Blogwalking Bagian Dari Aktifitas JUMPER Blogger!



Aku tuh kalau boleh punya kemampuan supranatural dan boleh memilih. Aku akan memilih sebagai "Jumper" tahu kan film Jumper? Yang bisa melewati ruang dan waktu. Dia bisa melompat ke masa lalu, masa depan atau saat ini dalam situasi lain sehingga dia mampu melihat semuanya.

Tapi….wait, Jumper ini termasuk kekuatan supranutaral atau bukan, ya? Yang pasti kalau beneran ada aku mungkin akan bergabung dengan X-MAN! Hahahaha.

Keuntungannya buat aku apa menjadi Jumper?

Aku orangnya banyak mau. Kepalaku isinya banyak. Sehingga apa yang aku angankan tidak jarang banyak yang terlewat, bolong. Alangkah senangnya kalau aku bisa menambal yang bolong-bolong dengan kemampuan tersebut.
Baca Juga: Blogging is Part of My Life Journey
Tapi, back to real world, aku ga punya kemampuan sebagai Jumper melainkan sebagai blogger. Sehingga instead of  jumping here and there aku bisanya blogwalking, hahahaha.

Bolong-bolong macam apa yang bisa aku tambal dengan blogwalking?

1. Networking

Kalian tahu, aku aslinya orang rumahan yang emang suka berdiam diri dengan membaca, menulis, kadang hanya nonton TV.

Nah, beberapa waktu sepertinya terlewatkan dengan sia-sia, maka aku menggantinya dengan blogwalking. Hal ini membuatku memiliki mindset seperti ini dalam blogwalking "aku datang, baca, ninggalin komen artinya aku ingin sekali berteman dengannya, tapi kalau dia ga mau menyambutnya ya ga apa karena dia punya hak memilih siapa-siapa buat jadi temannya".

Ini membuatku selalu berkeinginan blogwalking ke beberapa blog tanpa berpikir entar dia kasih kunjungan balik ga, ya? Because I am a jumper blogger, hahahahaha.

2. Different Insight

Biasanya aku punya insight akan sesuatu, dan aku berpikir aku sudah benar. Atau aku berpikir kalau insightku itu udah paling keren. Ternyata, saat blogwalking aku bertemu insight yang berbeda dari sahabat lain, yang otomatis membuatku harus memperbaiki insightku terhadap sesuatu tersebut berubah.

3. Mendapat Informasi

Yang ini jelas, karena kesibukanku menyiapkan penawaran, visit hotel, bikin rekap aku jadi missing banyak informasi. Di sela-sela waktu yang kusenggangkan aku blogwalking dan mendapatkan informasi yang ga pernah aku cari sebelumnya dari blog kawan. Dan lagi informasinya biasanya disajikan dengan bahasa yang lebih enak sehingga lebih masuk.

Buat aku membaca informasi yang mudah difahami itu memang penting soalnya aku bukan type penghafal.

4. Belajar

Pada akhirnya aku banyak belajar dari tulisan-tulisan teman-teman. Baik tulisan di blog mereka atupun di kolom komentar mereka. Ini menarik sekali.

Mungkin secara pengetahuan pelajaran yang kudapat ga banyak tapi aku bisa belajar membaca orang dari setiap tulisannya, belajar bersikap dan menyikapi. Belajar budaya, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Mengenal Blogger Dari Sudut Pandang Marketing
Yang ga kalah penting, di sini aku belajar bagaimana berkomentar dengan tulus ga hanya sebatas menggugurkan hutang (karena merasa harus melakukan kunjungan balik)

Ak suka berinteraksi dengan orang, menjadi dekat. Sebab, memiliki banyak teman membuatku lebih kaya.

5. Banyak Rejeki

Orang bilang silaturahmi itu memperpanjang umur dan juga nambah rejeki. Ga jarang kan dari blogwalking nemu informasi lomba, informasi tentang satu instansi, atau hal lain yang ternyata membawah kita ke dalam satu peluang besar.

Sahabat, apa hal paling berkesan yang kalian dapat dari Blogwalking?

28 comments:

  1. Dan 2 mingguan ini aku merasa dekat dengan Mba Hani, walaupun belum pernah komunikasi secara tatap muka langsung. To be honest setiap membaca artikel dari mba Hani, selalu banget deh bisa buka wawasan aku ttg banyak hal, ya salah satu nya postingan di blog ini, yang menyatakan bahwa kegiatan blog walking diiringi dengan komentar yang tulus tanpa lagi memikirkan dapat kunjungan balik / tidak. Keep a giod work and inspiring yah Mba Hani, semoga aku bsa dipertemukan dengan Mba Hani. Hehe thankyou anw ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aamiin...kalau ke Bali kabarin yaa....biar bisa kopdaran kita.
      AKupun demikian merasa dekat aja meski hanya via komen-komenan, hahhaah

      Delete
  2. Blogwalking bisa menambah insight seperti yang mba bilang hehe, karena dengan blogwalking saya jadi kadang tau info-info terkini yang mungkin saya lewatkan. Plus jadi tau sudut pandang orang lain terhadap suatu berita maupun masalah~ :D

    Blogwalking juga menambah teman hehe meski nggak bertatap muka tapi seenggaknya bisa saling mendoakan dalam kebaikan dan saling memberi inspirasi satu sama lainnya. That's why saya masih senang melakukan blogwalking sampai sekarang :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itu, Mbak...
      hahahha inspired each other.
      Aku kalau udah BW dan merasa nyaman biasanya nyari dan telusuri semua post dan drop komen hahahha

      Delete
  3. Yaa dengan BW kesetiap blog, setidaknya kita mendapat ilmu yang bermanfaat. Atau kita bisa juga tukar pendapat Dan banyak juga sih, Seperti yang sudah dijelaskan diatas.😄😄

    Bahkan cuma karena BW atau sebuah blog saya bisa kopdar dengan beberapa blogger yang ada dijakarta. Bahkan sudah tiga kali kami kopdar.😄😄

    Jadi bisa makin dekat deh, dan dari dumay menjadi duta. Akhirnya tahu deh, iihh siAnu aslinya jerawatan, iihh siAni hidungnya pesek.😂😂😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan hasil kopdar, nanti kalo bisa ngutang kalo tanggal tua ya kang satria.😂

      Delete
    2. Serem kali kalian Ha ha ha

      Delete
  4. Sebagai blogger hal yg menyenangkan dari bw adalah bikin da pa meningkat, hehehe...

    Maafkan saya yang slow respon dengan blogwalking. Maklum waktunya rebutan sama urusan dalam negeri hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga se-aware itu sama DA/PA tapi aku tahunya kalau rajin nulis Alexa rampinhg hahahha.
      Maklum blogger jaman PR ngomongnya ALEXA, xixixixi

      Delete
  5. Saya suka blog walking karena bisa nambah teman dan wawasan. Membaca blog orang lain ada keasyikan tersendiri. Kadang saya larut dalam ceritanya. Seruuuu pokoknya.

    Mba, kayaknya dulu sempat ada julukan ratu blogwalking saking banyaknya komen blogger tersebut di mana2. Seiring blog dimonetisasi, kayaknya mereka jadi jarang blogwalking lagi. Entahlah benar enggaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha...masak sih ada label gituan? aku malah baru t ahu lho...aku dulu suka aja BW apalagi pas masih kerja, di kantor pas santai dikit buka browser hahaha

      Delete
  6. Dulu aku jarang blog walking sih karena hanya fokus menulis artikel saja. Tapi sejak beberapa teman dari mywapblog (sebelum ngeblog di blogspot) pada blog walking aku juga semangat BW juga. Tentunya banyak manfaat dari kegiatan ini, nambah teman dan nambah ilmu pastinya.😃

    ReplyDelete
  7. membuak insight baru itu yang enggak didapatkan di media lain
    cuma di blog yang bebas bercerita apapun kita bisa dapat hal baru
    dapat belajar hal hal remeh tapi mengena banget

    terimakasih buat mbak hanila yang konsisten BW di blog aku
    cerita blognya juga asyik asyik.,..

    salam hangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Ikrom.
      Keep blogging and inspiring yaa....

      Delete
  8. aku juga senang blogwalking mbaa..
    dari blogwalking bisa punya banyak teman, pengetahuan bertambah, bahkan kadang-kadang otak yang lagi buntu ini, seketika mendapat ide tulisan saat lg bw.. hehe.. dan yg menguntungkan sih, bw bisa naikkin da dan pa blog. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak terutama teman ini ya...
      Aku merasakan banget kalau dapat banyak teman dari BW.

      Delete
  9. Saya sukaaa banget blogwalking natural atau organic atau apalah namanya itu hahaha.
    Soalnya saya nggak terikat harus baca postingan yang mana, saya suka ubek-ubek dan nyari sendiri, dan kalau nyari sendiri, saya selalu baca dengan seksama, soalnya menarik hihihi :D

    Btw, dalam blogwalking, kayaknya saya udah lumayan khatam kali ya atau lumayan menghilangkan baper kali ya, saya sering banget (kalau waktunya memungkinkan, atau memang saya butuh sebuah informasi) blog walking ke blog-blog baru, dan saya pasti ninggalin komentar, dan sama sekali nggak berharap dibalas komen.

    Dan setuju dengan point banyak rezeki, kadang kita bosan gitu komen di postingan berbayar, tapi sebenarnya ada sisi baiknya loh, soalnya klien yang bayarin itu biasanya pada bacain komennya, dan bukan tidak mungkin bakal memilih satu dua orang dari komen tersebut buat diajak kerjasama juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak Rey....
      sayapun begitu.
      Pkok luang di sela-sela pekerjaan saya pasti nyari-nyari blog yang akan saya kunjungin. Paling suka yang bahasannya ringan, maklum kemampuan otak ya segitu aja, hahaha.

      Dan saya aslinya suka berbalas komentar cuman kadang karena keterbatasan waktu yang saya punya jadi ga bisa. Karena saya suka ngobrol,. Xixixixixixi.

      Delete
  10. Waah, salam dari Bali bagian Denpasar Selatan, hehe..

    ReplyDelete
  11. Saya sudah tahu tentang blog dari dulu sebenarnya tapi tak ada niatan nyemplung kesitu. "Karena buat apa? Lagian saya tidak pandai menulis." pikir saya saat itu.

    Pada awal bulan di tahun baru ini, saya justru jadi punya keinginan untuk membuat blog sederhana, dengan niatan sebagai media untuk mencurahkan atau membagikan apa yang ingin saya bagikan. Kemudian saya cari banyak hal di gugel mengenai blog ini. Salah satunya agar mendapatkan pengunjung. Salah duanya adalah SEO dan blogwalking.

    "Blogwalking buat apaansih? Emang ngefek?" pikir saya, jadi saya skip dan cari tahu lebih banyak tentang SEO. Namun nihil, mumet sekali. xD

    Akhirnya coba-coba deh blogwalking, awalnya supaya dapat kunjungan. Tetapi setelah melakukannya, menjelajah berbagai blog, nyasar sana-sini, asik juga. Apalagi ketika saya nyasar ke blogger sepuh, yang sudah bertahun-tahun, bisa begitu konsisten, berkesinambungan melakukan posting, dari awal postingannya yang halu wkwk hingga memiliki banyak pengikut. Itu sih keren banget menurut saya.

    Dan saya setuju dengan poin-poin yang mbak Hani sebutkan diatas. Apalagi poin no 4. Itu bener banget. Selain saya bisa belajar mengenai kepenulisan, saya juga bisa belajar banyak hal lainnya. Seperti pengalaman dalam konsistensinya menulis blog.

    Waduhh maaf malah jadi panjang begini whahaha. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seneng sekali Mbak mau berbagi di sini.
      Secara pribadi saya ini ngeblog hanay sekedar ingin menulis tapi menulis tanpa dibaca orang pesan ga sampai juga, ini serba salah. Namun, saya inginnya santai saja sebab its not priority istilahnya.

      Prioritas saya nulis saja dulu yang bagus-bagus sebagai jurnal, lalu networking dengan blogwalking. Sedang SEO saya saat ini ga bisa melakukannya karena itu takes time dan butuh fokus. I have something else to focus on :D. (agak sombong ya? hahahaha)

      Tapi, begitulah....Yang jelas kita tahu manfaat menulis buat diri kita sendiri dulu agar memnberi manfaat buat orang lain.

      Delete
    2. Btw, saya laki-laki. xD
      Betul mbak, agak serba salah juga sebenarnya, tapi ya kalau suka menulis dan senang melakukannya mending lakuin aja, jangan mikirin pengunjung yang banyak dulu, soalnya kalau begitu nanti niatannya jadi berubah, kalau gak sesuai ekspektasi pasti motivasinya langsung turun. Padahal kan emang gak bisa se instan itu. Mie instan aja harus ada usaha dulu biar bisa dimakan.

      Setuju sing penting ada manfaatnya dulu buat pribadi, perihal SEO itu memang mumet, butuh waktu dan harus dilakuin secara berkesinambungan. Mending fokus ke hal yang lebih penting dulu whahaha. xD

      Delete
    3. Ya Tuhan,
      Maafkan....hahaha, mungkin karena kebanyakan blogger di lingkaran saya cewek ya.... :D

      Begitulah pada fitrahnya perempuan itu harus mengeluarkan more and less 25rb kata perhari makanya banyak blogger cewek yang isi blognya curhatan, mirip blog saya ini :D.

      Jaman belum ada monetize ngeblog itu kegiatannya ya nulis + BW saja. Kalau sekarang kan macem-macem dan memang untuk blogger kaya saya pun kadang ga bisa nolak, takut kualat kalau nolak rejeki :D asal tidak bertentangan hati nurani ada job akhirnya ya saya terima. Ya, hitung-hitung buat bayar domain, hahahaha.

      Delete
    4. Gpp mbak saya sudah terbiasa. :'

      Betul banget mbak, saya pernah baca buku nya Allan & Barbara Pease, memang perempuan itu selalu mampu mengeluarkan banyak kata (ngomong) apalagi jika ada sesuatu yang mengganjal xD, nanti saya bakalan review juga buku-bukunya cuma nunggu mood. xD

      Iyalah mbak, toh memang namanya hidup yaaa pasti butuh yang namanya rejeki. xD Selama diperoleh dengan cara yang baik, why not? hehehe.

      Delete
    5. Ditunggu lho review-review-nya.

      Sebenarnya ketimbang fiksi saya lebih suka buku-buku tentang ilmu psikologi modern, self development, philosophy, ya kalau pun fiksi yang berdasarkan riset dan based on true story dengan moral value yang tinggi atau ada nilai philosophy-nya. Seperti buku-buku Mitch Albom.

      Delete
  12. Setuju apalagi lintas tema blog. Informasi makin beragam dan rekan rekan makin bertambah.

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo