TANGGUNG JAWAB SALES & MARKETING

Sales dan Marketing, setiap orang sudah pasti pda tahu ya? Siapa sih yang ga tau profesi ini. Beberapa orang seperti horror dengan profesi ini karena lekat dengan speak-speak bullshit dan ada juga yang pemahamannya adalah jualan keliling. Hahaha.

Wo wo wo wo....tunggu dulu,  berbanding terbalik buat mereka yang faham tentang apa itu sales dan marketing, mereka malah sengaja mencari kerja di posisi ini. Termasuk aku lho! Berikut, lagi aku akan sharing materi yang aku sampaikan di group Marketer DeZavo. Jadi sifatnya hanya copy paste dari group saja dan aku hanya melakukan penyesuaian.


Langsung saja kita bahas tanggung jawab dari masing-masing profesi ini, dari sini kita bakal faham apa fungsi dari sales dan maketing.

Sekarang kita bahas apa tanggung jawab sales-nya.


1. Follow Up
Merupakan hal pertama yang harus dilakukan oleh sales di saat tim pemasaran melemparkan penawaran (special offer, catalog) dan atau tim pemasaran melemparkan satu strategi yang membutuhkan follow up lanjutan terhadap end user atau costomer.

2. Membangung Relationship
Relationship building ini dilakukan agar bisa lakukan selling. Semakin besar lingkaran relationship yang kita miliki maka semakin besar pula chance untuk bisa melakukan penjualan.

3.  Closing
Sales memiliki tanggung jawab melakukan approaching dan closing. Meskipun tetap harus memenuhi norma-norma dan etika yang ada. Closing menjadi salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan, oleh karenanya kemampuan negosiasi perlu selalu ditingkatkan. Karena negosiasi ini memiliki point besar terhadap terjadinya closing.

4. Retensi
Retensi yang dimaksud di sini adalah menjaga hubungan baik dengan customer-customer yang sudah membeli dengan tujuan agar mereka terus membeli dari kita dan dengan harapan mereka membeli dengan nilai lebih besar dari waktu kewaktu.

Sekarang kita beralih ke tanggung jawab dari Marketing-nya.

1. Awareness
Marketing harus memiliki kekampuan untuk meningkatkan kesadaran para calon customer atau bahka masyarakat lebih luas (dari pasar yang dibidik sebenarnya) mengenai product-product yang dijual. Oleh karenanya, marketing harus mampu berpikir dan membuat strategi bagaimana agar masyarakat bis angeh dengan product-productnya?

2. Engangement
Adalah upaya lanjutan setelah memiliki tingkat awareness untuk membuat para calon konsume sadar, marketing harus bisa meningkatkan hubungan ke level lebih tinggi. Misalnya dengan membuat catalog, vidio, advertisement dan melakukan konversasi dengan masyarakat mengenai product yang dijualnya. Bahkan, marketing membranding dirinya sebagai perusahaan tersebut. Sehingga orang mengingat dia sebagai perusahaan bukan secara personal.

3. Retensi
Sama dengan tim sales, marketing harus melakukan retensi. Meskipun retensinya lebih pada image dan calon pelanggan sehingga nantinya mereka bisa menjadi pelanggan tetap kita yang pada akhirnya meningkatkan sales atu penjualan.

Kalau kita di DeZavo pekerjaan itu setengah rangkap ya, itu yang menjadikan tim representative DeZavo di group ini keren-keren. Mereka memiliki skill berjualan sekaligus marketing di dalamnya. Jadi keep going semuanya, dan terus semangat. Kami bangga sekali dengan sahabat marketer di DeZavo.

Comments