7 Tips Tegakkan Disiplin Diri Sendiri


Kata ini seperti satu kekangan bagi yang biasa random atau cuek akan tetapi, jika kita gali lebih dalam lagi sebenarnya disiplin bukanlah kekakangan.....

Sedikit cerita….

Kalau jaman aku sekolah, Papa selalu ingetin bangun pagi, kerjakan kewajiban tanpa harus diingatkan setiap saat. Sholat, bikin PR, bantu Bunda beberes rumah dan belajar ngaji.

Jaman kerja lain, lagi...datang dan pulang agak telat dari jam pulang diartikan disiplin...padahal itu lembur, ga ada bayarannya pula! Hahahaha.



Padahal disiplin itu adalah salah bentuk membiasakan diri melakukan sesuatu tanpa diingatkan, ini sesuatu yang sudah seharusnya ada pada setiap diri seseoarang. Tanpa disiplin, mustahil kita bisa bekerja atau menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Entah itu pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor.

Salah satu contoh kecil saja, membiasakan berdoa sebelum makan, dan membiasakan diri ini juga salah satu bentuk disiplin.

Karena disiplin menyangkut kebiasaan yang (seharusnya) kita lakukan tanpa paksaan dan selalu diingatkan. Awalnya? Pasti susah akan tetapi jika kita terus memaksakan diri kita maka kita akhirnya akan merasa itu sebagian dari diri kita.

Berikut tips agarbisa melatih disiplin dalam hidup kita agar kita bisa memegang control terhadap kebiasaan-kebiasaan dan pilihan kita.

Pertama: Mengenali Kelemahan kita

Mengenali kelemahan ini memang kunci sukses untuk  bisa mendapatkan jalan keluar dari banyak kesulitan, salah satunya kurang disiplin.

Kelemahan kita ga bisa management waktu? Mulai bikin to do list, time table. Dan ikuti time table yang ada.

Kelemahan kita gampang terdistruksi atau susah fokus, ya hindarkan segala sesuatu yang memungkinkan mengganggu atau kemungkikan memberikan distruksi dan seterusnya.

Kedua: Hilangkan dan Hindari Godaan

Godaan itu yang seperti apa? _Contoh: Adalah hal-hal yang kulakukan ga sengaja, aku melakukannya di luar kendali, di luar keinginan.

Jika, kita bisa mengontrol hal tersebut maka kita mula terlatih mendisiplinka diri kita terhadap nafsu sesaat. Melatih disiplin ini memang memakai logika. Tapi, kalau cinta kadang-kadang memang tak ada logika, hahahaha.

Ketiga: Miliki Rencana Yang Jelas dan Miliki Rencana Untuk Eksekusi

Dari goal yang ingin kita dapatkan buat plan, mirip time table, dashboard work flow dan set up target. Oh iya, set up target ga melulu tentang “nilai uang” bisa jadi, targetku selesaikan follow up client di jam sekian. Dan di jam sekian sampai sekian aku akan gunakann untuk update blog, ini misalnya.

Keempat: Bangun Disiplin dari dalam diri

Disiplin seperti skill, harus kita latih, setiap hari dan terus menerus tanpa henti sampai akhirnya kita melakukan seperti kebiasaan lain. Baca juga artikel saya tentang “MembentukDisiplin Diri”.

Kelima: Ciptakan Kebiasaan Baru, membuat semua menjadi lebih simple

Misal kita lagi handed banyak pekerjaan pada satu waktu. Bikin lebih simple, breakdown dan ketahui mana yang bisa dikerjakan lebih dulu mana yang belakangan.

Berpikir cepat. Jangan biarkan pikiran ngeluyur kemana-mana.

Keenam: Miliki back up plan

Artinya bukan sebagai selingan akan tetapi jika plan pertama tidak bisa dan tidak mungkin jalan kita ada jalan keluar agar tetap berjalan di koridor yang kita tetapkan.

Ketujuh: Reward diri kita, Maafkan dan Move On

Saat kita sudah merasakan banyak perubahan dan berhasil mendisiplinlan diri kasih diri kita reward.

Tapi, reward bukan berarti merusak habit yang sudah susah payah dibangun. Reward adalah bentuk lain atas pencapaian yang kita lakukan. Hal yang membuat kita lebih semangat lagi.

Saat sedikit membuat pelanggaran segera maafkan diri sendiri lalu move on dan jangan stuck di situ.


Sedikit cerita lagi....

Belakangan ini aku sedikit atau mungkin sangat tidak disiplin dalam beberapa hal, aku terlalu permissive terhadap beberapa keadaan dan sedang ingin memperbaikinya. Doakan istiqomah, ya…hehehe

6 comments:

  1. Akhirnya bisa komen disini, abis URL webnya ga ditempel di akun Disqus nya seh...

    Menyoal disiplin diri yang tujuh poin itu mah cuma bisa ngjalani enam poin doang, poin no 2 menghilangkan godaan yang susah.... Kalau ga di goda, justru sayah menggoda diri sendiri.... Gimana atuh?

    ReplyDelete
  2. untuk bisa disiplin harus ada tekad dan niatan dalam diri yaa.. aku juga sepakat sama poin2 diatas, terutama poin no.2 menghindari godaan itu penting banget

    ReplyDelete
  3. Saya dididik dengan keras dulu soal disiplin, tapi kadang saya malas.
    Cuman karena udah sering, jadi habbit, mau semalas apapun saya, disiplin harus ditegakan hahaha.

    Nah yang paling sulit adalah, mengajarkan disiplin pada anak, bikin saya pengen nyerah aja demi kewarasan, tapi nggak boleh hiks

    ReplyDelete
  4. Kadang kita disiplin dalam satu hal tapi tidak hal yang lain. Misalnya disiplin soal kebersihan tapi tidak soal pola makan

    ReplyDelete
  5. Tipsnya recommended banget untuk aku yang sering nunda-nunda ngerjain skripsi, hiks

    ReplyDelete

Hai,

Terima kasih sudah membaca.
Silahkan tinggalkan komentar dan pendapat kamu di sini.

Terima kasih dan Salam Hangat dari Bali!

Cheers,