Peduli Asap


Dikarenakan musim kemarau berkepanjangan belakangan negara kita terkena bencana ASAP yang sangat meresahkan. Walaupun sebenarnya bencana asap ini terjadi hampir di setiap musim kemarau, perlu diketahui bahwasannya sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi apabila kita lebih pedulu dengan lingkungan.

Bumi kita semakin tua, jika kita tidak lagi peduli padanya yang ada akan ada terus bencana berdatangan.

Tidak adakah orang-orang yang sadar akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan. Jujur saja, jangan kata kebakaran hutan, lahan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan kemarin, menghirup asap bakar sampah saja aku merasa resah dan tidak nyaman.

Agar kejadian buruk akibat asap di Indonesia ini tidak lagi terulang seharusnya ada langkah-langkah nyata dari pemerintah pusat, daerah ataupun masyarakat sendiri.

Pertama: Undang-undang mengenai pembebasan lahan, pembukaan lahan harus diperjelas melingkupi apa yang mau ditanam di dalam lahan tersebut, kewajiban menanan pohon yang memiliki daya serap air di sekeliling lahan, dan hal-hal mengenai pentingnya menjaga agar kondisi tanah tetap sehat dan menyimpan air benar-benar ditegaskan.

Kedua: Pemerintah daerah bersama pemerintah pusat harus beriringan memastikan undang-undang yang dibuat dilakukan, tidak hanya dibuat. Jadi ada monitoring yang bukan hanya himbauan belaka.

Ketiga: Masyarakat harus memiliki kesadaran akan pentingnya penghijauan, memilih jenis tanaman untuk pertanian, perkebunan dan tidak semata mengukur dari segi bisnis (profit saja) karena jika sudah terjadi bencana asap seperti kemarin sesungguhnya materi yang didapat tidak sebanding dengan kerugian yang diderita oleh masyarakat umum, kalau pun dia sendiri tidak terkena dampak.

Keempat: Baik pemerintah atau pun Masyarakat memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga alam.

Kelima: Para pebisnis yang andil di dalam terjadinya kebakaran ini harus membayar apa yang mereka lakukan. Karena kalaupun mereka saat ini tidak peduli dan masa bodoh mereka harus tahu kalau pada saatnya mereka akan membayar apa yang mereka lakukan.

Semoga negara kita selalu aman dan nyaman untuk ditempati. Karena aku yakin sekali negara kita yang Indah ini adalah tempat yang layak dijadikan pilihan untuk tempat tinggal. Yuk lebih peduli!


Comments

  1. Poin-poin tuntutan jelas dan lugas. Aku siap menemanimu demo. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Semoga karhutla ini bisa diatasi dengan tuntas. Sedih bangeett lihat berita asap setiap hari 😥😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sangat sedih karena dampaknya sangat nyata. ALhamdulillah, hujan sudah menipiskan asap saat ini.

      Delete
  3. Semoga cepat teratas masalah asap dan hal hal lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelah rasanya dengan segala permasalahan di negeri ini.
      Mungkin seharusnya mulai menjernihkan pikiran sendiri-sendiri dan melakukan perubahan dari dalam diir kita senddiri-sendiri dulu.

      Delete

Post a Comment