Blogging is part of my life journey



Blogging is part of my life journey, sejauh itukah? Aku bukanlah blogger professional. Aku hanya orang yang suka menulis, berbagi cerita, berbagi pendapat dan ingin eksis di sebuah media yang bernama BLOG.

Mungkin orang bisa mengatakan kalau isi blogku hanya “Curhat Hore” very well said. Awal aku ngeblog emang itu isinya. Tapi, Hanilacorner.com ini tujuannya beda. Aku ingin menyalin yang aku bagikan di WAG marketer DeZavo. Walaupun pada kenyataannya, aku tidak dapat menyalin semuanya. Yang ada aku jadi sharing juga tentang parenting. Sudah naluriah perempuan yang telah menjadi ibu rupanya, sekali ada yang nanya langsung ketagihan untuk membagikannya.

Beberapa saat lalu, aku sempat berpikir kalau aku ga akan balik lagi ngeblog seperti sekarang. Kalau pun kangen nulis di blog, paling aku posting saja di blog Pendar Bintang yang isinya ga kalah gado-gado tapi sudah mengantarkanku pada banyak cerita hidup.
Bertemu sahabat, menjadi keluarga, mendapatkan kesempatan belajar, mendapatkan peluang usaha, sampai pada bonus yang bernama materi walau ga banyak. Semua sudah kudapat dan kurasakan dari blogging.
Blogging sama dengan networking, makanya tak peduli seberapa jauh aku menolak untuk melakukannya, tetap aku terdorong untuk melakukannya.
Baca Juga: Mengenal Profesi Blogger Dari Sudut pandang Marketing
Keuntungan Materi Adalah Bonus

Karena aku bukan blogger professional, jika tiba-tiba aku mendapatkan keuntungan materi sebenarnya itu adalah bonus dari apa yang aku lakukan.

Bukankah kita selalu mendapatkan nasehat dari orang tua kita:
Apa yang kamu tanam itu yang akan kamu tuai. Berbagilah terus, maka kamu akan mendapatkan keuntungannya dari arah yang tidak pernah kamu dugah.
Jadi, prinsip aku menuliskan pengalamanku selama ini di luar curhat akan kerisauan dan kegalauan adalah menuliskan jawaban yang mungkin saja orang cari. Berbagi.
Sebagai contoh: Pertama kali aku terjun ke dunia sales dan marketing, sangat sedikit referensi tentang hal ini buat pemula. Kalau pun ada semua dalam Bahasa Inggris yang aku yakin tidak semua orang mudah memahami. 
Dan untuk situs Indonesia pun kebanyakan pembahasannya sedikit membosankan karena memakai Bahasa-bahsa akademis yang susah difahami oleh orang seperti aku yang tidak memiliki background Ilmu Ekonomi atau Management.

Akhirnya aku berpikir, kalau aku harus bagikan ilmuku ke siapa yang mau belajar. Ilmu yang kudapat adalah hasil dari pengalaman praktek di lapangan langsung, jadi bukan sekedar teori. Harapanku, ada orang yang seperti aku dulu mudah bisa mendapatkan referensi.
Saat orang berpikir, mungkin yang aku tulis membosankan aku hanya berpikir, nanti pasti ada yang merasa terbantu dengan apa yang aku tulis. Semua ada waktunya.

Gara-gara prinsip aku itu, aku beberapa kali mendapatkan reward dari apa yang aku kerjakan. Tidak besar banget tapi lebih besar dari angkah yang ditawarkan oleh beberapa agent ke influencer jaman sekarang. Reward terbanyak itu aku dapat di saat aku hamil dan saat Zafa masih bayi.
Baca Juga: Romansa Narablog
Aku bilang terbesar, karena dari sana aku memenangkan beberapa lomba yang uangnya bisa aku pakai acara 3 bulanan, 7 bulanan. Bahkan sampai dapat ponsel baru. Saat Zafa bayi, kami pun banyak mendapatkan product buat si bayi. Sampai suami menegur “jangan jadikan anak komodity, lho…” Dia benar. 

Tapi untuk ibu-ibu, anak-anak rasanya selalu menjadi bahan menarik untuk blogpost, IG post, FB post bahkan twitter, benar tidak sih?

Maka untuk sekarang aku tetap pada prinsipku. Tapi, meski demikian aku selalu punya target. Kalian tahu, kan? Aku sales. Sales itu mencintai target. Sales itu selalu menciptakan target dalam setiap aspek kehidupannya. Seperti Desember kemarin aku pasang target, paling tidak aku harus menang satu lomba. Alhamdulillah, aku menang meski hanya juara 3 ya gak apa. Dapat 2juta lumayan. Harus disyukuri. Bulan ini targetnya one day one post di sela kesibukan yang alhamdulillah sibuk banget, hahaha. Does it work? Check saja kolom arsip, hehehe.

Seorang sales seperti aku ini ga pernah terbebani dengan target. Malahan, akan merasa terbebani jika melakukan sesuatu tanpa target. Xixixixi.

Keep Blogging and Be Happy!

39 comments:

  1. Bikin target blogging aja mbak.
    Spt ikut one day one post gitu.

    ReplyDelete
  2. Kalo aku ngeblog untuk apa ya?

