PENTINGNYA MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS


Beberapa hari lalu aku agak kaget ditelpon seorang kenalan yang meminta aku jadi pembicara, apa ini kapasitasku? Yang pasti aku tahu, aku sebenarnya hanya pilihan terakhir karena aku termasuk orang yang tidak begitu suka berkomunitas meskipun pada fitranya aku sangat suka berbagi ilmu di manapun. Oleh karena tidak suka berkomunitas makanya, aku banyak menulis saja. Banyak tulisanku yang belum sempat aku bagi di blog ini, semua masih di WORD sebagai draft.

Nah, si kenalan bilang kalau aku diminta isi acara dengan topik pembicaraan “Kegiatan Bisnis dan Kewirausahaan”  sebenarnya materi ini sih emang aku banget. Karena tanap diminta pun aku sudah melakukan kegiatan sharing ini melalui media sosial dan juga group WAG para marketerku. Apalah yang ga mungkin? Berbagi ilmu sih ayo saja. Aku harap ini sebagian dari misiku berbagi. Karena berbagi ga selalu tentang materi, kan?

Sepenting apakah Media Social bagi perkembangan bisnis kita?

“Lebih dari 87% pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktunya di media sosial”

Baik itu Media social facebook, Instagram atau pun media sosial lainnya. Untuk bisnis kami sendiri, DeZavo Indoensia lebih banyak memakai Linkedin karena sebagian besar market kami memang di sana. Yang pasti kami masih percaya kalau Media Social ini memang berperan sangat besar untuk kelangsungan bisnin kami.

PENTINGNYA MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS

  1. Profil di media social kita menunjukkan kredibilitas sejauh mana Kita sebagai probadi bisa dipercaya
  2. Media Social bisa mempengaruhi keputusan pembelian
  3. Aktifitas kita di Media Social bisa mempengaruhi performance bisnis kita di mesin pencari (Example. Google Search Engine)
  4. Meningkatkan exposure atau kunjungan ke link website bisnis kita (jika ada) jika pun tidak kita bisa pasang link di mana kita membuka lapak bisnis kita di dalam dunia maya.
Kegiatan bisnis di Media Sosial memang lebih banyak pada kegiatan sales & marketing yang meliputi; branding, beriklan dan direct selling. Untuk DeZavo Indonesia belum bisa lakukan direct selling karena kebanyakan dealing kami dengan client adalah project yang butuh diskusi panjang, bukan barang ready stock dan retail.

Jadi, ayo manfaatkan media sosial untuk kemajuan bisnis kita!
Next artikel saya akan bercerita pentingnya belajar menulis untuk aktifitas bisnis di media sosial yang juga salah astu materi di sharing saya. Stay tune, ya!



6 comments:

  1. zaman sekarang sudah harus main media sosial ya mbak
    terlebih kalau mau usaha biar lebih berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, karena sebagian besar pasar banyak yang habiskan waktu di Media Sosial

      Delete
    2. yang penting jangan kebawa baper aja ya

      Delete
    3. Hahaha, ya nggak, Om.....tapi suer blm faham ini bapernya kenapa ya?

      Delete
  2. Kalau untuk bisnis, rasanya kok lebih mengena di linkedin.
    Kalau di fb, kayaknya hanya di kepoin doang tanpa respon serius.
    Saya punya segala media sosial, ya demi memperkuat porfil probadi, eh pribadi. Diatas itu juga salah ketikan kan? jadi ikut salah jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bisnisnya, Om. Kalau bisnis baju, makanan retail yang pasarnya banyakan habisin waktu di IG dan FB gak work out kita main di LI. Kalau saya sendiri aktif di LI karena 90% market saya di LI, hehehe. Bahkan banyak project kami dapat dari LI.

      Delete