Persiapan Program Kehamilan

Dalam melakukan program kehamilan menurutku bukan perkara di materi saja. Meskipun kita sudah siap materi untuk nanti pengeluaran bulanan periksa ke dokter kandungan, bulanan untuk kelengkapan kehamilan, persalinan sampai pada dana pendidikan. Akan tetapi banyak hal yang harus difahami oleh si (calon) Moms and Dads itu sendiri.

Karena menjadi orang tua itu bukan hanya mampu mencukupi kebutuhan anak secara materi and then our job are done. Bukan! Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu difahami. Dan ini bukan maksud nakutin juga. Hanya, agar ada awareness. Bahwasannya anak adalah titipan yang harus benar-benar kita jaga, besarkan, rawat dan berikan terbaik di segala aspek.


Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:
  1. Secara usia dan kesehatan dari calon Ibu itu sendiri. Kenapa demikian? Karena kita tidak mau kan kondisi bayi terpengaruh kondisi kesehatan si Ibu.
  2. Kondisi Psikologi Ibu dan Ayah. Benar tidak siap menjadi orang tua? Jika memang siap maka segala kosekuensi menjadi orang tua bukanlah masalah. Menjadi calon orang tua dan orang tua artinya kita harus bisa mempersiapkan diri secara mental dan materi untuk buah hati kita. Apalgi jika itu program kehamilan kedua, pastikan si Ibu tidak memiliki trauma di kehamilan pertamanya, jika ada cari penyebabnya dan selesaikan sehingga kehamilan kedua benar-benar tanpa worry. Remember one thing "Happy Mom Raising Happy Baby".
  3. Kondisi Lingkungan. Kenapa harus diperhatikan? Karena kita ingin anak kita tumbuh dalam lingkungan yang baik. Walaupun tidak sedikit juga mereka yang tumbuh dari lingkungan kurang mendukung tetap sukses.
3 hal tersebut sangat kruisial untuk diperhatikan. Namun demikian, anak adalah rejeki yang tak ternilai harganya. Jika tanpa terprogram tiba-tiba moms and dads dapat kepercayaan tersebut dari Tuhan, artinya Moms and Dads harus segera memperhatikan 3 hal tersebut diatas mulai sekarang. Jika semua tidak ada masalah, maka beryukurlah dan jika pun menemukan sedikit permasalahan maka harus segera memikirkan jalan keluar.

Ada hal lain yang belum masuk? Boleh dimasukkan :)

And this article dedicate to the new upcoming babies of every parents :)



4 comments:

  1. Waaah kk Zafa pengen punya adek ya? Tak doain semoga kk Zafa cepat punya adek biar ada teman bermain. Btw betul bgt 3 hal diatas harus diperhatikan ketika sebuah pasangan merencanakan menambah momongan. Karena anak adalah titipan Allah sudah menjadi kewajiban orang tua menjaga, merawat, membimbing, mendidik bahkan senantiasa mendampinginya agar si anak tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan, baik dalam hal agama, pengetahuan maupun kemandirian.

    ReplyDelete
  2. Oh No, Oh Yes.....Wakakak....Zafa sih inginnya gitu, tapi emaknya ini...duila....masih trauma.

    ReplyDelete
  3. Aku juga pengen punya lagi doain yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Miss July.

      Pasti kudoakan yang terbaik ya.

      Delete