8 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Aktivitas Bisnis Di Media Social


Menyambung artikel sebelumnya, tentang “Pentingnya Media Social Untuk Bisnis” di sini aku ingin menuliskan 8 hal yang perlu kita perhatikan dalam aktifitas bisnis di Media Social. Yang pasti, ini adalah isi materi yang aku sampaikan di acara “Workshop Digital & Milenial” tanggal 19 October 2019 kemarin.

Ingin Melakukan Aktivitas Bisnis di Media Sosial Apa Yang Harus Aku Lakukan?

1. Lakukan riset terhadap prilaku pasar (calon pembeli) kita.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di medis social mana? FB atau IG? Atau keduanya? Atau Media social lainnya? Misalkan ini, bisnis yang aku jalani sih karena market lebih banyak di Linkedin maka, aku pun lebih aktif di Linkedin dalam branding dan beraktifitas tentang bisnis. Sampai saat ini sudah tidak terhitung orderan yang masuk ke kami gara-gara aktifitas di Media Social Linkedin ini.

2. Mulai Branding diri kita, media social kita dengan product dan bisnis yang kita jalankan.

Hal ini bisa dilakukan dengan sering sharing kegiatan bisnis kita. Misalkan kalau kita bisnisnya produksi kebaya, fotoin proses penjaitan kebaya. Kebaya yang kita proses itu bagaimana, apa keunggulannya. Cerita di Medsos pas kita kirim barang dan sebagainya. Jangan lupa, pakai nama dan foto di profile yang jelas jangan yang alay J

3. Tingkatkan Skill Menulis

Kenapa menulis? Karena dengan skill menulis bagus orang jadi tertarik dan mendapatkan kesan baik terhadap bisnis dan atau product kita. Pandai merangkai kata atau story telling (untuk soft selling), membuat status tapi ujungnya ngiklan. Bahkan jika kita berkiprah di Vlog atau Youtube pun kemampuan menulis dibutuhkan untuk penulisan skrip. Tentunya kalau ingin video terlihat professional.

4. Belajar Ambil Angel gambar yang bagus dan sellable

Ini kan bisnis, pastinya kita ingin mendapatkan impression bagus dari para calon pembeli kita. Jangan suguhi calon pembeli dengan foto ngeblur, over editing. Orang akan skip apa yang kita post.

5. Tingkatkan Engagement Dengan Teman atau Follower

Penting banget ini. Jangan terlampau hitungan bagi Likes, Love and comment di postingan teman dengan tulus. Meskipun tidak kenal! Kan tidak kenal? Tapi dia ada di friend list kita tidak? Dia follower kita dna kita follow back dia tidak? Kenapa masih tidak disebut teman. Meningkatkan engagement membuat kita lebih mudah memenangkan emosi calon pembeli.

90% – 95% keputusan orang melakukan keputusan membeli karena faktor emosi. Oleh karena itu kita melihat kenapa product rokok membuat iklan yang menyentuh hati. Atau product Ojek online membuat iklan lucu, sebuah market place membuat iklan yang inspiring untuk segera memulai usaha. Tujuan utamanya agar dapat melakukan engagement dengan pasarnya.

Sudah mulai berpikir apa yang akan kita lakukan?

6. Terus perluas networking.

Tidak sarankan membeli teman atau follower. Biarkan bertambah karena engagement yang kita lakukan atau dengan cara lain yang lebih manusiawi. Karena kita di media social berhadapan dengan manusia yang memiliki emosi.

7. Beriklanlah bila perlu

Iklan tidak perlu jumlah besar. Bisa kita mulai dengan Rp, 10,000/hari. Untuk usaha baru budgetkan untuk marketing minimal Rp. 100,000/bln nanti tingkatkan secara bertahap. Lagi-lagi bila perlu. Dalam berbisnis, kami memang sangat berhati-hati yang berkaitan dengan budget marketing. Meskipun marketing itu penting tapi kita harus tahu mana-mana waste cost marketing dan mana effective cost marketing.

8. Minta bantuan teman untuk berikan testimoni

Kalau punya teman influencer, buzzer, endorser bisa banget dong minta bantuan mereka, mungkin diganti saja dengan product atau beberapa teman tanpa diminta akan memberikan testimony terhadap usaha atau product kita jika kita selama membangun image dan hubungan yang baik dengan mereka

Kesimpulan : Aktifitas bisnis melalui media social ini sudah semestinya menghabiskan cost lebih rendah daripada offline sebab calon pasar ada tanpa kita cari namun jika kita melakukannya dengan benar. Dan hasilnya lebih maksimal.

6 comments:

  1. Sangat pas ke 8 beraktifitas Bisnis Di Media Social diatas yang kesemuanya perlu dilakukan oleh pebisnis online, sebab jika satu poin saja teelewati maka brand kita menjadi kurang pas rasanya bagi pengguna media sosial tersebut.
    Sungguh ilmu yang juga kudu tak pake nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika bermanfaat, Mang.
      Sesungguhnya semua sharing hanay berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun menjalankan bisnis kami.

      Delete
  2. Lengkap banget ini. Pasti bisnisnya udah gede yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika demikian, masalahnya besar n kecil itu tergantung siapa pembandingnya, hehehe. Terima kasih apresiasinya.

      Delete
  3. Media sosial sangat bagus buat branding bisnis. Paling sebel kalau lihat orang jualan tapi fotonya ala kadarnya. Padahal bisa jadi orang tertarik untuk membeli karena fotonya cukup menarik. Tapi bukan editan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Foto sejatinya menjadi daya tarik tersendiri. Ibaratnya foto itu display.

      Delete