Belajar Marketing Melalui Podcast; Mengenal 4 Macam Type Client


Belajar marketing bukanlah hal yang menyenangkan kecuali kita memang menyukai dunia tersebut. Namun, ada kalanya kita itu dipaksa untuk belajar sesuatu karena keadaan. Misalnya saja karena mau gam mau kita harus bekerja di bidang marketing daripada nganggur. Untuk hasil yang terbaik kita harus melakukan pekerjaan tersebut dengan baik, bagaimana caranya? Salah satunya ya belajar itu…….

Belajar marketing selain mengikuti seminar yang paling murah adalah membaca lewat buku dan juga mencari di internet. Namun, membaca ini menjadi sangat membosankan dan jika sudah bosan mana bisa masuk ilmunya, kan? Akan tetapi, sekarang ada acara asyik belajar marketing yang bisa disambil dengan ngopi dan tiduran yaitu belajar marketing melalui podcast.

Salah satu podcast yang membahas marketing adalah pemilik blog www.hanilacorner.com ini teman-teman, hehehe. Ga Cuma membahas marketing tapi juga parenting.

Kali ini, Podcast yang aku dengerin adalah mengenal 4 macam type client. Siapa saja sih mereka:

Pertama : Type Nagging

Type nagging itu cerewet sekali. Sebenarnay mereka tidak cerewet tanpa alasan, sih. Tapi, mereka nbegitu karena mereka memang orang yang sangat teliti dalam segala hal. Jadi saat sebelum menentukan membeli jangan kaget kalau dia akan membrondong kita dengan banyak pertanyaan. Pokoknya orang ini detail-oriented. Pengalaman saya sih pusing ketemu orang macam ini, tapi banyak sekali yang kita pelajari dari dia.

Kedua : Type Happy Go Lucky

Type ini orang yang gak suka terikat aturan atau regulasi panjang dalam proses sales. Maka jangan kaget jika suatu saat bertemu dengan masalah, lalu kita beri tahu kita harus melakukan ini dan itu dia langsung berang. Dia ingin orang yang dihadapinya seperti dia dan berpikir seperti dia yang bebas.

Ketiga : Type Know What They Want

Type ini memiliki kharisma sebagai leader. Mereka tahu apa yang dia mau dan biasanya membuat keputusan cepat. Jadi saat memutuskan ingin purchase order dia tahu dia akan butuh kursi outdoor heavy duty dengan material ini, warna ini. Type seperti ini akan jarang bertanya "Untuk konsep seperti ini enaknya warna apa, ya?" karena biasanya dia sudah ada sesuatu terkonsep sendiri di otaknya.

Keempat : Type Friendly

Type ini benernya type yang paling enak. Dia baik dan cinta damai, dia pemikirannya "ogah ribut saja" yasudahlah.... seperti itu. Tapi bahayanya, dia suka kabur tanpa permisi. Misalkan harga yang kita tawarkan mahalnya jauuuuh sekali dari expectasi dia, karena dia ogah ribut ya sudah dia langsung ngabur saja dan cari vendor lain, padahal lho semua kan bisa didiskusikan, ya? He he he

Dari ke-4 type tersebut biar kans buat closing lebih besar pasti ada dong bagaimana cara menghadapinya, cuma nanti baru bisa kita dengarkan di Podcast Hanila di segment atau episode berikutnya.

Kini belajarmarketing bisa lebih menyenangkan, bukan? Nah, selamat belajar di dan mendengarkan dengan meng-klik tombol Play di bawah ini:

No comments:

Post a Comment

Hai,

Terima kasih sudah membaca.
Silahkan tinggalkan komentar dan pendapat kamu di sini.

Terima kasih dan Salam Hangat dari Bali!

Cheers,