Bagaimana Cara Menumbuhkan Motivasi Dalam Diri?

Definisi sukses boleh beda pada setiap orang, akan tetapi apapun definisi dan standard sukses buat kita butuh namanya motivasi dalam diri yang kuat pada masing-masing diri kita. Karena motivasi terbesar adalah diri kita sendiri bukan orang lain.

Dulu, saya sering sekali mengikuti seminar-seminar motivasi berbayar ataupun gratis akan tetapi, motivasi itu paling  bertahan satu minggu dalam diri saya. Namun, begitu saya menemukan motivasi dari dalam diri saya sendiri, sayapun mulai bisa mencari arti sukses dalam kehidupan saya. 

Tidak ada kata terlambat untuk menemukan motivasi dari dalam diri kita, berikt saya bagikan 7 tips bagaimana cara menumbuhkan motivasi dalam diri kita :

Pertama

Mulai pikirkan bagaimana rasanya saat apa yang kita cita-citakan atau goal yang kita set up tercapai. Jadi bukan cume berpikir bagaimana menyelesaikan proses ini tapi lebih pada bagaimana ya rasanya jika semua ini tercapai?
  • bagaimana reaksi keluarga kita?
  • bagaimana perasaan anak kita?
  • apa yang kita rasakan melihat mereka bahagia dan bangga dengan kita?

Bayangkan kebahagiaan itu secara nyata sampai ada sentuhan dari dalam diri yang mengatakan "aku harus bisa" "aku harus menjadi lebih baik" dst.

Kedua

Saat kita memikirkan satu impian, kita jangan focus berpikir bagaimana mendapatkannya? atau bagaimana mencapainya meskipun hal teesebut memang perlu kita pikirkan. Akan tetapi untuk menumbuhkan motivasi besar dari dalam diri, kita harus berpikir dari sudut pandang lain yaitu "Kenapa Saya Harus Memiliki Impian Itu?" karena motivasi dari dalam diri kita akan bangkit jika kita punya keurgensian atas "WHY " I have to achieve the goal, pursue my dream, etc.


Ketiga

Set smart goal. Specific, measurable, Attainable, Relevant, Timely..jadi masih terukur dengan usaha yang kita lakukan. Tapi, lagi jangan takut bermimpi besar walau demikian. Timely artinya kita harus tentukan juga waktunya, harus dalam 3 bulan ini, 6 bulan ini, 1 tahun ini dst. Jadi urgensinya ada, push yourself to do it. 

Jangan malu memulai dari yang kecil dan jangan gengsi melakukan hal-hal kecil karena itu bisa jadi adalah batu loncatan untuk mencapai goal kita.

Keempat

Gunakan waktu secara bijak. Jangan suka menunda pekerjaan, if you can do now why later? If you can do today, why tomorrow? dan seterusnya.

Karena pekerjaan jika terus ditunda akan semakin banyak, dan saat kita paksa menyelesaikan dalam waktu singkat (merapel) maka kita akan kesusahan sendiri. Kadang pu  menjadi tidak benar, kadang malah tidak sesuai dengan yang seharusnya dan hal yang seperti ini jika terus terjadi bisa membuat kita loss motivation. 

Miliki orang yang menegur dan ingatkan kita untuk menyelesaikan apa yang seharusnya kita selesaikan. Sangat bagus memiliki orang yang selalu reminding tentang goal kita. Karena saat kita kendor, suka atau tidak suka saat diingatkan kita harus berdiri dan menyelesaikannya.

Kelima

Melihat sekeliling kita, melatih kepekaan kita. Jika banyak dari mereka yang mampu mencapai sesuati dengan segala keterbatasan dan kondisi kita saat ini lebih baik dari mereka kenapa kita tidak bisa? Bangunkan terus energy positive yang ada dalam diri kita dengan terus menyayangi dengan tulus, memandang permasalaham dengan positive, memberi dengan tulus, bekerja dengan tulus, lakukan semua karena kita mencintainya.

Cintai apa yang kita kerjakan jika pun kita tidak bisa mengerjakan apa yang kita cintai. Karena ketekunan yang dilakukan dengan cinta ini yang akan membuat kita growing menjadi pribadi menarik.


Keenam

Lakukan post it di kulkas, laptop, wall paper hp dan sebagainya.
Post it apa sih? 😂 Post it sesuatu yang memotivasi. Seperti misalnya "AKU BISA MENGGAPAI IMPIANKU" saya juga melakukannya kok. Meski konyol tapi hal ini memotivasi saya jadi kenapa mesti malu.

Saya pasang foto saya dan anak saya, suami saya ga ikut 😂😂 gambar dia kurang memotivasi (ooops 🤣🤣) lalu ada tulisa  No Dream You Can't Achieve cari kalimat yang membangkitkan motivasi sahabat lalu sematkan di tempat yang biasa kita lihat.

Ketuju

Adalah tips terakhir dari saya, jangan malu membayangkan (affirmasi) achievement yang kita ingin capai. Ini bukan mengkhayal kok, tapi affirmasi.

Keajaiban Tuhan itu bekerja di luar nalar manusia jadi jangan coba-coba diurai dengan logika.


No comments:

Post a Comment