7 Manfaat Tape Singkong

Manfaat Tape Singkong - Masih tentang makanan hasil fermentasi. Kalau waktu itu aku cerita aku suka sama Yogurt yang asal muasalnya susu segar di frementasi, nah sekarang aku akan bercerita tentang singkong yang difrementasi alias Tape.

Yang terkenal memang Tape Bondowoso, akan tetapi kalau yang ada di jual di mobil-mobil pick up di Bali ini sepertinya bukan Tape Bondowoso asli karena aku pernah beli 4 besek rasanya asem dan juga banyak yang keras. Kalau di Bali, sih kita bisa belo tame madu yang rasanya emang manis. Di pasar, tukang sayur juga bisa dengan mudah didapetin.

Makanan olahan tape favoritku adalah jus tape, bolu tape, proll tape, tape goreng atau rondo royal atau cuma dibuat wedang tape. Rasa asem dengan paduan alkohol hasil fermentasi di dalamnya itu bikin badan anget dan juga rasanya ga biasa.

Nah, tape ini ternyata banyak manfaatnya, lho. Ingin tahu apa saja manfaat tape?

a. Baik buat pencernaan karena kandungan probiotik atau bakteri baik di dalamnya yang otomatis mempengaruhi kesehatan usus

b. Mengandun karbo hidrat sehingga bisa membantu perut kita kenyang, so bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat

c. Mencegah anemia karena kandungan mikroorganisme yang ada di dalam tape singkong dapat membantu produksi vitamin B12 dan kalsium dalam tubuh

d. Mengandung banyak nutrisi untuk tulang dan sendi

e. Bagus juga untuk kesehatan kulit karena mampu mentralisir racun dalam permukaan pori-pori dan mengeluarkan racun dalam tubuh

f. Sama dengan yogurt, tape juga bisa meredakan sakit lambung seperti asam lambung naik, maag

g. Membantu menghangatkan tubuh

Bagi orang yang tidak suka tape singkong dan ingin mencoba konsumsi tape, mungkin bisa dicoba dengan bolu atau cake tape yang lembut. Kalau dari pengalamanku, hampir semua bolu tape memakai tapi yang manis sehingga membuat rasa bolu atau cake tape ini benar-benar kaya akan rasa. Ada manis, asam hasil fermentasi dan sedikit addictive karena rasanya yang nggak biasa, hehehe.

Sebenarnya olahan tape ini banyak sekali, seperti halnya pisang, coklat dan beberapa makanan dengan rasa yang kuat lainnya. Tapi juga bisa dipakai untuk dodol, kue apem, donat dan juga makanan enak lainnya yang membuat tape singkong ini betul-betul naik kelas.

Apa ni, oalahan tape favorit sahabat? atau olahan tape apa yang sahabat pernah makan, bagaimana rasanya? Cerita dong pengalamannya.




6 comments:

  1. Baru tau kalo ternyata tape punya banyak manfaat. Nice info mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak manfaatnya.
      Yang paling aku tahu sedari aku remaja itu bantu sembuhin jerawat.

      Delete
  2. wah aku baru tau ternyata tape mengandung banyak nutrisi untuk tulang dan sendi, terimakasih infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Memang banyaj manfaat. termasuk untuk meredahkan ambience konon.

      Delete
  3. sya suka banget dengan tape, apa lagi dicampur es, atau juga di goreng. ternyata ada banyak manfaatnya juga saya makan tape ini.

    ReplyDelete

Hai,

Terima kasih sudah membaca.
Silahkan tinggalkan komentar dan pendapat kamu di sini.

Terima kasih dan Salam Hangat dari Bali!

Cheers,