Crowning Miss Global Bali, Harapan Untuk Peningkatan Wisata Heritage Bali



Bali terkenal dengan pegunungan vulkanik, pantai yang ikonik, terumbu karang, budaya unik, masyarakat religi serta ramah yang menjadikannya sebagai salah satu top destination para traveller di seluruh dunia. Oleh karena itu diharapkan Bali mampu menyumbangkan 40% dari $ 40 miliar devisa negara yang ditargetkan oleh Menteri Pariwisata. Dengan ekspansi-ekspansi pengembangan destinasi wisata-wisata baru di Bali sepertinya sih bukan hal yang ga mungkin, ya?

“Bahkan di pertengahan tahun 2019 ini sempat dinyatakan bahwasannya sumbangan devisa dari industri wisata lebih besar daripada migas. Ini artinya Indonesia memang TOP.”

Target tinggi yang diberikan ke dunia pariwisata Bali, pasti tidak cukup hanya dengan distribusi informasi tentang pariwisata melalui agent-agent di setiap negara di dunia, diperlukan juga seorang duta yang mempresentasikan Bali ke mata dunia. Oleh karenanya melalui ajang Miss Global Indonesia, untuk pertama kalinya Bali ikut serta mengirimkan duta pariwisatanya yaitu Miss Global Bali yang akan dilaksanakan tanggal 14 - 18 November 2019 di Solo nanti.

Pak Irvan Utamin selaku Regional Director Miss Global Bali, di temani oleh para stockholder Yayasan Miss Global Indonesia, ada Pak Heri, Pak Chandra serta  Pak Edi Sunyoto selaku Ketua Asosiasi Travel Indonesia (ASITA) dan Bapak Anak Agung Ngurah Kekarsana yang merupakan perwakilan Puri Agung Blah Batu Gianyar melaksanakan acara crowning pada Miss Global Bali kemarin malam tanggal 19 October 2019 di Outdoor Stage Lippo Mall, Kuta yang dihadiri oleh banyak wisatawan dalam dan luar negeri. Pilihan lokasi yang tepat pastinya karena dapat dilihat bagaimana semua penonton yang hadir ikut bernyanyi dan hanyut dalam hiburan yang disajikan di acara tersebut.

Kami diberikan waktu berbincang dengan Miss Global Bali, Niluh Cintya Nirmala yang kesehariannya merupakan mahasiswi Sastra Inggris Udayana. Dek Cintya, biasa dia dipanggil besar sebagai perempuan Bali hang kental dengan budayanya. Salah satunya tarian Bali. Bikin merinding menontonnya.

Apa saja yang disiapkan oleh Dek Cintya dalam ajang Miss Global Indonesia di Solo nanti? Selain persiapan kostum dengans alah satu designer di Bali yang menunjukkan “Bali-nya” Dek Cintya ternyata juga sudah membekali dirinya dengan literasi-literasi berkaitan dengan heritage dan juga puri di Bali. Kenapa demikian? Seperti kata Pak Irvan, kalau selama ini Bali terkenal dengan wisata pantainya, alamnya kini kita ingin mengenalkan kepada dunia tentang heritage, puri dan budaya Bali yang menjadi kekuatan magis Bali sebenarnya. Karena, jika mengandalkan alam saja maka kita harus bersaing ketat dengan Malaysia, Thailand dan beberapa negara lain yang juga memiliki keindahan alam.

Bahkan, untuk kedepannya Bapak Anak Agung Ngurah Kekarsana yang merupakan perwakilan Puri Agung Blah Batu Gianyar menyatakan akan lebih terbuka untuk umum, sehingga para wisatawan jadi tahu tentang apa-apa yang ada di dalam Puri. Karena jujur, selama ini segala sesuatu tentang Puri (atau kerajaan Bali) bersifat exclusive dan tertutup. Pasti, dengan adanya wacana untuk lebih terbuka kepada umum akan lebih menarik wisatawan untuk mengisi space “wisata heritage” Bali. Karena jujur, Bali memiliki kekayaan heritage yang banyak namun masih tersimpan dengan apik.

Sebagai Miss Global Bali, Niluh Cintya Nirmala ini dalam kesehariannya juga sibuk mengajarkan tari tradisional di hotel-hotel kepada tamu-tamu manca negara. Bahkan dalam acara Crowning ini sempat menampilkan liukan tubuhnya menyuguhkan tarian Bali, sungguh bikin merinding karena sangat menjiwai. Seperti menyampaikan pesan tentang keindahan, keramah tamahan dan keanggunan kepada yang menyaksikan.

Selain tarihan indah dari Miss Global Bali, dalam acara Crowning ini kami semua juga disuguhi "Fire Dance" yang spectacular. Semua berdecak kagum dan hanyut karena benar-benar menyihir kita semua yang hadir di sana, termasuk tamu-tamu manca negara yang langsung antri berswa foto dengan para dancer seusai pertunjukkan selesai.

Kami berharap semoga Miss Global Bali dapat memenangkan Miss Global Indonesia, sehingga dapat mewakili Indonesia di ajang Miss Global Internasional di Mexico dan di sana dapat mewakili Indonesia.

And, I wish I could help more than this.



2 comments: