Tips Nge-Mall Tanpa Bikin Kantong Jebol!

Nge-mall adalah favorit dari si Zafa, rupanya Zafa ini ketularan atau terbawa virus emaknya yang suka nge-mall semasa hamil. Kebayang kalau udah bilang nge-mall pasti harus sedia budget banyak, tapi buat aku sih, meskipun sering ngemall aku ga selalu harus bawa duit banyak, karena aku punya tips dan trik  khusus siasati ini. Kalian ga bakal nyangka, kan?

Ingin tahu apa saja tips dan trik ngemall aku yang ga bikin kanton jebol? Xixixixi


Pertama : Tentukan Tujuan Ngemall

Kalau nge-mall cuma buat refreshing dan window shopping, cukup bawa cash buat beli minum dan trasnport jika memang trasnport pakai transportasi umum. Jangan bawa uang lebih, jangan bawa ATM, dan kasih brief ke anggota keluarga yang ikutan ngemall bahwasannya tujuan ngemall hanya untuk refreshing, jalan-jalan ga ada agenda belanja!

Kalau ketemu tulisan SALE katakan dengan senyum "Bye-Bye Sale" lalu lanjut jalan lagi....ingat tujuan ya.... jangan nyengir, hehehehe

Kedua : Perut Kenyang

Biasanya yang bikin kantong bolong adalah perut lapar! Yes, perut lapar ga cuma membuat kita lapar mata (terhadap makanan) akan tetapi otak ga bisa mikir logis. Sebelum berangkat ngemall pastikan perut kenyang, makan dulu. Jangan lupa, bawain tumbler isi minuman. Selain hemat juga mengurangi sampah plastik.

Ketiga : Ubah Mindset

Mindset ngemall bikin kantong jebol ini harus diubah karena ngemall bisa bikin pikiran fresh dan bisa jadi tempat buat nyari inspirasi. Btw. aku sering kok ngemall gak habis duit 100 rb. Karena tanpa belanja dan jajan pun ternyata kami bisa having fun.

Zafa aku ajak juga ke Timezone, biasanya dia nyoba-nyoba main, keliling dan endingnya aku ajak ke toko buku. Aku bilang nanti kesana lagi kita mainnya kalau kami punya rejeki lebih ya, alhamdulilah dia nurut. Karena kami juga sudah biasa ngajak dia main. 

Jadi, ngemall ada waktunya main, ada waktunya belanja dan ada waktunya kami hanya berjalan-jalan tanpa spending money. Kalau pun spend ya hanya isi ulang kartu main di Timezone, Kidzone atau Zona mainan anak lainnya. 

Keempat : Bikin List & Uang Cukup

Jika ternyata ke-mall nya rencana mau belanja bagaimana? Buat list belanja yang jelas dan strict pada diri sendiri. Jika yang dicari tidak ada ya sudah coba cari penggantinya  dan jika tidak dapat jangan nyari-nyari. 

Dan satu lagi, pas sampai ke mall langsung ke tempat tujuan jangan belok-belok atau mampir-mampir dulu. Kalau sudah selesai barulah boleh mampir kesana. Tujuannya? Tempat belanja pertama sudah lumayan capek jadi kemungkinan kecil tertarik pada barang lain di tempat tersebut.

Uang yang mau dipakai belanja pun jangan berlebih tapi cukup untuk memenuhi list belanja.Cukup bukan pas, lho ya....

Kelima : Bodyguard

Maksudnya adalah bawalah orang yang akan dengan tegas mengingatkan untuk tidak spending money kita tanpa tujuan jelas. Kalau aku sih, alhamdulillah suami cukup effectif mengingatkan walau hanya bilang "kan belum butuh, ntar saja....beli yang urgen dulu" ternyata hal seperti ini cukup effective bisa mengerem nafsu belanja.

Keenam : Stay Happy & Feel Completed

Perasaan happy dan udah terpenuhi semua kebutuhan ternyata effective bisa membuat kita ini ga ingin belanja hal-hal yang sifatnya tidak butuh lho.....jadi, mulai sekarang belajarlah menanamkan rasa bahagia dan merasa cukup terpenuhi kebutuhan hidup kita sehingga kita ga ingin yang lain kecuali hanya jalan-jalan dan melihat dunia luar (di mall).

Sudah siap ngemall tanpa bikin kantong jebol?








No comments:

Post a Comment