Tips "Quality Time" Hemat Bersama Buah Hati

Ibu-Ibu jaman sekarang mana ada yang menganggur, meskipun mereka melabeli diri mereka full mom, mereka masih memiliki banyak beribu kegiatan karena jaman memang sudah berubah, adanya massive informasi yang terjadi karena perkembangan teknologi membuat mereka lebih melek terhadap "eksistensi" sehingga banyak kegiatan yang mereka pilih untuk eksistensi. Dari mulai yang hanya kegiatan biasa buat having fun sampai pada kegiatan keilmuan dan sosial.

Dengan adanya banyak kegiatan tersebut, beberapa Ibu yang sibuk mulai berpikir bagaimana meluangkan waktu sebagai "Quality Time" bersama buah hati mereka.
Nah, aku ini termasuk ibu-ibu yang cukup sibuk meski ga sibuknya ga kebangetan, karena sibuk atau tidak itu sebenarnya memang tentang management waktu dan pekerjaan (baca: kegiatan). Dari setiap kesibukan yang aku pilih, aku pun sellau merencanakan waktu bersama si kecil selain waktu bermain kami di rumah. Berikut adalah beberapa Tips Quality Time Hemat Menghabiskan Waktu Bersama Buah Hati dariku yang sibuknya tidak kebangetan, hehehe.

1. Jalan-Jalan Ke toko Buku

Toko buku menjadi tujuan utama untuk jalan-jalan hemat bersama buah hati, kegiatan ini bisa dilakukan dengan kisaran usia mulai 3th. Karena untuk anak-anak batita ada rak buku untuk buku anak-anak yang full gambar dan warna-warni yang tentunya mereka akan suka melihatnya.

Dengan jalan-jalan ke toko buku ini diharapkan juga bisa menumbuhkan semangat membaca dan belajar pada anak.

2. Nonton Film

Browsing kira-kira film keluarga atau film anak-anak apa yang bisa dilakukan bersama anak. Cari waktu, jika kita bukan pegawai kantoran enak banget, karena nonton hemat bisa di weekdays. Setelah nonton, bisa traktir anak makan es krim sambil bercerita dan berdiskusi tentang film yang ditonton.

Dan kalau sudah beneran cekak, nonton pun tidak harus di bioskop bisa dilakukan di rumah. Memilih film kesukaan anak, kalau balita lebih enak karena meski beberapa kali nonton film yang sama mereka masih happy. Ada Youtube, ada Netflix bisa kan nonton kita lakukan di rumah?

Dengan menonton film diharapkan anak-anak bisa belajar banyak tentang kehidupan, karena setelahnya kita harus menanamkan nilai-nilai yang bisa kita ambil dari film tersebut.

3. Handcrafting

Ini yang belum pernah kucoba dengan serius, karena emaknya ga gitu kreatif jadinya Zafa suka bosen kalau tak ajak handcrafting. "Kok mami jelek?" bahasa dia, maksud dia adalah kok yang mami bikin itu jelek. Padahal kami sudah ikut totorial di Youtube, hahaha.

Tapi, hal ini sangat menyenangkan karena emak dan anak bisa bareng-bareng mengasah kreatifitas.

4. Picnic & Jalan-Jalan Ke Taman Kota

Masak di rumah, lalu pergi ke sebuah tempat yang adem dan asri kita bisa lakukan juga dengan Bapaknya biar lebih complete. Hahaha. Atau jalan-jalan ke taman kota, biarkan anak-anak bermain dengan sarana dan prasarana di sana. Mereka bisa belajar bersosialisasi plus sehat!

Sekarang hampir semua taman kota ada sarana bermain anak-anak.

5. Melakukan Pekerjaan Rumah

Melakukan pekerjaan rumah mulai dari mencuci baju, cuci piring, menyapu, mengepel, memasak bisa dilakukan dengan anak-anak start usia 3tahun.

Banyak hal fun yang bisa kita lakukan bersama sambil beberes, bisa bercerita, bernyanyi. Diharapkan dengan begini, anak-anak pun belajar tanggung jawab untuk kebersihan rumah juga.

6. Jalan-Jalan Kepantai/Tempat Rekreasi FREE entri terdekat

Karena kami tinggal di Bali, pantai ada di mana-mana dan kami pun kalau ingin rekreasi murah bisa kepantai yang hanya bayar parkir, xixixi.

Banyak yang bisa dilakukan di pantai, mandi, main pasir yang meningkatkan kreatifitas.

6 Tips dariku, bagaimana  Quality time bersama buah hati hemat versi kamu?


Comments