciri khas dari blog yang isinya jurnal kegiatan, curhat hore. Ga usah nyari contoh jauh-jauh, blog Hanila Corner ini adalah contohnya. Mengutip inti dari point pertama di atas, aku masih belajar kalau harus membuat content yang memang kuperuntukkan untuk pembaca tertentu atau dengan kata lain memenuhi syarat sebagai "King of Content with Real Crown" Hahaha.

3. Tidak Ada Orang Yang Tahu Tentang "King" of content kita.

Bisa jadi content kita sudah sangat bagus akan tetapi tidak banyak orang yang tahu. Bagaimana agar banyak orang tahu, ya salah satu tips jitunya adalah mempromosikannya dengan banyak cara yang aku yakin sahabat jauh lebih faham dan juga melakukan optimasi SEO.

4. Kita Tidak Konsisten

Bulan ini hampir setiap hari ada update, eh baru ada update dua bulan kemudian. Bisa jadi lho, ada pembaca yang ingin membaca, lalu kecewa begitu beberapa kali balik ternyata ga ada yang baru. Yang harus kita lakukan adalah menulsi secara konsisten.

Kalau memang menuju blogger professional, harus ada jadwal. Kapan publish di waktu dan jam yang sama kalau bisa. Aku sudah ketemu satu blog sahabat yang sepertinya postingnya ini memakai jadwal dengan pemetaan rapih. Seperti hari Senin dengan teman A, Selasa B dan seterusnya. Cuma aku ga melihat waktu publish, sih soalnya aku bukan pengamat blog juga, melainkan penikmat tulisannya! hahaha.

Ternyata Konsistensi ini memegang peranan penting dalam segala hal,  ya?

Jadi, 4 hal tersebut di atas yang bisa jadi menjadi alasan kenapa blog kita tidak dibaca orang. Hal ini biasanya akan diperhatikan oleh para blogger profesional dan juga blog bisnis. Buat kita yang memili blog hanya sekedar untuk jurnal  tidak usah memikirkan hal tersebut cuma, tetap saja memang kita harus menulis hal-hal baik dan tidak menggiring opini negative.

7 comments:

  1. Mungkin ada benarnya 4 diatas cuma rata2 blogger +62 pada males baca.😊😊

    Saya ngalamin itu sudah dari tahun 2009. Content sebagus apapun yang kita buat yaa tetap saja yang serius baca paling cuma 1 dua orang.😄😄 Malah ada yang tak satupun.

    Terkadang blogger profesional saja ogah baca apalagi yang masih merangkak.😂😂😂

    Karena rata2 blogger +62 kalau bikin blog seo sedikit lagunya sudah kaya profesional saja. Padahal cendol.😂😂😂😂😂

    Tapi itu terserah merekalah dah hak mereka.😂

    Aku punya blog khusus Ottomotif cuma nggak aku tampilin. Alhamdulilah pembacanya lumayan tetapi bukan dari blogger. Kalau yang baca blogger paling cuma bilang nice post, baru tahu anegan.dll...Padahal mah nggak dibaca.😂😂😂

    ReplyDelete
  2. Beberapa tahun lalu sempat aktif di komunitas blogging dan memang yang komen di blog saya banyak. Tapi setelah saya nggak aktif dan jarang nyebar link di mana-mana, blog sepi. Tapi saya nggak ambil pusing karena saya suka banget ngeblog dan sayang banget sama blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akuuuh sama kayak mb pipit hahhahahah
      Dulu aktif menclok komen di sana sini, promo di grup ina ini
      Sekarang ga, ga terlalu seaktif dulu

      Sekarang nulis karena ingin
      Komen karena ingin

      Jadi still have fun with blogging dkk nya itu
      Ga ada kata terbebani dan enjoy kayak ku nemu blog yang intens aktif kayak blog hanilacorner ini salah satunya

      Delete
  3. Setuju sama mba, content is a king hehe tapi kalau saya sih menulis masih hore hore saja, mostly untuk kepuasan diri sendiri :D ada yang baca syukur, kalaupun nggak ada ya nggak apa-apa. Yang terpenting saya puas hehehehe.

    Tapi saya juga setuju sama yang mba bilang, kadang kalau sudah suka sama suatu blog eh siempunya blog nggak aktif tuuuh suka saya cari hahahaha seperti bertanya dalam hati, "Lagi sibuk apa ya mbanya?" :)))))

    ReplyDelete
  4. Menurutku selain empat alasan itu, ada empat penyebab lain blog kita tak dibaca orang adalah.

    1. Orang ngga ada waktu buat baca karena sibuk di dunia nyata. Aku tipe orang kalo lagi ada kerjaan di dunia nyata ya mentingin dunia nyata dulu.

    2. Kehabisan kuota internet
    Nah, ini kadang dialami olehku juga, kalo lagi ngga ada kuota gimana mau baca. FB aja pake yang gratis.😂

    3. Silent reader, jadi sebenarnya ada yang baca cuma karena ngga meninggalkan komentar jadi kesannya ga ada.

    4. Mikir sendiri wkwkwk..🤣

    ReplyDelete
  5. Aku setuju part yang pemberlakuan conten is king pas buat website resmi macam website perusahaan atau website yang mau dibrandingkan supaya jualan kita berasa lebih bonafid

    Kalau yang tagline "keep writing, keep inspiring, keep blogging" juga aku suka nih, yaitu kuterapkan di blog personal yang buat tulisan hore hore aja..

    Ada atau ga nya pembaca, aku tetap suka nulis hihi

    Malah sekarang aku ga mementingkan tiap tulisanku harus kah ada yg baca atau ada yang komen karena aku ga mau memaksa pengunjung blog ku harus ini itu, biarlah mereka menikmati blogku sesuai kebutuhan mereka, apakah nyasar karena butuh info setelah search dari google, atau loyal reader yang ga mesti komen tapi sebenarnya uda baca diem2, itu aja aku uda terima kasih banget hihi

    Oiya sebenernya untuk tipe2 blog kayak punya mb hanila ini...sebelum aku ninggalin jejak kayak gini, sebenernya aku baca duluan sejak setelah mb publish sih, soalnya uda jadi kebiasaanku tiap ada blog yang konsisten apdate aku bakal dengan sendirinya baca, cuma ya itu kadang baru silent reader aja, saking pas lagi banyak agenda nulis maraton blog sendiri sebelum taktinggal hibernasi panjang ntar xixiixix

    ReplyDelete
  6. konsisten juga penting. aku sepakat mba. maka dari itu aku kalo lagi banyak ide, kadang gak ku publish serentak. tapi ku jadwalkan supaya ketika lagi ga ada ide, tetep masih punya konten untuk di posting.

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo