Hobby Browsing dan Shopping Yang Bisa Menjadi Sumber Penghasilan



Hobby Browsing dan Shopping Yang Bisa Menjadi Sumber Penghasilan - November 2018 lalu aku sempat menulis status di Facebook tentang pengalamanku yang ditanyain oleh beberapa orang tentang “Apakah Hobby bisa menjadi sumber penghasilan?” dan di sana aku jawab, tentu bisa. Banyak sekali orang yang sudah sukses dengan menjadikan hobbynya sebagai profesi.

Mau sebut, hobby apa saja yang bisa dijadikan sumber pekerjaan? Sebut saja menulis, menjahit, menyanyi, menulis lagu, traveling, memasak, berbicara dan lain sebagainya. Itu yang kusebut hanya beberapa, lho. Masih banyak banget di luaran sana hobby-hobby yang jika kita seriusi bisa menjadi sumber penghasilan kita.

Apakah hobby merupakan salah satu “hal” yang ada dalam diri kita namun belum kita gali jadi kita tidak merasa itu keahlian.

Kalau aku ditanya, apa yang menjadi hobbyku? Hobbyku adalah browsing barang mau online atau pun offline dan shopping.


Namun, kalian tahu nggak sih kalau hobbyku ini akan membutuhkan banyak dana? Ya, ya….makanya saat masih single aku pekerja keras tapi yaitu uangnya habis buat belanja dan aku belanja bukan untuk diriku sendiri. Sampai akhirnya saat itu aku mikir, kalau aku begini terus maka aku gak akan dapat apa-apa. Akhirnya, aku belanja dan barangnya aku jual lagi. Did that work? Lumayan. Aku jadi punya dua sumber penghasilan, hahaha.

Untungnya di balik hobby suka shoppingku itu berimbang dengan hobbyku yang suka berjualan, sehingga aku pun Alhamdulillah dalam tiga tahun ini bersama dengan seorang sahabat membangun bisnis. Yang kurang lebih lingkup kerjaanku adalah browsing barang, susun strategy dan menjualnya. Untuk barang produksi sendiri partnerku yang atur. 
"Pekerjaan Impian adalah hobby yang dibayar"  _unknown
Nah, buat siapapun yang punya hobby sama dengan aku. Ini aku bagi beberapa bidang pekerjaan yang bisa kalian lakoni dengan hobby browsing dan shopping kalian:

1. Traders: Kerjaannya membeli dan menjual. Barang pun tidak harus milik kita. Semisal kita tidak ada modal, kita bisa bantu jualkan barang orang. Kalau nurut aku sih, traders ini bahasa keren dari Makelar, hohohoho.

2. Fashion Buyers: Pekerjaan mereka adalah menentukan barang-barang apa yang akan didisplay dalam suatu toko, biasanya mereka harus memiliki sense atau bisa memprediksi tentang apa-apa yang bakalan jadi trend bahkan sebelum majalah fashion terbit!

Apa bedanya dengan Visual Merchandiser? bedanya cuma di barang yang di display! Kalau Fashion jelas berhubungan dengan design. Visual Merchandiser ya apa saja yang di jual si sebuah toko.

Aku dulu sempat mimpi banget dengan profesi ini sampai akhirnya aku running butik sebelum ke Bali. I am deciding everything. Tapi, butiknya bangkrut juga karena management keuangan ga bagus, hehehe. Life learning-lah buatku.

3. Food Service Manager: Pekerjaannya memang meliputi management sebuah restaurant akan tetapi, dia juga yang menentukan apa yang harus dia belanjakan untuk makanan, furniture, alat makan untuk memenuhi kepuasan para tamu.

4. Interior Designer: Kalau ini sudah jelas, pekerjaan kita adalah mendesign ruangan sesuai permintaan client dan sekalian membelanjakannya. Di bisnis kami saat ini, service ini juga ada.

5. Personal Shopper: Aku sih ga tahu apakah job ini bisa berkembang di Indonesia yang mayoritas penduduknya melek barang bagus dengan tingkat konsumtif tinggi dibanding negara lain.

Pernah melihat di sebuah K-Drama, personal shopper ini biasanya orang-orang yang dihire oleh mereka yang tidak punya waktu berbelanja kebutuhan mereka. Mereka tahu beres. Jadi, si personal shopper harus tahu apa yang disuka dan tidak oleh client-nya. 

Pekerjaannya bisa full time dan juga freelance.

6. Buyeng Agent: Kalau di Bali sih kami sering berhadapan dengan buying agent. Mereka adalah agent yang dibayar untuk belanja kebutuhan client-nya. Entah barang retail atau wholesale. Biasanya mereka system upah-nya adalah komisi. Kadang pun bisa dapat komisi dari pembeli (client) dan vendor tempat dia belanja.


Bagaimana agar hobby kita ini diketahui oleh orang? Untuk blogger, influencer sangat mudah. Mereka bisa menuliskan tips-tips menadapatkan barang-barang yang bagus, yang unik atau hal-hal yang selama ini orang cari. Just let people know that you're expert on it.

Ingin mencobanya? Aku sudah lakukan, lho! Sekarang giliran kamu, hehehe.

36 comments:

  1. Wow, padet banget bisnisnya mbaak
    Keren sih bisa menjalankannya

    Aku sempat kepikiran mau bisnis juga, tapi akhirnya utk sekarang kayaknya mau nabung banyak2 dulu, biar kalau jadi bisnis dan bangkrut, msh ada dana cadangan utk survive hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi inget nasehat mertua "Jangan berlayar kalau takut dilamun ombak" hehehe.
      Preparation emang harus ada, mungkin karena saya perempuan ya, Dah. Makanya, saya langsung aja tancap, ada di posisi ga ada duit sama sekali pernahlah tapi ada suami yang support. Beda ya sama lelaki.

      Delete
  2. Seru memang kalau punya hobi dan bisa mendapatkan pemasukan dari hobi yang dijalani, apalagi kalau hobinya hunting or shopping :D

    Saya juga punya hobi yang agak menyerempet dengan hunting, tapi just for fun disela waktu senggang saja. Semisal hunting hotel bagus, terus saya masukkan ke wishlist. Atau produk bagus di Instagram, saya masukkan ke savelist hahaha. Lagi lihat-lihat shopee / tokopedia, ada barang bagus langsung love love list :P

    Seperti ada kepuasan tersendiri walau nggak semuanya dibeli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kita samaan ya? Aku malah kadang masuk keranjang pula, hahahha.
      Makanya itu Tokped aku singkirkan dari anakku karena nyambung OVO mampus aku kalau dia check out semua dan langsung PAY waakkakakak

      Delete
  3. Massa sih mbak Nill,....Saya belanja terus sama browsing malah bolong dompet saya.


    Ajarin aku jualan dong mbak.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jualan tas branded aja kang satria, lumayan tuh untungnya, apalagi peminatnya cukup banyak, terutama para rongdo..🤣

      Delete
    2. Ya kan tergantung apa yang dibelanjain Kang Satria....
      Tuh lho,,kata Mas Agus jualan TAs branded nanti saya pake cicilan NOL persen saja hahahah

      Delete
    3. Paling nanti dia datang dan komen "sueeee".😁

      Delete
  4. Kereeeen maksimal ini mah :D
    Kalau saya jujur, hanya bisa nulis aja hahaha.
    Tahu banyak teori, tapi jujur nggak pede untuk dijadikan hobi yang menghasilkan, jadinya satu-satunya yang bisa saya perjuangkan sekarang ya menulis ini, menulis di blog.
    Lebih pas waktunya, lebih memungkinkan juga ketimbang lainnya :)

    Dan saya happy banget bisa menghasilkan uang melalui tulisan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sebenarnya, semua hobi itu, asal diubah mindsetnya, bisa jadi penghasilan ya.
      Kayak hobi shoping, justru bisa banget tuh dikembangkan jadi pebisnis yang lebih profesional, karena lebih menguasai pasar, lebih mengetahui seluk beluk penjual, dan minat pembeli :)

      Saya bahkan salut banget ama teman-teman yang hobi shoping dan detail itu, saya mah kalau shoping seringnya kayak cowok.
      Datang, cari, suka, beli dan kabur.
      Takut ketemu yang lebih bagus dan murah lalu sedih hahaha

      Delete
    2. Mbak Rey belanjanya ikutin emosi, ini jadi makanan empuk SALE.
      Jangankan Mbak, aku yang biasa jualan dan udah hafal itu hanya strategi aja sering juga kena.

      Cuma suami ini sering jadi satpam, kalau udah mau beli apa pasti ditanya:
      1. Yakin?
      2. Butuh gak? ntar ga dipake lagi?
      3. Katanya duitnya mau dipake jalan sama Zafa aja?

      Wakakka....heran ini lelaki bawel banget kadang. Tapi, kadang menyelamatkan juga. Makanya dengan bisnis sekarang aku happy karena setiap pegang HP yang ku browse ya gitu barang-barang, menarik, bikin offer, hahaha.

      Lha, aku malah salut ini sama teman-teman yang bisa jadi profesional blogger, dapat uang dari apa yang dia tulis. Aku melakukannya sih, tapi aku picky, kesannya sombong. Padahal nggak! Aku soalnya kalau ga suka itu ga mau juga ngereviewnya. Emak-emak blogger Bali nuduh aku ga butuh duit, gila apa kga butuh duit, ye gak? Hahaha.

      Delete
  5. wah personal shopper sempet menjadi impian saya mbak, tapi mungkin belum rezeki nya disana. Beberapa temen ku sudah berhasil menjadi personal shopper dari orang - orang "penting".

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOh, di kota besar kayanya personal shopper bisa diterima ya Mas Adhe? Kupikir lah hanya di Drakor aja, hahha.

      kalau aku dulu malah jadi personal shopper bossku di kantor. Apalagi kalau istrinya sedang keluar kota, sampai bahan makanan pokok aku harus bejanjain.

      Delete
  6. Mantap lho mbak sukses selalu ya aku jg lagi nyari ide jualan online apa yang nyaman di aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jualan yang modalnya ga banyak aja, Mbak.
      Misal gabung reseller dan pilih product yang Mbak suka.
      Jualan apa yang kita suka lebih mudah.
      Good luck yaaa

      Delete
  7. Wah menarik tulisannya mbak..
    Emang paling enak itu mengerjakan hobi yg dibayar

    ReplyDelete
  8. Jaman online, apa saja bisa jadi duit atau sumber pemasukan. Thanks infonya

    ReplyDelete
  9. Hobi yang dibayar mah siapapun mau atuh ya. Lebih fleksibel, lebih senang dan pastinya bahagia karena apa yang kita lakukan bikin happy dan menghasilkan tbhngan

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak peluang kerjaan ya?
    Asalkan semangat dan ulet. Pasti sukses

    ReplyDelete
  11. ada beberapa istilah nama pekerjaan yang tidak saya kenal. Tapi emang ya dimasa depan itu banyak bermunculan pekerjaan yang tidak dikenal di saat ini.

    ReplyDelete
  12. wah seru juga yaaa itu profesi shoppers yang digaji, kaya personal shopper. jaadi bisa menyalurkan hobby belanja kan tuh.

    ReplyDelete
  13. Huaaa ... Mbak Hani keren banget. Aku malah belum terpikir lho soal itu semua. Duh, ini kepala sudah terlalu fokus sehari penuh sama chart-chart saham di bursa, wkwkwk ...

    Tadi waktu Mbak Hani menyebutkan trader, lho kukira trader saham juga. Baru aja mau ajakin toss bareng, hihihi ...

