Bukan Pernikahan Biasa


Kupikir aku nggak akan pernah menikah. Setiap saat Bundaku ribut karena anak-anak di kampung kami usia 18 sudah pada menikah sedang aku yang sudah masuk 25tahun belum juga menikah. Meski saat itu teman dekat cowok banyak. Tapi, Bunda terus saja khawatir. Sampai terbesit Tanya “Apa Mbakmu ini ga suka laki-laki? Kok ga pernah ngenalin laki-laki ke kami?” Tanyanya sama adik.
Dengan pengalaman gagal di cinta pertama serta beberapa kali mencoba pacaran gagal aku sempat memutuskan tidak akan menikah dan fokus saja dengan karir. Tapi, keputusan itu aku keep sendiri di dalam relung hati terdalam.

Sampai akhirnya, pada kesempatan aku bisa berkenalan dengan seseorang yang jauh banget dari typeku. Dia di mataku biasa saja. Pokoknya tidak terbesit buat menikah dengannya. Namun, keberaniannya mengatakan “Mas kalau dekat sama cewek maunya langsung serius” membuat aku terjebak dalam pernikahan yang akhirnya bahagia. Ya, saat itu proses pendekatan hanya satu minggu, dia langsung ke rumah dan meminta pada orang tuaku.

Aku dan Suami.

Namun, pernikahan harus ditunda selama 6 bulan lamanya karena di keluarga kami baru saja berduka. Yaitu kakek meninggal. Orang Jawa harus menjunjung adat dan budaya Jawa kata Kakak cowokku mewakili Papa yang duduk mendampinginya.

Saat itu, pernikahan sepakat dilakukan di Malang, Jawa Timur tempat lahir saya. Bukan di Bali. Padahal aku dan calon suami di Bali. Jadi terbayang bagaimana kami merencakan pernikahan kami. Akan tetapi, saat itu keluargaku sigap membantu. Semua administrasi disiapkan oleh Kakak di Malang, sedang suami sudah diajak konsultasi ke KAU jadi dia tahu harus ngurus apa di Bali.

Di masa persiapan pernikahan itu aku benar-benar stress, sampai-sampai kebaya yang kubeli yang awalnya udah press body, di saat hari H mau akad kedondoran jadi ga gitu elok gitu. Mau pinjam tukang make up-nya udah ga mungkin karena ukuran ya pasti sama saja kebesaran pasti. Sebenarnya kami memiliki waktu 6 bulan persiapan, akan tetapi karena saat itu karirku lagi bagus-bagusnya dan kesibukan yang naudzubillah banyaknya aku rasanya ga punya banyak waktu. Ga kepikiran minta bantuan WO karena ujung-ujungnya nanti akan debat lagi sama keluarga, merasa ga dianggap. Padahal sih, ya…niatnya biar mereka ga sibuk-sibuk amat.

Aku sempat berkonsultasi ke beberapa teman yang sudah menikah duluan, enaknya menikah di rumah atau di gedung? Meskipun untuk akad aku lebih suka dilakukan di Masjid. Keluarga suami yang lokasinya tidak terpusat di Bali, Mayoritas di Padang dan Jakarta mengusulkan kalau pernikahan dilakukan di gedung. Tapi, di tempatku susah sekali mencari lokasi gedung yang sesuai kriteria harus muat banyak orang. Adapun satu-satunya dengan kapasitas hampir 1000 orang gedung dan segala fasilitasnya butuh regenerasi dalam artian sudah kurang layak. Bagi kalian yang tinggal di Bekasi atau sekitarnya sih enak, ada Grand Galaxy Convention Hall yang berkapasitas 2500 orang sebagai gedung pernikahan dengan fasilitas-fasilitas seperti:
  • Convention Hall full AC
  • Lantai berkarpet eksklusif
  • Crystal Ceiling & Customize lighting
  • Kapasitas listrik 20000 Watt
  • 1 ruang VIP / ruang persiapan pengantin
  • 2 ruang persiapan keluarga
  • Parkir, eskalator, lift
  • Pre-function & Parkir VIP
  • Dapat dibagi menjadi 3 mini hall
  • Private rest room
Kalau begini sih presentable banget. Belum lagi kita ga perlu repot-repot nyari catering kalau mau Grand Galaxy Convention Hall juga memiliki list vendor untuk catering, dekorasi, entertainment, photo studio, sanggar rias dan bridal serta wedding cake.  Bahkan, untuk wedding ring dan paket bulan madu pun bisa dibantu sama mereka. Paket All ini One gitu. Kalau begini sih yang penting kita tinggal siapkan diri saja terutama mental, hehehe.

Selain itu Galaxy Grand Convention Hall juga sering mengadakan Wedding Exhibiton secara berkala, yaitu Bekasi Wedding Exhibition. Buat yang berencana menikah, bisa banget ngedapetin referensi tentang persiapan-persiapan pernihakan, mendapatkan ide pernikahan seperti apa. Yang pasti di sana kalian bisa ketemu para vendor untuk paket pernikahan kalian sekaligus. Jaman sekarang menikah itu mudah banget, ya? Ga kaya jaman orang tua kita dulu, hehehe.

Grand Galaxy Convention Hall menjadi satu-satunya gedung pernikahan di Bekasi yang highly recommended. Mau bikin reservasi atau tanya-tanya dulu biar dapat gambaran pernikahan impian kamu seperti apa? monggo....
Lantas, bagaimana dengan pernikahanku dulu?Lupakanlah. Aku sedang tidak di Bekasi, dan saat itu pun sempat terkena musibah besar satu minggu menjelang hari H pernikahanku. Bundaku sakit, dan harus melakukan operasi besar angkat rahim. Perniakahanku tidak di gedung dan akad yang kurencanakan di Masjid pun gagal karena Bunda yang terbaring sakit ingin mendengarkan acara prosesi akad.

Jadi, aku bisa bilang kalau pernikahanku tetap berlangsung dan tejadi semua itu tidak luput dari dukungan tanteku yang biasa kupanggil Mama. Beliau yang menguatkanku, karena sehari menjelang AKAD aku sempat bilang ke Mama “Ma, aku ga mau menikah. Aku mau merawat Bunda saja” Mama terus meyakinkan dan menguatkan sampai pada hari H.
Foto Nikahku bersama adik (kiri) dan sepupuku (kanan)

Alhamdulillah, sekarang pernikahan kami sudah berusia 6 tahun dengan satu anak berusia 4,5tahun. Meskipun saat pernikahan aku tidak merasakan bahagia, kehidupan pernikahanku sangat bahagia. Jika pun aku tersenyum di setiap foto, semua kulakukan demi Bundaku. Agar dia legah, anak yang selama ini dia khawatirkan akhirnya menikah. Dan Alhamdulillah juga, Bundaku sehat sampai sekarang meskipun effect dari pengangkatan salah satu organnya berakibat ke psikologisnya, namun kami sudah melewati itu semua.

Artikel ini kuikutkan Giveaway-nya Teh Liswanti Pertiwi, yang mau ikutan Giveaway Pernikahan masih ada waktu lho. Share moment penuh kenangan kamu yang mungkin bisa menginspirasi teman-teman lainnya dan menangkan hadiahnya :).



View this post on Instagram

RENCANA PERNIKAHAN . . Lagi rencanakan pernikahan? Kalau iya rajin-rajon saja ikutan Wedding Exhibition, yes! Dari awalnya kek blank bakal langsung dapat gambaran dan ide mau bikin pernikahan kek gimana. . Yang di Bekasi bisa merapat dan pantau event regular @bekasiweddingexhibition setiap tahunnya. Dan biar prosesi nikah labig mudah bisalah minta bantuan ahlinya @bantunikahan. . . Kalau butuh gedung kapasitas 2500orang di Bekasi kalian punya Grand Galaxy Convention Hall dengan paket all in one. Jangan kek aku dulu, ya....manalah pernikahanki emang BUKAN PERNIKAHAN BIASA. . . Buat wacana dan referensi aku bagi pengalaman rencana pernikahanku di blog update ➡️ https://www.hanilacorner.com/2019/08/bukan-pernikahan-biasa.html . . #bantunikahan #GrandGalaxyConventionHall #bekasiweddingexhibition #giveawaypernikahan #grandgalaxypark #menikahmudah #menikahmuda #bekasi
A post shared by Hanila PendarBintang (@pendarbintang) on

Comments