Estonia di mana Hanila Village Berada


Dari dulu ga terhitung deh sudah berapa orang yang bertanya apakah arti dari namaku? Bahkan guru di SD, SMP dan SMK ku. Saat itu aku mengarang Indah saja karenamalas dengan pertanyaan tersebut. Aku bilang “Sesuatu yang diharapkan Indah dan memberikan keindahan kepada orang lain” well, ya,…itu harapanku sebagai manusia. Jadi, semenjak usia itu aku memang memiliki expectasi terhadap diriku sendiri,

Kenapa orang bertanya? Karena HANILA adalah nama yang jarang dipilih oleh para orang tua layaknya nama Sri, Ayu, Ani, Ina, Tina dan lain sebagainya. Ada yang mengaitkan namaku dengan cerita pewayangan yaitu Anila, si monyet hitam teman Anoman. Tapi kok, ya kulitku putih, wakkakaka. You just don’t know yet.

Beberapa guruku malah ada yang mlesetin namaku MANILA atau VANILA as they like it.


Dari nama sepupu yang diberikan Ibuku yaitu YUNANI aku jadi tahu kalau namaku adalah sebuah daerah di Estonia. Yes, HANILA is a village name with beautiful, cold and peaceful view in ESTONIA. Hanila Parish.

Sedang Estonia sendiri adalah sebuah negara yang terletak di perbatasan Laut Baltik dan Teluk Finlandia di Eropa Utara. Dahulunya merupakan sebagian dari UNI SOVIET yang dihiasi dengan banyak kastil, gereja dan benteng-benteng di puncak bukit beribu kota TELLIN yang juga dikenal dengan Kota Tua yang terpelihara.

Negara kecil yang damai ini memiliki kondisi geografis  berupa pantai-pantai, bebatuan, hutan tua dan banyak danau. Aku sih ngebayanginnya ini daerah biasa buat shooting film-film klasik atau film dengan latar kastil, pantai dan gunung seperti Wonder Women, Lord of The Ring gitu.

Is that really WOW? Itulah kenapa aku rencanakan di Desember 2025 ingin kesana bersama dengan keluarga kecilku. Aku memilih Desember karena aku suka musim dingin. Musim dingin di sana jatuhnya antara Desember – April di samping di masa itu bukan puncak kunjungan wisatawan.

Dengan kondisi keuangan sekarang bermimpi pergi ke Eropa? Hm…Why not? It’s not even a dream but a plan! What’s make impossible is yourself! Your worry and not believing to your own strength and ability.

Hanila Parish merupakan salah satu area serupa Kabupaten kalau di Indonesia. Karena kondisi geografisnya, maka ga heran deh kalau banyak wisata alam yang bisa dilakukan Di Hanila Parish. Di sana banyak sekali taman-taman nasional dan juga landmark-landmark yang memang tua. Kalau aku sih, ini adalah tempat tinggal impian banget. Di mana, bisa memiliki rumah tinggal dengan perkebunan luas. Hal ini dari dulu terbayang di kepalaku, berlari-lari di padang rumput yang super luas sungguh inhealing.

Beberapa wisata alam yang ada di Hanila

Laelatu Wooden Meadow


Salumagi in Salevere


Puhtulaid



Tuhu Hiking Trail


Selain dari wisata alam tersebut masih ada juga lho beberapa Landmark yang memorable banget jika kita kunjungi. Well, ya....semoga aku diberikan usia untuk sampai pada tanggal perencanaan mengunjungi Hanila Parish yaitu sebuah kota tua yang namanya aku pakai sebagai nama panggilanku.


Comments