Rencana Kerja Untuk Mencapai Resolusi Tahunan


Membuat Rencana Kerja Untuk Mencapai Resolusi Tahunan - Seperti tahun-tahun sebelumnya, aku selalu memiliki yang namanya goal yang selalu aku review minimal 2 kali dalam setahun. Yaitu pada saat ulang tahun perusahaan dan juga pada saat pergantian tahun.

Untuk pergantian tahun, mungkin orang biasa menyebut resolusi. Resolusi, buat aku menjadi sekedar keinginan akan tetapi goal menjadi satu tujuan dalam jangkah waktu tertentu. Hal ini selalu aku buat serius khususnya kalau sudah menyangkut bisnis yang aku dan partnerku kerjakan.


Lantas, langkah-langkah awal apa yang aku lakukan agar aku sampai pada goal atau tujuan tersebut? Tentu saja yang aku lakukan adalah ACTION PLAN.

Yes, ACTION PLAN menjadi langkah awal untuk bergerak mencapai GOAL yang sudah aku set up. Seperti apa action plan tersebut?

Pertama: Aku akan lakukan breakdown jangkah waktunya. Detail tujuan atau goal yang aku persempit dari kurun waktu satu tahun menjadi kurun waktu bulanan.

Kedua: ku tulis action-action plan atau mungkin bahasa mudanya itu rencana-rencana kerja dalam keseharian untuk mencapai tujuan setiap bulan. Hal ini meliputi apa saja yang aku lakukan dan bagaimana melakukannya.

Biasanya rencana kerja ini bukan hanya buatku sendiri jika menyangkut pekerjaan, akan tetapi meliputi team marketing dan juka produksi serta pengadaan barang. Oleh karenanya, aku selalu diskusikan dengan partner bisnis.

Ketiga: Action dan membuat laporan atau semacam checklist untuk kegiatan tersebut. Dari sana aku bisa tahu apakah yang kukerjakan on track atau jangan-jangan malah tidak. Kalau tidak biasanya aku akan tegur diri sendiri dengan memaksanya kembali ke track dan membayar kekurangan hari-hari sebelumnya yang tidak ikut dengan action plan.

Terkesan boring, akan tetapi semua itu membantu aku untuk ingat dan bisa mencapai tujuan. Sebenarnya aku ini orangnya disorganize olah karena aku tahu, kalau aku ini memiliki kelemahan itu makanya aku selalu membuat semacam check list dari rencana kerjaku tersebut.
Penting memahami kekurangan diri agar bisa mensiasatinya.

Baca Juga : Life Goal 2020

Itu dalam hal pekerjaan, bagaimana dalam kehidupan? Kurang lebih sama, akan tetapi aku tidak sampai membuat action plan detail. Namun, untuk bisa membuat diriku sendiri MINDFULNESS dalam menjalani keseharian yang memiliki target aku akan membuat jurnal syukur yang aku tulis pagi atau malam hari. Atau kadang pagi dan malam hari.

Jurnal syukur ini membuatku lebih waras dan tidak macam-macam serta bekerja lebih sungguh-sungguh karena sudah menyadari betapa besar rahmat yang sudah ALLAH berikan padaku. Kalau pun jurnal syukur tidak kepegang gara-gara pekerjaan yang harus kuawali lebih pagi atau malam sudah tepar kecapekan. Aku akan melakukan pause dari kegiatan kurang lebih lima menit dan pejamkan mata lalu berucap syukur serta lakukan affirmasi.

Aku ga tau apakah jurnal syukur ini related dengan action plan yang aku buat, yang aku tahu aku merasa jurnal syukur adalah bagian dari action plan yang bisa membuat aku bekerja dengan positive thinking, positive plan, positive action, serta reaction sehingga rencana kerja yang aku buat pun biasanya masuk akal.

Oh iya, aku ini orangnya percaya kekuatan doa. Jadi, misal memiliki goal tertentu, aku memiliki bayangan apa yang harus aku lakukan, menulisnya, lalu aku percaya dengan doa pasti ALLAH akan kabulkan. Dan selalu berpikir kalau AKU BISA.


Yes, AKU BISA maka SAHABAT juga BISA. Aku berharap apa yang kita citakan di 2020 ini menjadi nyata. Please keep this faith, sahabat!

Just keep it faith and do it anyway!!


45 comments:

  1. Usaha disertai doa ibarat amunisi buat kita yang percaya jika sebagai mahluk tidak ada daya dan upaya selain atas kehendak Nya.

    Dengan adanya rincian seperti yang Mbak Hanny buat itu kita makin semangat dalam mencapai resolusi yang ditargetkan ya.

    Semoga resolusinya tercapai. Amin

    ReplyDelete
  2. Iyes setuju banget mba Han, percaya kekuatan doa. Aku pun begitu.. Allah maha baik, akn selalu memberi yg terbaik untuk umatNya :)

    ReplyDelete
  3. Semua usaha harus di iringi do'a ya mbak Hani, Krn dengan do'a bisa membuat ya tidak mungkin menjadi mungkin atas ijinNya.

    ReplyDelete
  4. Harus bikin action plan ya kak agar semua resolusi tahun ini bisa terwujud, jadi bukan hanya rencana aja.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...it works buat aku.
      Tapi masing2 orang kan beda :)

      Delete
  5. Keren, Mbak. Semuanya teratur begitu. Saya masih suka mengalir aja. Padahal pengen banget membuat plan. Memang harus mendisiplinkan diri sendiri, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda KeNai...bikin action plan lebih oada latihan disiplin dengan komitmen diro sendiri

      Delete
  6. Bagus banget sih, Mbak... Teratur dan terencana banget. Dan setuju, saya juga percaya akan kekuatan doa :)

    ReplyDelete
  7. I will always keep faith! Untuk mewujudkan semua yang dicita-citakan. Apalagi pergi liburan. Haha

    ReplyDelete
  8. Saya pun orang nya disorganize, biasanya yg dilakukan pun random.. tp kalau sudah terpaksa ya satu2nya jalan bikin to do list 😊 dan bener banget tuh, membuat jurnal syukur juga perlu agar kita tetap bisa berfikir positif 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau kebutuhan tercipta ya mau ga mau bikin to do list. To do list ini bentuk sederhana rencana kerja.

      Delete
  9. Saya pernah baca di mana yaa..
    Hadist kalau gak salah, yang isinya:
    Aku adalah sesuai persangkaan hamba-Ku

    Jadi yaa berprasangka baik, dan pikirkanlah yang baik-baik tentang Allah. Kalau kita percaya Allah akan mengabulkan, ya Insya Allah akan dikabulkan.

    ReplyDelete
  10. InsyaAllah jadi lebih baik.
    Target ada tapi ga mau jd membebani hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah ga terbebani, Kak.
      Mungkin karena saya sales ya backgroundnya jadi suka kerja dengan target, hehehe

      Delete
  11. Wah hebat, selalu mereview rencana
    Jadi malu, saya mah seperti air mengalir aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kebutuhan sih, Mbak.
      Kalau ga kerjaan juga numpuk, berantakan. Jadi, kerja melayani ini memang butu melakukan perbaikan oerbaikan

      Delete
  12. Aku tuh paling nggak bisa menjurnal yang akan aku lakukan. Punya sih keingin setahun ini ingin apa aja. tapi ya nggak pake bikin jurnal atau terlalu di planning ... cuma keep it in mind aja lalu usaha sambil doa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena blm ada kebutuhan buat melakukannya, Mbak. Kalau saya lebih karena emang butuh. Seperti yg saya blg, saya ini fisirganize butuh begitu untuk hidup lebih baik.

      Delete
  13. Jadi bukan hanya perusahaan, lembaga atau institusi yang harus punya project planning dan action plan, ya, Mba Hani.

    Kita sebagai pribadi juga harus punya personal action plan dalam mencapai resolusi2 yang sdh kita canangkan.

    Nice share, Mba. Yes, harus bisa! Btw, action planku blm rampung. Huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak...begitulah.
      Uhh...punyaku juga belum rampung padahal sudah mau tengah bulan.
      Tiap hari melototin to do list hahhaa

      Delete
  14. Banyak yang membuat resolusi tapi akhirnya sekadar dituliskan lalu dilupakan. Nah bagus nih dengan adanya action plan setidaknya ada gambaran jelas untuk bisa mengerjakan resolusi yang sudah kita buat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya dulu sebelum memiliki bisnsi sendiri, selalu bikin target tapi beruhubung ga ada action plan ya sampai ganti tahun ga ada perubahan

      Delete
  15. Saya juga orangnya random. Kadang sempat terpikir kalau saya ini juga penganut anti kemapanan, hehe.... (dalam arti positif lho ya)
    Tapi betul. Kekuatan doa memang dahsyat.
    Pun dengan menuliskannya (pada jurnal, misalnya) atau mengucapkan resolusi, diharapkan itu menjadi doa dan kekuatan untuk mencapainya.
    Aku bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku ada temannya ternyata.
      Mahluk random yang juga gampang berubah pikiran.
      Bismillah 2020 pokoknya bisa, bisa!!

      Delete
  16. The power of doa. Intinya menurut saya gini lho kak, tuhan itu tau apa yang kita ingin kan dan apa yang terbaik buat kita, jadi berdoalah meminta pada Allah yang terbaik termasuk pada jurnal gitu.. hehe

    ReplyDelete
  17. Ini dia mba, kadang di otak tuh seliweran to do list dan ide-ide, cuma karena malas nulis jadi kadang suka lupa dan jadinya seringkali aku ke distract.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha..kayanya butuh buku agenda atau Jurnal yang cantik-cantik gitu ya sebagai hadiah biar semangat nyatet hahaha

      Delete
  18. Resolusinya saya tahun ini ga banyak, jadi bismillah kalau mau mewujudkannya bisa fokus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, 2020 insyaallah semua goal tercapai yaa

      Delete
  19. Itu ilustrasinya mirip filosofi dari lembaga akreditasi internasional..ISO PDCA alias Plan-Do-Check-Action jadi semua hal akan berjalan dengan lebih mulus jika ada perencanaan, kemudian dilaksanakan dan dicek apakah masih ada kekurangan alias evaluasi kemudian kalau sudah oke lakukan yang terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya malah ga tau lho, Mbak...
      ini semua berdasarkan pengalaman saja yang lalu saya analisa gitu..

      Delete
  20. aku setuju banget mba kekuatan DOA tuh emang segalanya, dan saya sangat suka sekali dengan kata - kata ini "Dan selalu berpikir kalau AKU BISA". itu pula yang selalu aku terapkan mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Mas...aku bisa, kamu bisa, kita bisa.
      Bismillah 2020 semua impian menjadi nyata, ya...

      Delete
  21. Intinya sebelum melakukan suatu pekerjaan atau awal memulai bisnis baru memang kita perlu yang namanya Krangka atau rancangan agar bisa mengetahui besar kecilnya Volume yang akan kita dapatkan nanti.😄😄

    ReplyDelete
  22. Membuat perencanaan yang matang sebelum melakukan pekerjaan memang penting banget. Tapi aku sedang kesal sama diri sendiri. Motivasi saat masih berstatus karyawan dengan mengurus usaha sendiri jauh berbeda. Dulu sebagai karyawan aku begitu disiplin padahal nggak pernah dikejar atau dipantau juga sama bos. Mengalir begitu saja kedisiplinan tersebut.

    Tapi di tahun 2020 ini, aku harus lebih disiplin karena menjadi bagian dari pertanggungjawaban terhadap tim.

    ReplyDelete

Hai,

Terima kasih sudah membaca.
Silahkan tinggalkan komentar dan pendapat kamu di sini.

Terima kasih dan Salam Hangat dari Bali!

Cheers,