Benarkah Vitamin C Dapat Menyembuhkan Flu?


Benarkan Vitamin C Dapat Menyembuhkan Flu? – Baru-baru ini aku dipusingkan oleh anggota keluarga kecilku yang tekena flu secara bergantian. Tapi, sebagai perempuan yang harus kuat ini benar adanya.

Saat itu suami pulang kantor dan bilang badannya tidak enak, sempat menggigil. And, you know what? It was frustrated karena aku ga bisa nyetir mobil. Si kecil berisik pula “Mom, gimana Mom ke dokternya, Mommy kan belum bisa nyetir mobil?” Yaelah, Nak….I have magic phone here! Ini handphone emakmu bisa melakukan banyak hal! Langsung aku pesan taxi online meluncur ke dokter dekat rumah.

Flu adalah Penyakit Menular

Influenza atau lazim kita sebut FLU merupakan penyakit yang disebutkan oleh virus Influenza yang menular. Gejala-gejalanya bisa dari yang ringan sampai berat. Penyakit musiman yang biasanya timbul di musim pancaroba.

Gejala umum sakit influenza adalah demam, hidung tersumbat, batuk-batuk, badan terasa pegal dan capek, sakit kepala dan otot-oto terasa sakit semua.

Setelah hampir satu mingguan suami sakit flu, gantian si kecil yang biasanya hanya meler saja sekarang disertai dengan panas dan bisa kutebak dia juga kena radang. Emaknya narik bafas panjang dulu. Sudah berkali-kali hampir drop. Domping vitamin C digencarin dan sedikit olah raga.

Maunya ke dokter anak langganan tapi, dokter anak langganan tidak setiap saat buka. Hanya waktu tertentu dan dia praktek di RS yang lumayan jauh dari rumah. Akhirnya kami bawa dia ke RS terdekat yang ada dokter anaknya. Masyaallah, antre! Tapi, Alhamdulillah kami ga pakai BPJS ataupun Asuransi seperti biasanya jadi bisa cepat alias didulukan. Ini RS swasta, lho!.

Sampai rumah seperti biasa, kami berdebat masalah obat yang dokter berikan.

Karena Zafa mendapatkan obat yang ada kandungan Ibuprofen sebagai peredah demammnya, awalnya aku ga mau kasih. Sebab, dokter anaknya pernah kasih edukasi bagaimana effect samping Ibuprofen yang membuat bayi gelisah. Suami ingatkan, Zafa udah bukan bayi dan beda Paracetamol dan Ibuprofen itu meski sama-sama meredahkan sakit-sakit serta panas tapi Ibuprofen bisa menghilangkan juga penyebabnya.

Akhirnya, kami berikan obat tersebut. Tapi, malah obat puyer untuk Flu dan Antibiotik ga kami kasihkan. Kami kadang bertindak sok pinter dari dokter itu sendiri. Tapi, Alhamdulillah dengan satu obat itu Zafa sembuh dalam 3hari. Tinggal batuk-batuknya.

Benarkan Vitamin C Dapat Menyembuhkan Flu?

Menurut jurnal kesehatan yang aku baca dari International Society For Orthomolecular Medicine, Vitamin C yang diberikan dalam dosis tinggi memang bisa membantu meredahkan gejala-gejala flu sebab dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang fit tidak akan mudah tertular virus Influenza dan yang sedang terjangkit akan lebih cepat sembuh.

Namun, disebutkan pula jika vitamin ini tidak akan bekerja dengan baik di dalam tubuh kita dan tidak berfungsi maksimal jika tidak dibarengin dengan olahraga.
Baca Jiga: Tips Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Musim Hujan
So, Vitamin C dan olah raga pastinya bisa membantu kita tertular oleh virus Influenza.

Jaga kesehatan, yuk!

12 comments:

  1. Menurut saya vitamin C bisa menjaga imunitas tubuh, sehingga nggak mudah untuk kita terkena penyakit seperti influenza dan sebagainya :D saya sudah empat tahun terakhir rutin konsumsi vitamin C, dan semenjak itu jadi jaranggg sekali sakit hehe.

    Tapi memang harus dibarengi dengan olahraga teratur (atau minimal rutin bergerak) :)) Kalau lagi break dan malas olahraga di luar, paling saya geraknya dengan vacum ruangan atau bolak balik di dalam rumah saja hihi~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Mbak, cuma harus tetep dibarengin olahraga.
      Ya minimal gerak-lah entah jalan mondar mandir pegang vacuum cleaner kaya Mbak :D atau jalan kaki ke grocery shop hahahha

      Delete
  2. Bisa, Mba. Tiap hari saya minum perasan lemon/jeniper alhamdulillah jarang flu. Kalau flu juga cepat sembuh.

    Nah, kesehatan emang menyeluruh ya. Baik dari asupan makanan dan aktivitas sehari-hari. Semoga selalu sehat ya, Mba. Mama harus kuat, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak.
      Mama harus kuat xixixixi.
      Ga boleh sakit karena banyak kali PRnya.
      kalau habis sakit aku tambah sakit rasanya kalau lihat cucian sama suami dimasukin ke mesin cuci tanpa dipisahkan, belum lagi pas angkat jemuran ga langsung dilipat, oh my.....urusan satu ini aku bawel,hahahaha

      Delete
  3. Pernah baca juga, katanya vit c yang mampu diserap tubuh itu ada maksimalnya. Jadi kalo kita konsumsi dosis tinggi sekalipun tetap hanya batas maksimal yang diambil oleh tubuh, sisanya dikeluarkan lagi. Tapi ya gak tau juga bener apa nggaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...itu benar.
      Dan masing-masing tubuh berbeda.
      Ada yang sehari mampu menyerap 1000Mg saja ada yang 2000mg.
      Kalau kebanyakan biasanya keluar lagi dengan berbagai cara, kadang diare :D

      Delete
  4. Owh, jadi biar vitamin C bisa meningkatkan kekebalan tubuh itu harus dibarengi dengan olah raga ya.

    Saya juga tiap hari olah raga, jari tiap hari ngetik aja di blog maupun FB, itu termasuk olah raga juga kan...✌️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas....tapi bukan olahraga jari :D

      Delete
    2. Waduh, terus olah raga apa dong yang bagus tapi penginnya sambil rebahan...:D

      Delete
  5. Lho lho, kok tumben komentarnya di pending. Ada apakah gerangan? 🤔🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sempat kena serangan SPAM bertubi-tubi, lalu suami sarankan buat moderasi dulu sementara. :D

      Delete
  6. Kalau anak saya tetap pakai parasetamol sih, apalagi yang nomor dua ini Alhamdulillah belum terpapar obat dokter sama sekali, setiap kali batuk dulunya saya nggak kasih apa-apa, sekarang palingan saya belikan obat batuk herbal yang dulu saya minum saat hamil.

    Terus siapin sirup parasetamol sih, sama ada beberapa tablet buat kakaknya.

    Kalau Vitamin C yang sering konsumsi itu saya malah, anak-anak minum vitamin macam-macam kalau memang lagi nggak fit atau habis dari mana gitu, biar nggak drop aja sih :)

    Kalau saya sejak dulu, vitamin C kayak doping gitu deh, entah karena sugesti atau apa ya, rasanya kalau udah minum vit C itu jadi lebih fit hahaha

    ReplyDelete

Hai Sahabat,

Terima kasih sudah berkenan datang dan membaca.

Cheers dan Banyak Cinta dari Bali!!

XoXo