Motivasi dan Gairah Kerja

Masih berhubungan dengan sharing artikel sebelumnya, kali ini aku ingin menullis ulang apa yang sudah aku share di Group WAG tentang "Motivasi dan Gairah Kerja. Karena dua hal ini adalah yang dpt mempengaruhi hasil kerja kita. 

Kerja tanpa adanya motivasi dan juga gairah seakan membuat apa yang kita kerjakan bahkan hidup kita rasanya flat, hambar dan sia-sia.

Untuk yang saat ini ada di posisi merasa "ah..kok hidupku begini banget ya rasanya?" Meskipun terkadang tidak ada yang salah juga dengan hidup yang begitu-begitu saja. Namun, yuk, kita check kadar gairah kita di setiap aspek. Siapa tahu, kalau sudah ketemu di mana letak gairahnya akan terjadi perubahan drastis yang pastinya lebih baik.


Gairah hidup prinsipnya sama dengan gairah kerja, jika ada gairah maka setiap rintangan dan permasalahan bukanlah hal yang besar untuk dipecahkan. 
Selalu merasa tertantang dan beranggapan itu akan membawah kita ke phase kerja dan kehidupan lebih baik.

Memiliki gairah dalam hidup mendorong kita untuk lebih mencintai diri sendiri, kemudian keluarga, pasangan dan orang lain. Memberikan positive vibe untuk lingkungan sekitar kita.

Serta, mereka yg memiliki gairah hidup cenderung bisa mengolah informasi lbh baik,   tidak impulsif dan hanya fokus pada "appearance" atau penampilan dari luar saja. 

Mereka lebih dalam dalam memahami sesuatu.

Gairah bisa menjadi motivasi yang kuat dalam bekerja maupun kehidupan. Namun, semua itu jika kita tidak menyalah gunakannya. Karena gairah berhubungan dengan emosi.

Dan banyak banget penyebab dari naik-turun gaurah seseorang baik dari dalam luar maupun dalam. Dari dalam misalnya, kita akan lebih melihat pada impian, hubungan yang baik (dengan pasangan, keluarga, teman) dan ambisi. Dua saja dari 3 faktor ini bisa driving kita buat lebih bergairah. Tentunya yang ideal adalah memiliki 3 faktor tersebut.

Sedang faktor-faktor dari luar ini banyak sekali, kita bisa sebutkan pengaruh lingkungan, tuntutan karir, tuntutan ekonomi, pengembangan diri, pengakuan sosial dan lain sebagainya.

Maka ada cara-cara lebih effective untuk menjaga gairah kita untuk tetap hangat.
  1. Mengetahui dengan baik karakter kita
  2. Mengetahui dengan baik apa yang kita inginkan
  3. Memiliki tujuan hidup yang jelas
  4. Memiliki kasih dan ketulusan untuk berbuat sesuatu untuk orang lain dan lingkungan
  5. Selalu berpikir bahwa Tuhan menciptakan manusia fitranya menjadi manusia yang sukses mulia dan bermartabat.

Sebenarnya masih banyak lagi, namun 5 hal tersebut di atas paling umum dan mudah kita kenali dan ketahui dari dalam diri kita.




Comments