    Awalnya sih pengin dapat duit, tapi karena belum dapat² maka hanya menyalurkan hobi menulis saja sambil becanda sesama blogger.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Sekalian nyari Rongdo juga kang.😄😄

      Delete
    2. Kalo itu namanya bonus kang..🤣

      Delete
  3. Yaa tentang dunia blogging orang tentunya punya kesan sendiri menyigapinya.😄😄

    Meski terkadang ada beberapa orang yang punya penghasilan dari dunia blogging tersebut. Diantaranya pasang iklan Adsense, atau buat blog binis dan sejenisnya seperti yang telah dijelaskan diatas.😄

    Namun alangkah baiknya bila semua itu tersalurkan berbarengan dengan hobi, seolah blog kita itu penuh warna dan terkesan hidup.

    Tetapi apapun itu semuanya ada pada diri kita masing2.😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau adsensku cuma hiasan ini, Bang hahajhaa

      Bener, alangkah indahnya jika blog juga ngehasilin ya? Hahaha

      Delete
  4. Anak komoditi. wah bener juga. Sepertinya Fahmi anak saya nih termasuk anak komoditi hehehe...

    ReplyDelete
  5. Waahh, kece banget dirimuuu Mbaaaa
    TIDAK terbebani dgn target, tapi justru terbebani kalo melakukan sesuatu tanpa target!
    Kece bangeettts!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak...kayanya ada rasa nggak nyaman jika melakukan sesuatu tanpa target.

      Delete
  6. Kalau targetnya sebulan 1 tulisan, mba Hanila sudah sukses bangetttt hahaha. Soalnya targetnya sudah tercapai dari kapan tau kan yaaa :D

    Buat saya, blogging juga a part of my life journey. Senang saja rasanya menulis, menumpahkan isi pikiran dan hati :P kalau ada yang baca syukur, kalau nggak ya nggak apa-apa juga. Yang penting punya penyaluran perasaan dan pikiran ke sebuah media tulisan agar nggak ketumpuk di otak :D Sebenarnya hal yang paling menyenangkan dari blogging itu justru bagi saya adalah blogwalkingnya, membaca tulisan teman-teman dan mendapat ilmu dari sana :>

    Jangan berhenti ya mba, you are one of my favorite soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha
      Ada yg baca syukur gak juga gpp, thats really me hahaha

      Delete
  7. aah mba hani pinter banget kalo untuk menginspirasi orang deh. Anw salut deh sama mba hani, kereen pencapai - pencapaiannya. Dan oiya setuju banget kalo materi yg didapet dari nulis itu adalah sebagai BONUS. Keep inspiring people mba hani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. You too, Mas Adhe...so inspiring. Please keep writing yaa.. .kutunggu updatenya.

      Delete
  8. Wkwk sama. Aku pun sempet dibilangin adik2ku katanya 'eksploitasi anak'. Tapi mereka becanda sih..
    Duuh, kalau mbak nya masih merasa bukan blogger profesional, lah aku apa dong? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasalah kalau anak bantu ngehasilin duit pasti dibilang arahnya kesana hahahah

      Delete
  9. target itu kadang penting untuk memacu kita lebih produktif mbak. coba yuk, mulai dari yang kecil aja.

    ReplyDelete
  10. Target yang Keren
    Saya juga sedang berjuang untuk odop, tapi nampaknya bakal gagal :D :D

    ReplyDelete
  11. Aku setuju mba sama kalimat walaupun yang ditulis saat ini dirasa membosankan, siapa tahu suatu saat nanti dibutuhkan dan bisa berguna untuk orang lain. Keren ih target mbanya, dan udah sering menang lomba blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak..lomba santai saja. Berhrap menang tapi insyaallah dengan ikutan lomba sudah menang lho :D

      Delete
  12. Yang penting setiap apa yang kita kerjakan bener-bener harus sesuaikan dlu dengan passion kita. Kalau pake passion saya rasa dijalani dengan asyik aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti, mbak...
      Aku sih jarang melakukan sesuatu yang ga aku suka karena butuh pendorong

      Delete
  13. Untuk sementara ngeblog hanya sekedar hobi saja kalo saya, duit ga dapat.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha
      Just for fun ya..tapi kalau fun dibayar mau kan?

      Delete
  14. Aku sendiri untuk saat ini ngeblog kujadikan sarana supaya aktif dan konsisten menulis.

    ReplyDelete
  15. dari uangkapan tulisan mbak ini aja sudah bisa saya katakan mbak merupakan salah satu penulis professional, tinggal menyesuaikan judul nya aja kok mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih ya support-nya.
      Insyaallah perlahan saja kalau ingin di jadiin profesi, hehehe

      Delete
  16. Saya salut sama rajinnya Mba Hanila. Ngeblog santai tapi rajin banget padahal ga ada target ini itu. Karena sudah terbiasa kerja dengan target jadi ngeblog ODOP kayaknya biasa aja bagi Mba Hanila. Happy blogging ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy Blogging Mbak Pipit.
      Dibawah santai Mbak...target ada tapi tetep santai. Ide itu ga bakal habis kok.

      Delete
  17. saya pun blogger..tetapi sekadar part time sahaja

    ReplyDelete
  18. Barokallah ya Mba. Aku emak Yang urusin rumah tangga suka ngeblog. Alhamdulillah ya Mba. Berprestasi terus. Semangat

    ReplyDelete
  19. Pernyataan terakhirnya gokil, terbebani jika tanpa target

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo