Hidup Adalah Belajar

Semenjak kita lahir kita sudah diharuskan belajar dan itu akan berakhir sampai nanti hidup kita berakhir. Karena hidup itu memang bajar.

Karena dengan berhenti belajar maka kita akan mengalami "kematian" apalagi di masa produktif. Kematian berkarya. Iya, jenis kematian ini akan membawa hidup kita tanpa arah dan tidak memberikan manfaat apa-apa. Hilang makna hidup sebenarnya.


Untuk dapat menerima ilmu dengan baik baik itu belajar ilmu kehidupan atau disiplin ilmu lainnya yang kita suka atau tidak, tertarik atau sama sekali tidak maka kita harus bisa "mengosongkan gelas" yang artinya kita memposisikan diri kita seolah sebuah gelas kosong yang siap di isi dan terbuka menerima hal baru tersebut. Tidak mudah, namu  ada trik-nya.

Pertama : Bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu atau penbelajaran

Kedua : Bersikap rendah hati dan tidak merasa "aku lebih bisa" atau bersikap "lebih tahu" ya tepatnya “sok tahu”. Karena perkara ilmu kita harus terus ada mindset "ingin tahu".

Ketiga : Suggesti diri sendiri bahwa hal itu menarik dan penting. Katakan itu penting dan harus kita ketahui.

Keempat : Mencari lingkungan pertemanan yang positive dan sama-sama suka belajar.

Kelima : Bersikap positive dalam menerimanya

Kelima trik tersebut biasanya bisa membuatku fokus dan gampang menerima ilmu baru. Bukan hanya ilmu atau pengetahuan bersikap akademis akan tetapi dalam hidup juga. Kadang kalah kan kita terbentur permasalahan hidup tuh, lalu mencari teman cerita. Kebetulan teman cerita memiliki atau lebih berpengalaman, tanpa diminta dia niat banget memberi nasehat. Lantas, apa aku ogah-ogahan menerimanya? Tidak. Aku melakukan 5 trik di atas dan biasanya aku jadi mendapatkan ide, penyelesaian dari masalahku.

Mengosongkan gelas bukan hanya saat akan menerima ilmu, hal ini juga harus dilakukan saat akan bertemu orang baru karena dengan demikian kita pun akan bisa lebih mendapatkan banyak manfaat, sebut saja beberapa hal ini:

  1. Lebih bisa mengenal lawan bicara
  2. Bisa mendapatkan ilmu, ide dan hal baru lainnya dari lawan bicara
  3. Bisa lebih membuka diri dan cepat akrab
  4. Bisa "memberikan pengaruh" atau influence
  5. Orang lebih respect dengan kita

Pasti tidak hanya 5 manfaatnya lebih dari itu. Setidaknya itulah yang aku rasakan saat mengosongkan gelas terdahulu sebelum bertemu orang baru. Karena hal pertama yang aku rasakan pasti rasa exciting.   

Comments