Memperkuat Motivasi Dari Dalam Diri

Sebelum kita bahas bagaimana memperkuat motivasi dari dalam diri,  kita coba definisikan motivasi untuk dir kita masing-masing.

Kalau buat aku sih motivasi adalah dorongan dari dalam diri untuk melakukan sesuatu sampai selesai dan hasilnya memuaskan semua pihak. Dan kita melakukannya dengan antusias dan semangat

Pertanyaannya : Apakah selama ini kita sudah melakukan perkerjaan yang kita pilih sesuai dengan definisi "motivasi" tersebut di atas? Jika belum, berarti motivasi dalam diri kita kurang.

Kurang termotivasi bukan berarti ga punya motivasi. Yang perlu dilakukan adalah memperkuat motivasi dari dalam diri kita.


Langkah-langkah apa yang harus kita lakukan untuk memperkuat motivasi dari dalam diri kita?

Pertama:  Lihat lagi Goal yang kita set up. Jadikan lebih masuk akal. Karena terkadang kita memiliki goal akan tetapi kita melupakan goal yang harus kita bereskan malah ga kesentuh. Karena untuk mencapai goal non jauh di sana ternyata ada goal di depan mata yang harus di achieve. 

Contohnya: DeZavo memiliki goal menjadi perusahaan hospotality supply yang dikenal dunia, nah untuk menuju kesana bukannya kita harus dikenal dulu seluruh Bali, Indonesia 

Dengan melewati tahap tersebut maka langka-langkanya semakin mudah dan memang itu masuk akal bisa dilewati.

Yuk, ah..kita lagi mulai melihat goal-goal secara pribadi dulu, lalu merambah lebih luas dan luas agar apa yang kita dambahkan bisa terjangkau semakin dekat dan kita jadi ga kehilangan motivasi terhadapnya 😄

Kedua:  Kita harus faham bahwasannya kita perlu menyelesaikan apa yang sudah kita mulai. Jangan lompat sana and sini. Pekerjaan ini belum selesai, sudah pindah lagi.

Kalau begini, goal selesaikan yang ini aja ga tercapai bagaimanalah mau ke yang lebih tinggi. Selalu selesaikan apa yang sudah kita mulai.

Ketiga: Bersosialisasi dengan mereka yang memiliki minat yanh sama dan memberikan kita positive vibe. Carilah orang-orang yang memiliki motivasi tinggi dalam bergaul, karena motivasi itu menular.

Keempat: Jangan menunda pekerjaan. Menunda membuat kita malas dan malas membuat kita kehilangan motivasi

Kelima: Tekun, sabar dan tidak menyerah terlepas apapun aral dan rintangannya.

Keenam: Tulis Beberapa goal kita dengan urutan terendah ie yang tinggi dan baca berulang. Ini akan menjaga semangat dan motivasi.

Ketujuh: Yakinkan diri kita secara terus menerus bahwasannya kita bisa dan akan berhasil.mencapai yang kita citakan.

Kedelapan: Melihat hal-hal yang ingin kita capai atau goal-kan. Kalau ada foto, lihat foto-fotonya. Hal ini bisa menambah semangat kita.

Kesembilan: Visualisasikan bahwa kita sudah mencapai goal kita, tambahkan perasaan syukur, bahagia akan pencapaian itu.

Atau bisa juga kita bilang ini adalah affirmasi. Satu sahabat terbaikku, mempergunakan saat selepas sholat Duha untuk affirmasi dan dia bilang itu manjur. Masing-masing orang punya titik ternyaman mereka dalam visualosasi, bisa dengan meditasi atau waktu-waktu relax tenang menjelang tidur. Atau lagi setelah Tahajjud. Intinya sih lakukan visualisasi dan rasakan seolah hal tersebut nyata.

Dari semua tips yang kami bagi yang terpenting adalah tidak menyerah dan melakukannya terus menerus.

Selamat menikmati motivasi besar dalam diri kita masing-masing.




No comments:

Post a Comment