    Jadi, sebenarnya peluang menjemput rezeki itu banyak banget dong, ya. Tinggal kitanya aja mau membuka wawasan atau nggak dan mau mencoba atau nggak.

    ReplyDelete
  14. Keponakanku ada yang freelance personal shopper nih mbak, seru aja gitu liat kerjaannya. Hunting barang kesana kemari, belanja dimana sambil jeprat-jepret, terus ada yang nitip order, ada yang minta dibelanjain. Profesi ini memang kayaknya sekarang makin berkembang utamanya di kota besar, karena kadang mau belanja barang tertentu di online itu kan kurang sreg, nah lewat personal shopper apalagi kita kenal dan percayai, bisa memudahkan dapetin barang yang kita mau.

    ReplyDelete
  15. Nah, kalo browsing dan shopping untuk alasan-alasan profesi di atas mah seru mba. Gak serunya itu browsing dan shopping yang memicu impulsive buying. Hehehe.

    ReplyDelete
  16. Hehehe sambil menyelam, minum air. Seru juga ya kalau hobi bisa jadi mata pencaharian juga. Hobi tetap tersalurkan

    ReplyDelete
  17. Kadang bworsing dikirana cuman main main doang ya Mba Hani
    Padahal kia juga sambil nyari penghasilan wkwkwk biasr bisa shoping

    ReplyDelete
  18. Jastip barang branded juga sekarang banyak diminati ya. Berasa jadi tukang belanja gitu, padahal titipan orang, hehe. Etapi ada kepuasan tersendiri jika klien puas dengan barang yang kita pilihkan lho.

    ReplyDelete
  19. Seneng banget kalau hobi bisa menghasilkan uang yaaa. Dan ternyata modal browsing dan kuota internet, kita bisa melakukan banyak pekerjaan juga :D

    ReplyDelete
  20. Aku beberapa kali belanja online untuk jadi duit. Terkadang nggak belanja dulu. Ngelirik2 alias window shopping di situs belanja online luar negeri.. lalu aku jual ke teman2ku atau ke medsos. jadi mirip kayak Dropship gt yaa. Kalau ada yang beli, baru deh aku belanja.

    ReplyDelete
  21. Hahaha seru ya hobi belanja dan dibayar.tmnku juga ada tuh, hobi belanja, lalu dia kerja di bidang procurement. Bahagia kali diaa

    ReplyDelete
  22. Benar mba, hobi yang berbayar itu sangat menyenangkan. Bahkan bisa terhindar dari stres dan tekanan kerja seperti pekerja pada umumnya.

    ReplyDelete
  23. Benar mba, hobi yang berbayar itu sangat menyenangkan. Bahkan bisa terhindar dari stres dan tekanan kerja seperti pekerja pada umumnya.

    ReplyDelete
  24. Setuju banget.. pekerjaan impian adalah hoby yg dibayar 😍 kalau sudah hoby, pasti mengerjakannya dengan senang hati dan tanpa beban.. saya pun sekarang memutuskan untuk resign dari kantor dan memilih menjadi freelancer karena hoby ngeblog dan review produk kecantikan 😊

    ReplyDelete
  25. Wah hoby yang membutuhkan banyak uang sekaligus menghasilkan uang nih mbak... tapi emang benar kalau kita melakukan hobi dengan serius pasti akan ada hasilnya meski hasilnya tidak harus berupa uang

    ReplyDelete
  26. Nah ternyata hobi shoping juga nggak cuma nguras dompet tapo bisa juga membuahkan penghasilan ya. Dan so pastinya menjalankan hobi yang bisa mendatangkan income menyenangkan ya Mbak. Sukses for bisnisnya.

    ReplyDelete

Hai,

Terima kasih sudah membaca.
Silahkan tinggalkan komentar dan pendapat kamu di sini.

Terima kasih dan Salam Hangat dari Bali!

Cheers,